Kebangetan Kalau Bali United Gagal Juara Liga 1 Musim Ini


Ada apa dengan Bali United? Tim yang sedang berada di posisi terdepan dalam persaingan perebutan gelar juara Liga 1 Indonesia sedang menjalani masa sulit. Irfan Bachdim dkk sudah menjalani 5 laga beruntun tanpa kemenangan. Terhitung sejak ditahan imbang Persela Lamongan 1-1 pada 31 Oktober 2019, Serdadu Tridatu 23 hari tanpa kemenangan di 5 pertandingan Liga 1 2019.

Bali United memimpin klasemen Liga 1 2019 - Photo : Sindonews

Catatan buruk Bali United kian kelam karena dari 5 laga tanpa kemenangan itu, 2 laga terkini bahkan berakhir dengan kekalahan. Rinciannya, Bali United ditahan 1-1 Persela Lamongan, seri 0-0 dengan PSS Sleman, imbang 2-2 dengan Persipura Jayapura dan dalam dua laga terakhir ditaklukkan PSIS serta PSM dengan skor tipis 0-1. Kekalahan terakhir dari PSM pada Sabtu (23/11/2019) makin menegaskan there’s something wrong with this team

Alih-alih mengevaluasi internal tim, pelatih Bali United justru mempermasalahkan kinerja wasit yang dianggap merugikan anak asuhnya. “Pada awal musim Bali United tidak banyak masalah dengan wasit tapi sekarang saat mau juara, wasit banyak salah. Saya tidak mengerti” ujar Stefano Cugurra Teco seperti dikutip dari Tribunnews, Minggu (24/11/2019).

Pelatih yang membawa Persija juara Liga 1 musim lalu itu mencontohkan saat Bali United ditahan Persela, Teco menegaskan seharusnya mereka mendapatkan penalti dan tidak bermain dengan 10 orang akibat kartu merah dari wasit. Pun demikian saat ditahan Persipura, Teco menilai gol balasan tim asuhan Jacksen Tiago offiside. Terakhir, Teco juga beranggapan seharusnya mereka mendapat penalti saat dikalahkan PSM.

Trauma akan kejadian 2017 saat Bali United digelari “juara tanpa mahkota” tampaknya membuat kubu Bali United ekstra waspada terhadap situasi ini. Namun ketimbang mempersoalkan wasit, tim kebanggaan masyarakat Bali itu sebaiknya mengevaluasi juga kinerja mereka di laga tandang karena dari 5 laga beruntun tanpa kemenangan itu, 4 diantaranya terjadi saat Bali United melakoni laga tandang. Sederhananya, Irfan Bachdim dkk memang lemah di laga tandang musim ini.

Stefano Cugurra Teco membawa Persija juara musim lalu - Photo : Bola Com

Soccerway memperlihatkan dari 28 laga yang sudah dijalani, Bali United meraih 12 kemenangan dari 13 laga kandang. Catatan ini berbanding terbalik dengan hanya 5 kemenangan dari 15 laga tandang dimana sisanya berakhir dengan 5 hasil seri dan 5 kekalahan.

Bali United beruntung karena dari 6 laga tersisa, mereka hanya punya dua kewajiban melakoni laga tandang. Meski hal itu juga harus diwaspadai karena mereka akan melawat ke markas Semen Padang yang tengah berjuang menghindari degradasi dan berkunjung ke kandang Arema yang dikenal ramai dengan dukungan suporter Aremania.

Bila bisa memanfaatkan sisa laga kandang dan berhati-hati agar tidak terpeleset pada dua laga tandang sisa, maka Bali United punya kans sangat besar untuk meraih gelar juara Liga 1 2019. Sebabnya tidak lain karena meski sedang dirundung tren buruk tanpa kemenangan dalam 5 laga beruntun, Bali United masih berjarak 12 poin dari peringkat kedua yang dihuni Borneo FC. Jarak yang teramat jauh untuk mengagalkan trofi juara Liga Indonesia mendarat di Bali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.