Mengenang "Mr. Europa League", Jose Antonio Reyes

Kalau di Liga Champions kita mengenai sosok Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang paling sering mondar mandir mengangkat trofi juara maka di kasta kedua kompetisi antar klub Eropa ada nama Jose Antonio Reyes. Ya, pemain asal Spanyol yang wafat pada 1 Juni 2019 karena kecelakaan mobil tersebut adalah rajanya juara Europa League.

Jose Antonio Reyes, Mr. Europa League - Photo : Be Soccer

Nama Jose Antonio Reyes mulai dikenal publik pencinta sepakbola tatkala memperkuat Sevilla. Performanya sepanjang 4 tahun disana (2000 – 2004) menarik perhatian Arsenal. Kepindahannya ke klub elit seperti Arsenal yang tengah jaya-jayanya bersama Arsene Wenger dan bermain di kompetisi sekelas Liga Inggris membuat nama Reyes semakin dikenal sebagai salah satu pesepakbola papan atas Spanyol.

Uniknya, gol perdana yang dicetak Reyes untuk Arsenal adalah gol bunuh diri ketika Arsenal melawan Middlesbrough di Piala Liga. Kesan pertama yang kurang berkesan itu tidak menghentikan Reyes untuk unjuk kemampuan bersama The Gunners. Pemain yang pernah berkunjung ke Indonesia itu lantas menjadi salahsatu bagian dari skuad legendaris Arsenal yang meraih gelar juara Liga Inggris musim 2003/2004 tanpa terkalahkan.

Pada musim 2006/2007, kendala homesick yang dialami Reyes membuat Arsenal meminjamkannya ke Real Madrid. Bermain bersama deretan pemain bintang berjuluk Los Galacticos, nama Reyes tenggelam namun tidak menahannya untuk memberikan kesan istimewa. Pada pekan terakhir yang menentukan, Reyes mencetak gol krusial ke gawang Mallorca yang membuat Madrid memenangkan trofi juara La Liga Spanyol.

Spanyol tampaknya jadi tempat bermain paling nyaman bagi Reyes. Usai selesai masa peminjaman di El Real, Reyes melanjutkan karir bersama Atletico Madrid, dan disinilah sejarah bagi pemain kelahiran Utrera itu diukir. Bersama Atletico, Reyes memenangi Europa League dua kali pada musim 2009/2010 dan 2011/2012.

Selepas dari Atletico, kiprah Reyes bersama klub Spanyol tetap cemerlang kala kembali memperkuat klub masa kecilnya Sevilla. Bersama Sevilla, Reyes memenangkan hattrick juara Europa League tiga musim beruntun pada 2014, 2015 dan 2016. Keberhasilan yang kemudian mengukuhkan namanya sebagai pemain yang paling banyak menjuarai Europa League, yaitu sebanyak 5 kali.

Kisah sukses Reyes di kasta kedua kompetisi antar klub Eropa bagaikan gambaran karirnya sebagai bintang sepakbola asal Spanyol. Meski namanya cukup dikenal oleh penggemar sepakbola dunia namun kesuksesan Reyes bak ditakdirkan untuk tidak sampai cetar membahana layaknya pesepakbola papan atas Spanyol lainnya.

Reyes adalah bagian dari tim tak terkalahkan Arsenal di musim 2003/2004 namun jika berbicara mengenai tim legendaris itu maka orang akan lebih banyak bercerita mengenai Thierry Henry, Patrick Vieira sampai Robert Pires. Mungkin karena Reyes hadir di pertengahan musim sehingga jarang yang berbicara banyak mengenai kiprah Reyes dalam kesuksesan tim istimewa itu.

Reyes saat membela Arsenal - Photo : Football Paradise

Pun demikian saat dirinya berkostum Real Madrid. Namanya tenggelam di tengah isu musim terakhir mega bintang David Beckham bersama El Real. Madridista seharusnya banyak-banyak berterimakasih padanya atas gelar juara La Liga di musim itu. Ya, golnya di pekan terakhir yang menegangkan itu membuat Madrid menyelamatkan musim mereka dengan trofi juara Liga Spanyol. David Beckham pun bisa tersenyum saat mengakhiri kebersamaan dengan Madrid.

Nama Reyes boleh tercatat sebagai pemain tersukses di Europa League namun jika berbicara sukses Atletico disana maka yang teringat adalah nama Diego Forlan dan Falcao. Juga saat berbicara sukses hattrick Sevilla di Europa League yang mengusung nama Unai Emery sebagai sang juru taktik.

Reyes memang gagal masuk ke tim Spanyol yang berangkat menjuarai Piala Eropa 2008 karena Luis Aragones lebih memilih David Silva dan Santi Cazorla. Meski demikian Reyes tetaplah Reyes. Dia adalah salahsatu bintang sepakbola yang pernah dilahirkan Spanyol dan menghiasi kesuksesan monumental sejumlah klub Eropa. Arsenal dengan gelar juara Liga Inggris tanpa terkalahkan, Real Madrid lewat gol penentu gelar juara La Liga di pekan terakhir dan Atletico Madrid serta Sevilla lewat kesuksesan menjadi rajanya juara Europa League. We Miss You Reyes. We Miss You Mr. Europa League

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.