Gagal Mencegah Bali United Juara, Borneo FC Tidak Siap Menghadapi Tekanan?


Kemenangan telak 4-1 Borneo FC atas Tira Persikabo pada Jumat (6/12/2019) mungkin membuat pendukungnya sedikit berandai-andai. Sekiranya hasil positif itu terjadi di laga-laga sebelumnya maka bisa jadi Borneo FC masih terus menekan Bali United di posisi puncak klasemen Liga 1 2019. Faktanya, disaat bersamaan dengan kemenangan atas Tira Persikabo, Bali United justru imbang dengan Persipura Jayapura.

Ya, hasil minor Borneo FC pada laga-laga sebelum menjamu Tira Persikabo memang terbilang menyedihkan. Tim yang digadang-gadang sebagai penantang utama Bali United berburu gelar juara Liga Indonesia itu malah memperlihatkan inkonsistensi penampilan. Repotnya, ketidakstabilan performa skuad asuhan Mario Gomez justru terjadi di pekan-pekan akhir Liga 1 2019. Sebuah pertanda bahwa Borneo FC tidak memiliki mental baja menghadapi tekanan? Bisa jadi.

Borneo FC berburu posisi Runner Up - Photo : Bola Bisnis

Tengok catatan Soccerway dalam 7 laga terakhir Borneo FC sebelum meraih kemenangan atas Tira Persikabo. Borneo FC melakoni 7 laga dengan hasil 4 kalah, 2 seri dan hanya sekali menang. Tim asal Samarinda itu dipecundangi PSIS, Barito Putera, Persija dan Persela.  Hasil seri didapatkan dari laga melawan Badak Lampung dan PSM. Adapun satu kemenangan Borneo FC diraih di kandang PSS Sleman yang memang terkenal tidak begitu bagus memanfaatkan laga di depan pendukung sendiri.

Teori bahwa Borneo FC tidak kuat menghadapi tekanan mendekati kebenaran karena kemenangan telak 4-1 atas Tira Persikabo diraih setelah Bali United dipastikan menjuarai Liga 1 musim ini. Tanpa tekanan untuk berburu titel juara, Borneo FC yang terpuruk dalam 7 laga sebelumnya langsung meraih kemenangan telak.

Tekanan sejatinya belum benar-benar pergi karena manajemen klub yang berdiri pada 2014 itu kini mencanangkan target runner up Liga 1. Tekanan ditenggarai muncul kembali karena perebutan posisi runner up justru teramat ketat. Borneo FC hanya terpaut 1 poin dengan Persipura dan 2 poin dengan Madura United. Jika masih tidak kuat menghadapi tekanan maka target runner up bisa melayang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.