Dua Kunci Kemenangan Argentina Atas Brazil

Lionel Messi akhir menuntaskan penantian bertahun-tahun untuk bisa mengangkat trofi juara bersama timnas senior Argentina. Kemenangan 1-0 atas Brazil memastikan tim Tango menjadi juara Copa America 2021.
Lionel Messi akhir menuntaskan penantian bertahun-tahun untuk bisa mengangkat trofi juara bersama timnas senior Argentina. Kemenangan 1-0 atas Brazil memastikan tim Tango menjadi juara Copa America 2021.

Kemenangan Argentina atas tuan rumah Brazil bermakna besar karena sejatinya Argentina adalah tuan rumah Copa America 2021 namun kemudian dialihkan ke Brazil.

Tim Samba juga terkenal angker tiap kali jadi tuan rumah Copa America. Dalam setiap kesempatan sebagai tuan rumah, Brazil selalu jadi juara. Apa kunci kemenangan Argentina atas Neymar dkk?

Dalam pengamatan saya setidaknya terdapat dua hal yang menjadi kunci kemenangan Argentina di tengah catatan statistik laga yang lebih memenangkan Brazil. Ya, dalam laga final Minggu pagi 11 Juli 2021 waktu Indonesia itu, Brazil menang penguasaan bola sampai 60%.

Sofascore mencatat, tidak hanya sekedar menang possesion ball, Neymar dkk juga melepaskan ancaman lebih banyak sejumlah 13 kali berbanding 6 yang dibuat Argentina. Brazil juga bisa memaksakan 4 tendangan sudut sementara Argentina hanya 1.

Meski demikian, kemampuan Argentina menjaga gawang tidak kebobolan ternyata lebih berharga daripada kemampuan melepaskan ancaman ke gawang yang dimenangkan Brazil.

Dari 9 tembakan Brazil dalam kotak penalti Argentina, tidak ada satupun yang tembus ke jala gawang Martinez. Kiper Aston Villa itu bahkan bikin 2 penyelamatan penting.

Kemampuan menjaga pertahanan ini yang tidak dimiliki Brazil. Mereka kebobolan oleh satu peluang umpan jarak jauh De Paul ke Angel Di Maria. Ada peran Renan Lodi disana yang gagal mengantisipasi umpan tersebut.
Bisa dikatakan itulah satu dari dua peluang terbaik Argentina di laga final Copa America. Satunya lagi saat Messi terpeleset di situasi satu lawan satu dengan Ederson.

Kemampuan memanfaatkan peluang inilah yang jadi alasan kedua mengapa Argentina bisa menang atas Brazil. Neymar dkk boleh saja gencar menekan pertahanan Argentina tapi mereka selalu gagal mengkonversi setiap peluang menjadi gol. Ini juga menjadi kali pertama Brazil gagal bikin gol di Copa America yang apesnya itu terjadi di laga puncak.

Apapun itu, Argentina tetap layak menjadi juara Copa America. Bukti tersaji dimana Martinez, kiper mereka terpilih jadi kiper terbaik turnamen. Adapun kapten mereka Lionel Messi jadi pemain terbaik turnamen dan top skor disaat bersamaan.
Selamat Argentina, selamat Lionel Messi.

Ulasan ini bisa juga disaksikan di channel YouTube Bung Rizma

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.