Tiga Fakta Seputar Liga 1 2019 (Catatan Akhir Musim)


Liga 1 2019 resmi berakhir usai pekan ke 34 yang digelar pada 22 Desember 2019. Kompetisi sepakbola tertinggi di tanah air tersebut melahirkan Bali United sebagai juara pada musim 2019. Diluar itu, sejumlah fakta menarik muncul dari penyelenggaraan Liga 1 2019. Berikut tiga fakta yang dirangkum dari Soccerway dan sayang untuk dilewatkan :

1.  Tim Juara Bukan Tim Paling Produktif
Meski berstatus sebagai klub juara Liga 1 2019, Bali United ternyata bukan tim yang memiliki kemampuan mencetak gol paling baik diantara 34 kontestan. Tercatat Stefano Lilipaly dkk hanya melesakkan 48 gol dari 34 laga. Tim dengan lini serang paling tajam adalah Arema FC yang berada di posisi 9 klasemen dengan total lesakan 59 gol. Bali United tidak perlu berkecil hati karena faktanya juara Liga 1 pada dua musim sebelumnya (Persija dan Bhayangkara FC) memang bukan tim dengan lini depan paling ganas.

Bali United, juara Liga 1 2019 - Photo : Radar Bali Jawa Pos

2.  Tim Promosi Gagal Bersaing
Level kompetisi Liga 1 memang berbeda dengan Liga 2 dibawahnya. Hal ini terbukti dengan performa tiga tim yang musim lalu promosi ke Liga 1 2019 yaitu PSS Sleman, Semen Padang dan Kalteng Putra. Diantara tiga tim promosi ini, hanya PSS saja yang memperlihatkan kinerja positif dengan bertengger di 10 besar klasemen. Adapun Semen Padang dan Kalteng Putra tidak sanggup bersaing dan harus terlempar kembali degradasi ke Liga 2 musim depan. Keduanya bahkan jadi dua tim dengan kemampuan mencetak gol paling buruk musim ini dengan hanya mencetak 32 gol (Semen Padang) dan 33 gol (Kalteng Putra).

3.  Jadwal Kompetisi Tidak Sejalan Dengan Agenda Timnas
Muara akhir dari kompetisi domestik adalah terbentuknya timnas Indonesia yang tangguh. Namun alih-alih mengarah kesana, jadwal pertandingan Liga 1 kerap tidak bersahabat dengan agenda timnas Indonesia. Ambil contoh kala timnas senior turun berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2022. Saat itu sejumlah pemain timnas masih harus bertanding jelang persiapan berlaga membawa nama negara. Terkini, saat timnas U23 bertarung di Sea Games 2019, jadwal pertandingan Liga 1 tetap bergulir. Alhasil pemirsa diminta memilih, dukung timnas atau klub?

Demikian tiga fakta seputar Liga 1 2019. Semoga Liga 1 2020 berjalan lebih baik lagi dan mampu menghasilkan timnas Indonesia tangguh yang menjadi idaman pencinta sepakbola nasional selama ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.