Koeman Memang Pantas Dipecat Barcelona

Barcelona akhirnya resmi memberhentikan Ronald Koeman dari posisi pelatih usai kekalahan dari Rayo Vallecano. Keputusan ini sebenarnya tidak lagi mengejutkan.

Kekalahan sebelumnya dari Real Madrid pada laga El Clasico yang terjadi di kandang sendiri sebenarnya sudah jadi alarm bahaya untuk posisi Koeman. Reaksi fans yang mencegat mobil Koeman seusai laga itu jadi gambaran frustrasi di kubu Barca.

Secara keseluruhan Koeman memang gagal membawa Barcelona bersaing di La Liga dan Liga Champions musim ini. Dari 9 laga terakhir, Barca cuma menang 2 kali dan kalah 4 kali!!.

Koeman tidak bisa lagi berkilah bahwa keterpurukan Barcelona saat ini diakibatkan kepergian Lionel Messi. Faktanya saat Messi masih berada di Camp Nou musim lalu pun Koeman hanya membawa klub itu juara Copa Del Rey.

Kepergian Messi juga digantikan oleh kedatangan pemain baru yang sebenarnya masih cukup untuk membawa Barca bersaing. Memphis Depay dan Sergio Aguero jelas bukan nama kaleng-kaleng.

Di luar itu, Barcelona juga memiliki anak-anak muda hebat yang berpotensi jadi gelombang baru La Masia seperti di era Pep Guardiola dulu. Koeman memiliki Pedri, Ansu Fati, Eric Garcia sampai Gavi.

Dengan deretan nama tersebut dipadukan nama-nama lama seperti Ter Stegen, Gerrard Pique, Jordi Alba sampai Sergio Busquet, sejatinya komposisi skuad Barcelona tidak jelek-jelek amat.

Jadi, sangat wajar bila manajemen Barcelona merasa Koeman tidak sanggup membawa klub asal Catalan itu bersaing di La Liga dan Liga Champions. Sebuah keputusan pemecatan yang tidak dapat disanggah lagi. Koeman memang gagal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.