Prediksi 2021 - Atletico Madrid Juara La Liga Spanyol


Prediksi seputar juara Liga Spanyol biasanya tidak akan jauh-jauh dari duo Real Madrid dan Barcelona. Alhasil bila ada prediksi yang menjagokan tim lain di luar dua raksasa Spanyol itu maka prediksi itu terbilang berani. Dan saya berani

Photo : Bein Sports
Atletico Madrid saya prediksikan untuk menjadi juara Liga Spanyol di tahun 2021 ini. Bagaimanapun, faktanya dalam 10 tahun terakhir, hanya Atletico sajalah yang mampu menjadi juara Liga Spanyol diantara hegemoni Real Madrid dan Barcelona.

Setelah kesuksesan itu Atletico Madrid konsisten berada di level papan atas Liga Spanyol. Hal itu menunjukkan bahwa keberhasilan menjadi juara La Liga tahun 2014 bukan sebuah kebetulan semusim. Klub yang ditangani Diego Simeone ini memang sah untuk disebut sebagai tim papan atas di negeri Matador.

Musim 2020/2021 saya prediksikan akan kembali menampilkan Atletico Madrid sebagai raja di Liga Spanyol. Sang juara bertahan Real Madrid memang masih ditukangi maestro Zinedine Zidane dan Barcelona masih diperkuat Lionel Messi, tetapi Atletico tampak paling siap menjadi juara diantara ketiga tim ini.

Sampai saat tulisan ini dibuat, Atletico masih memimpin klasemen sementara La Liga dengan 38 poin, unggul 2 angka dari Real Madrid di posisi kedua dan meninggalkan Barcelona sebanyak 7 angka di posisi ke empat. Serunya, skuad asuhan Simeone baru memainkan 15 laga yang artinya Atletico punya keunggulan “8 angka imajiner” jika berhasil menyapu kemenangan di dua laga tersisa.

Atletico memang kalah 0-2 dalam pertemuan perdana melawan Real Madrid musim ini. Tetapi dengan selisih poin yang ada, hasil itu kemungkinan tidak akan berpengaruh banyak. Atletico cukup pandai meraup poin dari laga-laga lainnya.

Dalam 15 laga yang sudah dimainkan, Jan Oblak dkk baru sekali kalah dan dua kali seri dimana sisa laga lainnya disapu bersih lewat kemenangan. Hasil ini kontras dengan capaian Real Madrid yang sudah kalah 3 kali dan Barcelona yang telah kehilangan 3 poin sebanyak 4 kali.

Secara statistik pun Atletico terlihat menjanjikan musim ini. Mereka memang bukan tim tertajam tetapi masih tergolong dalam 3 tim dengan lini serang paling banyak mencetak gol bersama Real Madrid dan Barcelona.

Pertahanan adalah kekuatan utama Atletico yang paling menonjol dan mereka menunjukkannya lagi musim ini. Tim sekota Real Madrid itu baru kebobolan 6 gol. Ya, 6 gol alias belum kebobolan sampai dua digit. Bandingkan dengan Real Madrid yang sudah kebobolan 15 gol dan Barcelona yang telah kemasukan 17 gol.

Photo : Talks Sports

Sebagai catatan, saat Atletico menjadi juara Liga Spanyol tahun 2014, mereka adalah tim dengan pertahanan terbaik. Kala itu skuad asuhan Diego Simeone hanya kebobolan 26 gol, jauh meninggalkan Real Madrid yang kebobolan 38 gol dan Barcelona yang kebobolan 33 gol.

Oh ya, meski menjadi juara La Liga, ketika itu Atletico juga bukan tim dengan lini penyerangan tertajam. Mereka hanya berada di urutan ketiga untuk urusan paling banyak mencetak gol. Saat itu tim tertajam adalah Real Madrid dengan 104 gol dan Barcelona yang mencetak 100 gol. Hmmm, situasi yang serupa dengan musim ini?

Tiga besar lini penyerangan tertajam dan dikombinasikan dengan lini pertahanan paling kokoh. Itu adalah modal juara Atletico Madrid tahun 2014 dan kondisi itu muncul lagi musim ini. Bukan sebuah kejutan bila Atletico Madrid kembali menjadi juara La Liga Spanyol di akhir musim nanti.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.