Menengok Kembali Real Madrid Era Presiden Lorenzo Sanz


Wabah virus Corona tidak hanya menghentikan aktivitas sepakbola dunia, tetapi juga menghentikan perjalanan hidup salahsatu tokoh penting dalam sepakbola Spanyol. Dialah Lorenzo Sanz. Presiden Real Madrid tahun 1995 sampai 2000 itu wafat di usia 76 tahun pada 21 Maret 2020 karena serangan Covid 19. Tulisan ini adalah penghargaan atas jasa-jasanya selama memimpin El Real.

Real Madrid saat memenangkan Liga Champions 1998 - Photo : Four Four Two

Lorenzo Sanz adalah presiden Real Madrid sebelum Florentino Perez datang menggantikannya dengan konsep Los Galacticos. Istimewanya, Real Madrid era Sanz merupakan cikal bakal tim bertabur bintang yang digagas Perez. Sejumlah pemain kunci Los Galacticos Real Madrid yang kemudian menjadi legenda di Santiago Bernabeu datang di era Sanz.

Yah, pemain bintang seperti Predrag Mijatovic, Davor Suker, Clarence Seedorf, Roberto Carlos, Steve McManaman dan Nicolas Anelka berkostum putih-putih Real Madrid pada masa kepemimpinan Sanz. Kita kemudian menjadi saksi bagaimana pemain seperti Roberto Carlos menjelma jadi bek kiri legendaris El Real. Mijatovic sendiri adalah pahlawan kemenangan Madrid di final Liga Champions 1998.

Bicara soal pahlawan di final Liga Champions, di era Sanz pula dunia sepakbola berkenalan dengan seorang kiper muda yang ambil aksi dalam kemenangan Madrid di final Liga Champions 2000. Kiper yang dimaksud adalah Iker Casillas. Anak muda ini lantas tumbuh menjadi salahsatu kiper terbaik dan tersukses Madrid sepanjang masa serta jadi salahsatu kapten ikonik El Real.

Liga Champions memang punya keistimewaan sendiri bagi Madrid era Lorenzo Sanz. Di masanya, El Real memenangkan dua kali trofi Liga Champions pada 1998 dan 2000. Keduanya kemudian jadi trofi yang sarat makna. Titel juara Liga Champions 1998 memutus masa penantian selama 32 tahun lamanya sedangkan trofi tahun 2000 jadi yang terakhir kali sebelum “susah payah” dimenangkan kembali oleh Los Galacticos nya Florentino Perez pada 2014.

Lorenzo Sanz memang bukan presiden Real Madrid paling sukses dan bergelimang gelar juara, tetapi Sanz adalah salahsatu bagian penting dari sejarah panjang Real Madrid. Sejumlah pemain yang aktif bersama El Real pada masa jabatan Sanz adalah pemain-pemain bintang yang tidak kalah hebatnya dengan deretan jagoan Los Galacticos. Berikut adalah komposisi terbaik skuad Madrid era Lorenzo Sanz dalam formasi 4-3-3 :

Kiper : Iker Casillas
“Dilahirkan” pada masa Sanz dan jadi kiper utama Madrid untuk waktu yang sangat lama. Muncul diusia belia dan meninggalkan Madrid sebagai seorang kiper sekaligus kapten legendaris El Real.

Bek : Michel Salgado, Fernando Hierro, Ivan Karanka, Roberto Carlos
Jauh sebelum kita mengenal Sergio Ramos dan Marcello di sisi sayap pertahanan El Real, nama Michel Salgado dan Roberto Carlos di sisi sayap Madrid sudah jadi kombinasi menakutkan bagi lawan-lawan Madrid selama beberapa tahun lamanya. Tambahkan pula keberadaan sang legenda Fernando Hierro di jantung pertahanan.

Lorenzo Sanz bersama Michel Salgado - Photo : The New York Times

Tengah : Steve McManaman, Fernando Redondo, Clarence Seedorf
Gelandang terbaik Inggris, Argentina dan Belanda berada dalam satu tim. Ini bukan komposisi yang bisa didapatkan setiap tahun.

Depan : Raul Gonzales, Predrag Mijatovic, Fernando Morientes
Lini paling ketat persaingannya. Pemain sekelas Davor Suker, Nicolas Anelka, Raul Gonzales, Predrag Mijatovic dan Fernando Morientes berebut posisi. Pilihan jatuh pada duo Raul dan Morientes karena pertimbangan kerjasama yang saling mengisi diantara mereka. Satu slot diisi Mijatovic berkat jasanya mencetak gol tunggal kemenangan di final Liga Champions 1998.

Nah inilah Real Madrid era Lorenzo Sanz. Tim istimewa yang jauh dari sebutan Los Galacticos namun sukses mempersembahkan 2 trofi Liga Champions, 1 titel La Liga Spanyol dan 1 gelar Intercontinental Cup ke dalam sejarah Real Madrid. Mengingat sepak terjang mereka berarti mengingat jasa-jasa Lorenzo Sanz. Thank you Sanz, Rest In Peace.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.