Mari Masukkan Lazio Sebagai Kandidat Peraih Scudetto Selain Juve Dan Inter


Di awal musim 2019/2020, siapa yang menduga Lazio akan bertarung di jalur Scudetto? Mungkin tidak banyak karena mayoritas mata memandang kepada sang raksasa Juventus dan sang pemilik ambisi terbesar Inter Milan. Banyak yang melupakan kiprah Lazio dalam meretas era kebangkitan.

Lazio saat menjuarai Super Coppa 2019 - Photo : ESPN

Lazio memang menjadi kuda hitam Serie A dalam beberapa musim terakhir dengan konsisten berada di jalur perebutan tiket ke Eropa. Sinyal Lazio membangun kembali era kejayaan Scudetto 2000 mulai terasa sejak ditangani Simone Inzaghi.

Adik Filippo Inzaghi itu mulai menangani Lazio sejak 2016 dan tidak menunggu lama untuk Lazio mulai bergelimang gelar. Tercatat Simone sudah menyumbang 2 trofi Super Coppa dan 1 trofi Coppa Italia bagi Lazio. Meski belum menyentuh trofi Scudetto tetapi progress yang diperlihatkan Simone bersama Lazio patut bikin was-was klub elit Italia lainnya.

Klub elit yang dimaksud disini adalah Juventus dan Inter Milan. Dua klub ini disebut-sebut sebagai kandidat utama peraih Scudetto musim ini. Namun dengan sepak terjang Lazio hingga pekan ke 23, Juve dan Inter patut berpikir ulang bahwa mereka bukan salah dua pemburu Scudetto saat ini. Lazio adalah tim ketiga kandidat Scudetto dan mereka sangat wajib mewaspadainya.

Who Scored mencatat Lazio adalah tim tertajam kedua dengan 53 gol sampai pekan ke 23, setara dengan kualitas lini pertahanan mereka yang bersama Inter Milan merupakan lini pertahanan terbaik di Serie A sejauh ini. Jumlah 53 poin Lazio juga hanya terpisahkan satu poin dengan Inter dan Juve yang memiliki nilai sama 54 di posisi satu dan dua.

Jika Juve dan Inter tidak meningkatkan level kewaspadaan, Lazio sangat bisa membuat kejutan dengan meraih Scudetto musim ini. Mereka adalah tim yang punya sejarah melakukan itu. Juventus seharusnya sangat paham ini karena merekalah yang menjadi korbannya.

Saat itu Juventus sudah unggul 9 poin di puncak klasemen dengan Serie A hanya tersisa 8 pekan. Juve gagal menjaga keunggulan poin dan hanya berselisih dua saja pada pekan pamungkas. Apesnya, di laga pekan terakhir Juve kalah dari Perugia sementara Lazio menang atas Reggina. Lazio pun meraih Scudetto dengan keunggulan hanya satu poin.

Lazio jaman now sangat potensial mengulang hal tersebut. Mereka adalah tim yang menaklukkan Juventus di laga Super Coppa Italy 2019 dan membuat Si Nyonya Tua sudah kehilangan satu trofi juara musim ini. Jika tidak segera berbenah boleh jadi trofi berikutnya yang lepas adalah gelar Scudetto.

Ciro Immobile, striker andalan Lazio - Photo : Akahi News

Senada dengan Juventus, Inter Milan pun jangan buru-buru besar kepala memandang hanya mereka yang siap bersaing mengejar Scudetto dengan Juventus. Pertemuan Lazio menjamu Inter pada pekan ke 24 (18/2/2020) bermakna krusial dalam proses perburuan Scudetto.

Sepanjang 2019, Inter dan Lazio sudah beradu dua kali di Serie A dan hasilnya mereka saling mengalahkan dengan skor tipis 1-0. Dalam 3 laga home terakhir di Serie A, Lazio menghasilkan 2 kemenangan dan 1 seri. Lazio mencatatkan 10 gol dan hanya kemasukan 2 gol. Adapun Inter dalam 2 laga away terakhir juga meraih 2 kemenangan dan 1 seri. Skuad Antonio Conte melesakkan 6 gol dan cuma kemasukan 2 gol. Atas dasar ini, rasanya hasil laga nanti sangat berpotensi imbang.

Terlepas dengan hasil dari laga Lazio melawan Inter nanti, I Biancocelesti sangat layak dipandang sebagai salahsatu penantang Scudetto musim ini. Masih ada 14 laga tersisa usai duel Lazio melawan Inter. Masih sangat banyak kemungkinan terjadi. Momen Scudetto Lazio di tahun 2000 mengajarkan bahwa klub berseragam biru langit ini punya sejarah luar biasa soal berburu Scudetto hingga akhir pekan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.