Luis Enrique, Pemain Real Madrid Tidak Seburuk Itu Kok

Luis Enrique sukses "bikin ramai" usai daftar skuad timnas Spanyol untuk gelaran Euro 2020 diumumkan. Pasalnya tidak ada satupun pemain Real Madrid dalam daftar tersebut.
Photo : Bein Sports
Apakah sedemikian buruknya kualitas skuad Real Madrid musim ini hingga tak satupun pemainnya masuk dalam skuad tim Matador?. Sebagai catatan, timnas Spanyol sudah terbiasa berkomposisikan pemain-pemain Barcelona dan Real Madrid ditambah pemain-pemain Spanyol di luar klub raksasa La Liga itu.

Maka menjadi kehebohan tersendiri kala tak satupun punggawa Madrid masuk dalam skuad timnas Spanyol sementara awak Barcelona tetap menghiasi daftar skuad. Padahal dari segi pencapaian di La Liga musim ini, Real Madrid di posisi runner up lebih baik daripada Barcelona yang berakhir di posisi 3 klasemen.

Meski gagal mempertahankan gelar juara Liga Spanyol, Real Madrid juga tetap "sukses" memaksa Atletico Madrid melakoni laga penentuan pekan terakhir menuju trofi juara. Sebaliknya Barca nyaris tidak memberikan perlawanan yang sepantasnya.

Apakah Luis Enrique terindikasi pilih kasih karena dirinya adalah mantan pelatih Barcelona? Entahlah, tetapi sama sekali tidak memasukkan nama pemain Madrid menuju Euro 2020 rasanya terlalu mengejutkan.

Harus diakui bahwa pemain-pemain non Spanyol di skuad Real Madrid saat ini sangat dominan. Dari Karim Benzema, Toni Kroos, Luka Modric, Casemiro sampai Raphael Varane. Tetapi diluar itu, ada beberapa pemain El Real yang menurut saya tetap pantas masuk untuk setidaknya jadi cadangan dalam skuad timnas Spanyol.

Sebut saja Marco Asensio dan Nacho. Gelandang serang dan bek Spanyol ini adalah dua dari 10 pemain dengan menit bermain terbanyak dalam skuad Real Madrid di La Liga. Hal ini menunjukkan betapa Asensio dan Nacho punya peran vital dalam skema permainan Madrid.
Photo : Inhia Sports
Asensio juga tidak asal mentas. Gelandang serang ini mencetak 5 gol dan 2 assist. Bukan capaian yang teramat buruk untuk diabaikan namanya masuk ke skuad timnas Spanyol.

Soal kinerja, Luis Enrique juga alpa melihat kontribusi Lucas Vazquez. Gelandang serang itu mengkreasikan 5 assist di La Liga dan jadi pencetak assist terbanyak keempat di skuad Real Madrid.

Menimbang Real Madrid memiliki kinerja sebagai runner up La Liga, maka cukup aneh bila sama sekali tak satupun nama punggawa El Real masuk dalam skuad timnas Spanyol. Hmmm, murni pertimbangan strategi atau sentimen El Classico?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.