Memphis Depay, Satu Lagi Transfer Cerdas Barcelona

Barcelona baru saja mengumumkan rekrutan keempat mereka jelang musim 2021/2022 di laman instagram resmi klub. Rekrutan yang dimaksud adalah Memphis Depay, gelandang serang sekaligus penyerang asal Belanda dari Lyon.
Photo : Getty Images
Kedatangan Depay melengkapi 3 rekrutan sebelumnya yaitu Sergio Aguero, Eric Garcia dan Emerson Royal. Depay dan pemain baru di Camp Nou tersebut adalah contoh transfer cerdas Barcelona sejauh ini.

Mengapa dikatakan cerdas? Ya, tidak lain karena 3 dari 4 empat pemain ini didatangkan secara gratis. Praktis Barca hanya mengeluarkan sedikit saja dana untuk menghadirkan Emerson Royal.

Menimbang profil 4 pemain yang sudah resmi berseragam Barca ini, manajemen klub Catalan itu layak diberikan tepuk tangan meriah. Mereka tidak asal mendatangkan pemain gratis atau berharga murah meriah.

Tengok Sergio Aguero. Nama ini adalah buah pelajaran berharga musim lalu ketika Barcelona melepas "sahabat" Lionel Messi, Luis Suarez ke Atletico Madrid dengan alasan yang bersangkutan sudah berumur. Faktanya Suarez malah jadi aktor kunci keberhasilan Atletico Madrid juara La Liga.

Tidak mau salah lagi, manajemen Barca mendatangkan "sahabat" lain Messi tetapi kali ini sahabat sejak remaja di timnas Argentina. Messi dan Aguero memang dikenal sangat akrab dan sering ditempatkan di kamar yang sama saat bertugas bersama tim Tango.

Meski sudah tidak muda lagi, Aguero jelas masih punya sesuatu untuk ditawarkan ke Barca. Hubungan dekat Aguero selama bertahun-tahun dengan Messi diyakini bisa menciptakan kembali kombinasi di lini depan yang sempat membawa Argentina U-20 merebut medali emas Olimpiade.

Ya, usai kehilangan Suarez sebagai rekan sejati di depan, Messi butuh rekan yang memahaminya dan Barca menghadirkan Aguero. Catat, dengan gratis!

Tidak cukup Aguero, Barca juga memperkuat lini serang dengan mendatangkan Memphis Depay (dengan gratis juga). Faktor Depay berasal dari Belanda tampaknya ikut berbicara disini.

Depay akan bertemu kembali dengan Frenkie De Jong, rekannya di timnas Belanda dan mantan pelatih tim Oranye Ronald Koeman. Kita sama-sama tahu bagaimana Koeman membangkitkan kembali Belanda usai gagal ke Piala Dunia 2018. De Jong dan Depay adalah amunisi andalannya.

Kehadiran Depay diharapkan bisa membantu Koeman menerapkan strategi permainan yang diinginkannya di Barcelona. Sesuatu yang tidak berjalan maksimal musim lalu.

Munculnya nama Aguero dan Depay di lini serang Barcelona juga bikin persaingan di depan nanti makin ketat. Nama lama seperti Dembele, Ansu Fati dan Griezmann mau tak mau akan terpacu meningkatkan level kinerja mereka dan ini bagus untuk tim.

Makin kuat di depan, Barca juga menambah kekuatan di lini pertahanan. Eric Garcia dan Emerson Royal jadi dua nama baru disana.

Eric Garcia dipulangkan secara gratis dari Man City. Dikatakan "pulang" karena Eric sejatinya adalah produk La Masia yang kemudian dimatangkan di Man City. 

Eric adalah kapten semasa di La Masia yang tumbuh melihat legenda seperti Carles Puyol dan Gerrard Pique. Kisah Eric Garcia bak mengulangi sejarah Gerrard Pique yang tumbuh di La Masia, matang di Manchester (tetapi di MU) kemudian kembali ke Camp Nou.

Bagaimana Barcelona memberikan kontrak jangka panjang selama 4 tahun adalah gambaran bahwa Eric adalah "The Next Gerrard Pique" bagi mereka. Pantas bila Barca sampai memagari Eric dengan buy out clause sebesar 6,9 triliun.
Photo : Getty Images
Setelah menemukan calon penerus Gerrard Pique, Barcelona juga menghadirkan calon penguasa sisi kanan pertahanan mereka. Sisi yang bertahun-tahun identik dengan Dani Alves.

Bukan sebuah kebetulan bila Barca mendatangkan Emerson yang sama-sama berasal dari Brazil. Faktanya Emerson memang jadi penerus Alves di posisi bek sayap kanan timnas Brazil.

Meski tidak datang dengan gratis seperti Eric, Aguero dan Depay, namun harga Emerson yang "hanya 9 juta euro" jelas sangat-sangat menguntungkan Barcelona. Kiprahnya meloloskan Real Betis musim lalu ke Europa League harusnya bisa bikin harganya melambung tinggi.

Dengan 4 pemain yang 3 diantaranya datang secara gratis, Barcelona sudah melakukan transfer cerdas sejauh ini. Apalagi profil keempat pemain baru tersebut bukan kaleng-kaleng. Salut untuk pergerakan transfer Barcelona.

Ulasan ini bisa ditonton juga di channel YouTube Bung Rizma

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.