Akhirnya Terjadi Juga, Sejumlah Laga Liga 1 Ditunda


Hal yang paling ditakutkan dari penyelenggaraan sebuah kompetisi sepakbola adalah kegagalan melaksanakan jadwal pertandingan sesuai dengan rencana. Sayangnya, hal tersebut justru tengah terjadi dalam pelaksanaan Liga 1 Indonesia tahun 2019. Sejumlah pertandingan di kompetisi tertinggi sepakbola nasional mengalami penundaan.

Sejak pekan ke 21, pembatalan laga sudah terjadi. Dilansir dari laman resmi Liga Indonesia, pertandingan Persib Bandung melawan Arema FC yang sedianya dihelat pada 28 September 2019 mengalami penundaan. Kejadian serupa terjadi lagi dalam jumlah lebih banyak pada pekan ke 22. Tiga pertandingan mengalami penundaan yaitu laga Persija Jakarta menjamu Persela Lamongan, Persebaya melawan Borneo FC dan lawatan Bali United ke markas PSIS Semarang.
Sejumlah laga Persija ditunda - Photo taken from Liputan 6
Selesai? Ternyata belum. Per 6 Oktober 2019, laman resmi Liga Indonesia kembali mencantumkan penundaan jadwal pertandingan. Kali ini dua jadwal pekan ke 23 yang mengalami pembatalan yaitu laga Persija Jakarta melawan Borneo FC yang seharusnya dihelat pada 6 Oktober dan laga Persebaya Surabaya, juga melawan tim yang sama yakni Borneo FC pada 11 Oktober.

Situasi dalam negeri yang tengah diwarnai sejumlah aksi demo menjadi alasan utama pihak keamanan tidak menurunkan izin pertandingan. Jumlah pertandingan Liga 1 Indonesia yang mengalami penundaan bahkan bisa saja bertambah di bulan Oktober ini menyusul kebijakan Kepolisian untuk memberikan perhatian ekstra pada kondisi keamanan jelang pelantikan Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2019.

Kita tentu berharap agar kondisi keamanan semakin membaik dan masyarakat bisa kembali menyaksikan hiburan dari lapangan hijau berupa aksi-aksi sepakbola dari klub kesayangan mereka. Jangan sampai terulang kejadian tahun 1998 saat Liga Indonesia diputuskan berhenti di tengah jalan karena kondisi keamanan yang tidak kunjung membaik saat itu.

Tulisan ini juga dimuat di www.pasukanmaung.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.