Tiga Rivalitas Kiper Top Dunia Saat Ini


Posisi kiper dalam sepakbola adalah posisi yang unik. Tidak seperti posisi lain, misalkan pemain bertahan yang biasanya hanya menyediakan 3 sampai 4 slot untuk diisi, atau posisi di tengah dan depan yang menyediakan lebih dari satu tempat untuk dihuni, hanya ada satu “lowongan kerja” untuk posisi kiper dalam 11 starter awal tiap laga.

Keunikan ini membuat persaingan para kiper untuk bisa dipilih menjadi pemain yang berdiri dibawah mistar gawang dalam tiap laga terkadang berlangsung sengit. Makin sengit lagi jika pertaruhannya adalah posisi kiper nomor satu timnas yang prestisius. Kita tentu masih ingat cerita lawas mengenai persaingan Oliver Kahn dan Jens Lehmann berebut posisi kiper timnas Jerman di Piala Dunia 2006.

Kisah serupa berulang lagi dan kali ini melibatkan lebih banyak “kontestan”. Rupanya kemunculan banyak kiper berkualitas di era sepakbola jaman now membuat persaingan perebutan posisi kiper nomor satu di timnas masing-masing semakin menarik untuk didalami. Berikut ini adalah tiga rivalitas perebutan posisi kiper nomor satu timnas yang sedang panas-panasnya.

Timnas Spanyol – David De Gea vs Kepa Arrizabalaga
Setelah pamor Iker Casillas menurun usai jebloknya penampilan tim Matador di Piala Dunia 2014, perlahan tapi pasti nama David De Gea yang memang sudah lama digadang-gadang sebagai kiper nomor satu Spanyol naik pangkat menjadi kiper utama juara Piala Eropa 2012 itu. Terbukti, De Gea adalah pilihan nomor satu timnas Spanyol di ajang Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018

De Gea vs Kepa - Photo taken from Bleacher Report

Sempat terlihat akan aman damai menyandang status kiper nomor satu, kini De Gea mesti mewaspadai sosok Kepa Arrizabalaga. Kiper nomor satu Chelsea ini adalah kandidat kuat pengganti De Gea di bawah mistar gawang bahkan tanpa harus menunggu kiper MU itu menua. Performa Kepa musim lalu bersama Chelsea yang berujung trofi Europa League dan tiket Liga Champions jelas lebih mentereng ketimbang hasil nihil De Gea di Old Trafford.

Saat ini De Gea memang masih menjadi pilihan utama mengawal gawang tim Matador, namun jika tidak kunjung memperlihatkan kiprah positif bersama klub, bukan tidak mungkin Kepa akan menyalip penugasan De Gea di Piala Eropa 2020 nanti. Performa Chelsea dan MU musim ini akan jadi salahsatu indikator kinerja De Gea dan Kepa di bawah mistar gawang.

Timnas Brazil – Alisson Becker vs Ederson
Dua kiper terbaik di Liga Inggris musim lalu dari dua tim yang bersaing ketat dalam perebutan titel juara Premier League Inggris. Itulah gambaran rivalitas Ederson dan Alisson Becker. Bersama Man City, Ederson memenangkan treble winner domestic Inggris sedangkan Alisson membawa Liverpool juara Liga Champions.

Becker vs Ederson - Photo taken from Man City Core

Alisson sejauh ini adalah pilihan utama dibawah mistar gawang tim Samba dan mantan kiper AS Roma itu menjawab tuntas kepercayaan yang diberikan dengan membawa Brazil juara Copa America 2019. Dengan kiprah Alisson yang cemerlang, Ederson tampaknya hanya bisa “berdoa jahat” agar sang rival mengalami cedera. Sesuatu yang kini rutin menerpa Alisson hingga posisinya sebagai kiper utama Liverpool sempat tergantikan. Ederson tentu berharap hal yang sama terjadi di level timnas.

Timnas Jerman – Manuel Neuer vs Marc Ter Stegen
Tim Panser tampaknya senang sekali memperlihatkan rivalitas perebutan posisi kiper nomor satu timnas. Dulu kita mengenai persaingan antara Bodo Illgner dan Andreas Kopke di Piala Dunia 1990. Kopke lantas melanjutkan rivalitas melawan Oliver Kahn di Piala Eropa 1996. Kahn lalu mendapati Lehmann sebagai rivalnya di Piala Dunia 2006. Dan kini rivalitas kembali berulang.

Adalah Manuel Neuer sang pemegang “kekuasaan” yang tengah terusik posisinya oleh Marc Ter Stegen. Semakin matangnya penampilan kiper nomor satu Barcelona itu berbarengan dengan semakin seringnya Neuer memperlihatkan penurunan performa dibawah mistar gawang.

Neuer vs Ter Stegen - Photo taken from Sports Globe

Neuer adalah salahsatu pemain yang dinilai tampil buruk di Piala Dunia 2018. Penampilannya kala itu membuat banyak desakan kepada Joachim Loew agar mulai memikirkan regenerasi posisi kiper dari Neuer kepada Ter Stegen. Untungnya Neuer, Loew sejauh ini belum mengiyakan permintaan tersebut namun jika kiper Bayer Muenchen tersebut tidak segera mengembalikan performa terbaiknya maka boleh jadi Ter Stegen yang akan berada di bawah mistar gawang Jerman pada perhelatan Piala Eropa 2020 nanti.

Inilah tiga rivalitas perebutan kiper nomor satu timnas yang tengah menghangat saat ini. Rivalitas yang menguntungkan bagi timnas negara terkait karena mereka memiliki stock kiper mumpuni. Tidak perlu kuatir jika salahsatu absen karena penggantinya memiliki kualitas setara yang dapat memastikan tidak ada penurunan level di bawah mistar gawang. Beruntunglah Spanyol, Brazil dan Jerman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.