Prediksi 2020 - Barcelona Juara La Liga Spanyol


Dibandingkan musim lalu, La Liga Spanyol musim ini berjalan lebih seru dan ketat. Barcelona dan Real Madrid menampilkan kembali pemandangan yang hilang musim lalu yaitu persaingan ketat keduanya di puncak klasemen. Sampai pekan ke 18, Barcelona berada di posisi pertama dengan hanya selisih 2 poin dengan Real Madrid dibelakangnya.

Barcelona punya trio Messi Griezmann Suarez - Photo : Yahoo Sports

Kembalinya Zinedine Zidane di kursi pelatih El Real membuat Karim Benzema dkk jadi lebih kompetitif. Tidak seperti musim lalu kala ditinggal sekaligus Zidane dan Cristiano Ronaldo, Real Madrid kepayahan dan itu membuat Barcelona seperti melaju di tol layang Jakarta Cikampek, lancar jaya meski tidak 100 persen mulus.

Faktor Zidane yang hilang sudah kembali ke ruang ganti Madrid tetapi faktor lain yang tidak kunjung tergantikan adalah Cristiano Ronaldo. Sulit menyangkal bahwa pria Portugal yang sudah melegenda di El Real tersebut adalah senjata utama Madrid selama nyaris satu dekade terakhir. Dan inilah yang membuat Barcelona pantas untuk lebih diunggulkan memenangi perburuan gelar juara Liga Spanyol musim ini.

Zidane memang berhasil membuat Real Madrid bersaing kembali melawan Barcelona, tetapi mereka tetap bukan tim yang tangguh untuk merebut tahta juara Liga Spanyol dari juara bertahan Barcelona. Ketiadaan sosok yang bisa menggantikan peran Ronaldo masih jadi problem utama mereka.

Kedatangan Eden Hazard yang disebut-sebut akan menambal lubang yang ditinggalkan CR7 ternyata tidak sesuai harapan. Bintang sepakbola asal Belgia itu kesulitan menemukan kinerja terbaik seperti yang ditunjukkannya bersama Chelsea. Hazard baru melesakkan satu gol dan satu umpan, sangat jauh dari harapan yang disematkan padanya.

Kondisi ini membuat Karim Benzema menjelma jadi pemain terbaik Real Madrid sejauh ini. Ibarat pepatah tiada rotan akar pun jadi, tiada Ronaldo maka Benzema pun jadi. Striker asal Prancis yang tidak mendapatkan tempat di skuad timnas Prancis besutan Didier Deschamps tersebut adalah pendulang gol utama El Real selepas Ronaldo hengkang ke Juventus. Musim lalu dirinya bersaing dengan Messi dalam urusan mencetak gol dan musim ini hal yang sama berulang lagi. Messi sudah mencetak 13 gol dan Benzema telah mengoleksi 12 gol dalam 18 pekan berjalan Liga Spanyol.

Tanpa mengesampingkan kapabilitas Benzema, lawan terbaik bagi Messi tetaplah seorang Cristiano Ronaldo. Benzema hanya sebatas penantang dan bukan lawan yang punya potensi untuk mengalahkan Messi dalam pertarungan kinerja individu. Apalagi jika berbicara secara tim, Messi punya rekan-rekan yang ketajamannya bisa diandalkan saat dirinya mandek.

Dalam hal ini, Barcelona beruntung punya Luis Suarez dan Antoine Griezmann sebagai duo penyerang yang melengkapi trio maut bersama Messi. Suarez sejauh ini adalah pencetak gol terbanyak kedua Barcelona di La Liga sesudah Messi. Koleksi 10 golnya hanya kalah dari Karim Benzema.

Suarez tidak sendirian dalam menopang Messi.  Antoine Griezmann, jagoan baru Barcelona di lini serang sejauh ini punya kinerja jauh lebih baik daripada Eden Hazard di Real Madrid sebagai sesama rekrutan baru. Griezmann sudah bikin 7 gol dan 4 assist. Total trio penyerang Barca (Messi Suarez Griezmann) sudah melesakkan 30 gol dalam 18 laga.

Griezmann rekrutan baru Barcelona - Photo : Win Net News

Catatan ini jauh diatas capaian gol trio penyerang Real Madrid yang berisikan Benzema, Bale dan Hazard. Ketiganya total baru menyarangkan 15 gol dalam 18 laga. Minimnya peran Bale dan Hazard menjadi penyebab utama trio ini gagal bersaing dengan tiga penyerang utama Barcelona. Wajar jika kemudian Barcelona tercatat sebagai tim tertajam di Liga Spanyol musim ini dengan lesakan 47 gol dalam 18 laga.

Gambaran kondisi diatas dapat menjadi faktor utama yang akan memuluskan jalan Barcelona untuk memenangi kembali Liga Spanyol musim ini. Fans Real Madrid harus banyak-banyak berdoa agar Bale dan Hazard bisa menemukan performa terbaik mereka untuk bisa mengimbangi kerja “one man show” Karim Benzema di lini serang El Real. Meski harus diakui agar sulit mengharapkan hal itu terjadi pada pemain seperti Bale yang terang-terangan menyatakan tidak nyaman di Madrid atau pada Hazard yang masih dalam proses adaptasi dengan tim dan liga yang baru.

Ini pula yang membuat Griezmann relatif lebih cepat memberikan kontribusi di lini serang Barca ketimbang Hazard berkat pengalaman selama beberapa musim mengarungi La Liga bersama Atletico Madrid. Disamping itu, Valverde sudah terbukti bisa mengatasi Zidane dalam pertarungan perebutan gelar juara La Liga pada musim perdananya bersama Barcelona dulu. Atas dasar itu semua, Barcelona punya alasan kuat untuk dijagokan memenangi titel juara Liga Spanyol musim ini. Selamat untuk fans Barca.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.