Prediksi Juara Piala Eropa 2020 : Inggris Dan Prancis Terdepan

Piala Eropa 2020 akhirnya digelar juga setelah selama setahun ditunda karena pandemi. Meski masih berlangsung di tengah situasi pandemi, euforianya tetap terasa, apalagi di tengah rasa rindu pencinta sepakbola akan tontonan sepakbola kelas dunia.
Photo : Sky Sports
Siapa kandidat juara Piala Eropa 2020 (yang digelar tahun 2021)?. Meski mengalami penundaan selama setahun tetapi saya melihat kekuatan para kontestan tidak banyak mengalami perubahan.

Tidak mudah memprediksi satu negara untuk dijagokan menjadi juara turnamen sebesar Piala Eropa apalagi turnamennya sendiri baru memulai laga di fase grup. Untuk itu pada prediksi ini saya mencoba memilih beberapa kandidat terkuat juara sebelum dikerucutkan pada pilihan akhir.

Ada 4 negara yang berada dalam daftar teratas saya sebagai kandidat juara Piala Eropa. Keempat negara itu adalah Inggris, Prancis, Italia dan Portugal. Artinya saya menepikan negara hebat seperti Jerman, Spanyol dan Belgia.

Secara singkat saya akan mengulas satu per satu alasan dibalik pemilihan nama-nama negara ini, baik sebagai kandidat juara atau sebagai tim yang tidak saya unggulkan. Kita mulai dari mengapa saya menepikan Jerman, Spanyol dan Belgia.

Jerman, juara Piala Dunia 2014 dimata saya bukan tim yang sama lagi. Usai luluh lantak di Piala Dunia 2018, Jerman perlahan tapi pasti sedang menuju akhir sebuah era. Kegagalan mereka melangkah jauh di UEFA Nation League 2021 mengkonfirmasi hal tersebut. Mungkin mereka baru akan hebat lagi ketika wajah baru seperti Hansi Flick mulai masuk memegang  Tim Panser usai Piala Eropa 2020.

Spanyol memang hebat dengan racikan Luis Enrique di belakang layar tapi menurut saya itu belum cukup. Meski berhasil lolos ke semifinal UEFA Nation League 2021, sejatinya Spanyol adalah tim yang tengah dibentuk ulang usai kehancuran di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

Pun demikian dengan Belgia. Meski berada di fase semifinal UEFA Nation League 2021, Belgia dimata saya belum memiliki mental juara. Skuad mereka memang berkualitas tapi rasanya hanya cukup untuk sebatas melangkah jauh di sebuah turnamen, bukan menjuarainya.

Nah, kita masuk pada pembahasan 4 kandidat juara versi saya yakni Inggris, Prancis, Italia dan Portugal.

Penampilan mengejutkan Inggris di tangan Gareth Southgate sampai semifinal Piala Dunia 2018 ternyata bukan kebetulan semata. Tim besutan Southgate lanjut menembus semifinal UEFA Nation League 2019.

Skuad Inggris pun dihuni pemain-pemain yang matang berkompetisi di kerasnya Liga Inggris. Cukup rasanya menempa mereka lebih siap menjalani laga-laga berat di Piala Eropa nanti.

Tambahkan faktor historis Inggris tiap kali menjadi tuan rumah turnamen besar. Piala Eropa 2020 memang memiliki banyak tuan rumah tetapi dengan final nanti akan digelar di Wembley, Inggris serasa menjadi tuan rumah yang sebenarnya.

Dua kali Inggris menjadi tuan rumah turnamen besar. Pada 1966 mereka menjadi juara Piala Dunia dan pada 1996 The Three Lions harus disingkirkan Jerman lewat drama adu penalti di semifinal. Gagal ke final tapi setidaknya tim ini paham bagaimana melangkah jauh di depan pendukung mereka sendiri. Inggris boleh berharap magis yang sama di Piala Eropa 2020.

Kandidat berikutnya adalah Prancis. Inilah tim yang paling tidak bisa dikeluarkan dari daftar kandidat juara. Sejak dipegang Didier Deschamps, Prancis selalu bertaji di turnamen besar.

Pada Piala Dunia 2014, mereka tersingkir di perempatfinal dari sang juara Jerman. Dua tahun kemudian grafik mereka menanjak dengan tampil di partai final Piala Eropa 2016. Meski kalah, Prancis menawan. Puncaknya pada Piala Dunia 2018, Prancis menjadi juara.

Tren mereka usai juara Piala Dunia 2018 tidak mengendur. Prancis lolos ke semifinal UEFA Nation League 2021. Sebuah konfirmasi bahwa tim ini masih sangat kompetitif.

Jangan lupakan dorongan sejarah bagi Prancis. Pada 1998 mereka menjuarai Piala Dunia dan dua tahun berikutnya Prancis mengawinkannya dengan Piala Eropa 2000. Siklus 20 tahun menanti tim Ayam Jantan. Apakah Piala Dunia 2018 akan bersanding dengan Piala Eropa 2020?.
Photo : Radio Times
Kini kita bahas Italia.
Masuknya Roberto Mancini membawa perubahan banyak di Gli Azzuri. Tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018 kini sulit dikalahkan.

Skuad asuhan Mancini masuk ke Piala Eropa 2020 dengan catatan fantastis. Dalam 7 laga internasional terakhir mereka menang terus dengan memasukkan 21 gol tanpa sekalipun kebobolan!. Italia juga lolos ke semifinal UEFA Nation League 2021 sebagai konfirmasi kebangkitan mereka.

Bagaimana dengan  juara bertahan Portugal? Tim ini mungkin bukan favorit terkuat tetapi melihat bagaimana Portugal meraih juara pada 2016 maka kita bisa sepakat bahwa Cristiano Ronaldo dkk kini sudah tahu bagaimana caranya menjadi juara di turnamen besar.

Bukti sudah tersaji. Usai menjadi juara Piala Eropa 2016, Portugal lanjut menjadi juara UEFA Nation League 2019. Sebuah rentetan prestasi yang meyakinkan.

Nah, itulah 4 tim yang saya prediksi jadi kandidat kuat juara Piala Eropa 2020. Dari keempatnya, siapa yang paling berpeluang menjadi juara?.
Sulit memilih diantara keempatnya namun jika harus dikerucutkan lagi maka saya melihat Inggris dan Prancis yang paling siap menjadi juara di Wembley Juli nanti.

Simak juga ulasan ini di channel YouTube Bung Rizma

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.