Resep Atletico Madrid Juara La Liga Spanyol : Pertahanan Kuat

Atletico Madrid menjadi juara La Liga Spanyol musim 2020/2021 usai memenangi laga pekan terakhir 2-1 melawan Real Valladolid. Kemenangan Real Madrid atas Villarreal menjadi tidak ada artinya.
Photo : AFP
Kesuksesan Atletico menjuarai Liga Spanyol menegaskan satu hal bahwa resep utama Atletico untuk menjadi yang terbaik di La Liga adalah dengan memperkuat lini pertahanan.

Ya, dalam dua kesempatan terakhir mengangkat trofi juara Liga Spanyol, tim asuhan Diego Simeone selalu menandai pencapaian itu dengan status sebagai juara berlabelkan pertahanan yang kokoh.

Pada musim 2013/2014, Atletico bukan tim tertajam di La Liga. Mereka hanya mencetak 77 gol. Kalah jauh dibandingkan Real Madrid yang melesakkan 104 gol dan Barcelona yang membuat 100 gol.

Namun sepakbola bukan cuma urusan mencetak gol. Kemampuan menjaga gawang dari kebobolan juga jadi hal yang penting. Barcelona dan Real Madrid yang sumringah dengan gelontoran gol dari Ronaldo dan Messi hanya berakhir di posisi 2 dan 3 klasemen akhir di musim 2013/2014 itu.

Salahsatu penyebabnya karena dua raksasa itu kebobolan begitu banyak gol. Barcelona kemasukan 33 gol sedangkan Real Madrid lebih banyak lagi dengan ke kebobolan 38 gol.

Adapun sang juara Atletico Madrid yang hanya mencetak 77 gol mampu menjaga ketangguhan lini pertahanan mereka dengan hanya kebobolan 26 gol sepanjang musim 2013/2014. Resep yang kembali mereka tuai hasilnya di musim ini.

Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol musim 2020/2021 berlabelkan sebagai tim dengan pertahanan terbaik. Jan Oblak dkk hanya kebobolan 25 gol, lebih baik 1 gol dari pencapaian tahun 2014.

Atletico juga tidak muluk-muluk menjadi tim dengan serangan tertajam untuk menjadi yang terbaik musim ini. Luis Suarez dkk hanya menyarangkan 67 gol, sama dengan catatan gol Real Madrid, runner up La Liga dan kalah jauh dari 85 gol Barcelona yang berakhir di posisi 3 klasemen.

Apakah pertahanan terbaik menjadi kunci juara Liga Spanyol?. Bila itu ditujukan kepada Atletico Madrid maka jawabannya adalah iya. Dua gelar La Liga terakhir mereka didapatkan dengan label pertahanan terkokoh.
Photo : AFP
Tapi menariknya, musim lalu pun Real Madrid menjadi juara dengan status tim paling tangguh di lini pertahanan. Sergio Ramos dkk musim lalu hanya kebobolan 25 gol sementara Atletico kebobolan 27 gol dan berakhir di posisi 3 klasemen.

Ulasan ini tidak serta merta menegaskan bahwa pertahanan kokoh adalah jalan terbaik untuk menjuarai La Liga. Faktanya pada musim-musim sebelumnya pun Atletico konsisten menjadi tim dengan pertahanan terbaik tetapi gagal menjadi juara Liga Spanyol.

Meski demikian, satu hal yang tak terbantahkan adalah pertahanan kokoh membuat Atletico Madrid selalu sukses berada di posisi 4 besar klasemen. Setidaknya hal tersebut menjadi modal utama untuk selalu bertarung di papan atas setiap musimnya.
Selamat Atletico Madrid.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.