Mengenang Tahun 2017 Sebagai Tahun Terbaik Dalam Sejarah Real Madrid


“Terlalu manis untuk dilupakan, kenangan yang indah bersamamu tinggalah mimpi”. Sepenggal lirik lagu Slank dalam lagu Terlalu Manis adalah teman yang pas bagi fans Real Madrid untuk mengenang salahsatu tahun paling istimewa dalam sejarah panjang klub tersebut. Tahun yang dimaksud adalah tahun 2017.

Tahun tersebut  adalah tahun terindah dan termanis dalam sejarah Real Madrid. Bagaimana tidak? Real Madrid memenangkan lima gelar juara dalam setahun pada tahun itu. Transfermarkt mencatat belum pernah sekalipun dalam sejarah Real Madrid klub tersebut memenangkan gelar juara sampai sebanyak lima kali dalam setahun. Sebuah pencapaian fenomenal yang akan selalu tercatat dengan tinta emas.

Real Madrid juara Liga Champions 2017 - Photo taken from The Financial Express

Kisah spektakuler Real Madrid di tahun 2017 dimulai ketika mereka memenangkan gelar juara La Liga Spanyol. Tim asuhan Zinedine Zidane kala itu menjadi tim yang tajam di lini serang sekaligus tangguh di lini pertahanan. Real Madrid mencetak total 106 gol, hanya kalah tajam dari Barcelona di posisi runner up. Adapun gawang El Real yang dikawal Keylor Navas kebobolan 41 gol, hanya kalah dari Atletico Madrid di posisi ketiga. Ronaldo dkk saat itu menjuarai La Liga Spanyol dengan selisih 3 poin dari Barcelona.

Berhasil mengamankan titel juara La Liga, Real Madrid membuat bangga fans setianya dengan menaklukkan kutukan di Eropa yaitu juara bertahan Liga Champions selalu gagal mempertahankan gelar juara dalam dua musim beruntun. Pada partai final yang berlangsung di Wales, Juventus yang jadi lawan mereka hanya sanggup mengimbangi selama 45 menit babak pertama saja setelah gol Ronaldo disamakan Mario Mandzukic.

Selepas jeda, Real Madrid menggila dan menambah 3 gol dari Ronaldo, Casemiro dan Asensio untuk menutup laga dengan skor telak 4-1. Statistik akhir laga terlihat berat sebelah seperti dicatat Who Scored  dimana Real Madrid unggul penguasaan bola 56 persen dengan total 18 tendangan berbanding 9.

Dua sukses di La Liga dan Liga Champions kemudian berbuah tiket ke laga Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa. Real Madrid beneran menjadi super dalam dua laga itu. Tidak tanggung-tanggung, Real Madrid mengalahkan musuh bebuyutan mereka Barcelona di ajang Piala Super Spanyol dan menaklukkan Manchester United (MU) di Piala Super Eropa.

Ronaldo jadi bintang utama Madrid tahun 2017 - Photo taken from Daily Mail

Dengan Barcelona dan MU saja tidak mampu mencegah tim asuhan Zidane terus meraih gelar juara membuat keikutsertaan Real Madrid di Piala Dunia Antar Klub FIFA pada akhir tahun 2017 seperti hanya formalitas. Benar saja, El Real menjadi juara setelah menaklukkan klub Brazil Gremio 1-0 di partai final yang berlangsung pada 16 Desember 2017 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Gelar juara Piala Dunia Antar Klub FIFA menjadikan tim asuhan Zidane memenangkan lima gelar juara sepanjang tahun 2017. Sebuah pencapaian luar biasa yang mungkin akan sulit diulangi manager dan skuad Madrid di masa depan.Semakin lengkap pencapaian Madrid karena Cristiano Ronaldo, bintang utama Real Madrid kala itu bergelimang penghargaan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA  dan Ballon d’Or 2017.
Pertanyaannya kini adalah, kapan atau lebih tepatnya sanggupkah Real Madrid mengulangi pencapaian ini di waktu mendatang?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.