Seri Lawan Benfica Bukan Kiamat, Barcelona Masih Bisa Lolos

Hasil seri 0-0 Barcelona saat menjamu Benfica ditanggapi seakan-akan peluang Barca untuk lolos dari fase grup Liga Champions sangat tipis. Padahal situasi Gerrard Pique dkk tidak separah yang dipikirkan.
"Kami gagal menang dan kini kami harus ke markas Bayern Muenchen melakoni laga pamungkas" ujar Frenkie De Jong dikutip dari situs resmi UEFA seusai laga. Sebuah komentar yang menunjukkan betapa Barcelona galau dengan hasil seri atas Benfica.

Well, Barcelona berjarak 2 poin dari Benfica yang artinya Barca hanya perlu menang di kandang Bayern Muenchen nanti. Sesuatu yang langsung terasa berat karena trauma mereka pada FC Hollywood.

Barcelona kerap kalah telak dalam beberapa pertemuan terakhir melawan Bayern di Liga Champions dan inilah yang menjadi pangkal kecemasan mereka. Kemenangan atas Benfica harusnya meloloskan Barca tetapi kini mereka harus melakoni partai hidup mati yang tidak diinginkan.

Meski demikian, saya menilai Barcelona tidak sepatutnya mencemaskan nasib mereka di Liga Champions. Setidaknya cobalah melihat beberapa sudut pandang berikut. 

Barcelona unggul dua poin dari Benfica dan mereka hanya wajib menang atas Muenchen. Kabar baiknya, Muenchen sudah memastikan diri lolos ke fase gugur sehingga tidak punya kepentingan sangat besar di laga ini.
Barca boleh berharap tuan rumah tidak akan memainkan skuad utama untuk menjamu Memphis Depay dkk.
Disisi lain, Benfica akan menjamu Dynamo Kiev pada laga pamungkas. Meski sudah tidak punya kepentingan juga di laga ini karena sudah dipastikan gagal lolos, Kiev bisa menjadi sandungan bagi Benfica yang juga wajib menang.

Sebagai catatan, pada pertemuan pertama di kandang Kiev, Benfica hanya mampu bermain seri. Hmmm, catatan yang patut menumbuhkan optimisme skuad besutan Xavi Hernandez.
Ya, Barcelona masih sangat mungkin lolos dari fase grup Liga Champions.

Ulasan ini bisa disaksikan di channel YouTube Bung Rizma :

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.