Jangan Kaget (Lagi) Jika Leicester City Juara Liga Inggris


Keajaiban. Itu kata yang menggambarkan Leicester City. Klub tersebut membuat salahsatu pencapaian ajaib di dunia sepakbola saat menjadi juara Premier League Inggris musim 2015/2016. Tim yang di musim sebelumnya susah payah berjuang lolos dari degradasi membuat publik sepakbola dunia terkaget-kaget dengan keberhasilan menjuarai Liga Inggris di musim berikutnya.

Leicester City bisa mengulangi keajaiban juara Liga Inggris - Photo : Premier League

Kondisi yang berpotensi terjadi lagi musim ini. Wait, wait, ini bukan karena Leicester City baru saja menang telak 9-0 di kandang Southampton. Sebelum laga fenomenal itu, tim asuhan Brendan Rodgers memang sudah memperlihatkan potensi untuk berbuat lebih dari sekedar menembus klasemen papan atas Liga Inggris. Rekaman statistik Jamie Vardy dkk di musim ini memperlihatkan hal tersebut.

Dirangkum dari Who Scored, sampai 10 laga yang sudah dimainkan, Leicester City bertengger di posisi 3 klasemen sementara. Bukan sekedar mejeng di deretan papan atas, Jamie Vardy dkk juga menunjukkan kepantasan berada disana. Leicester terhitung sebagai tim dengan catatan penguasaan bola terbaik ketiga musim ini dengan rataan possession 55,8%. Catatan yang mempengaruhi kinerja lini serang dan pertahanan mereka.

Sampai pekan ke 10 Liga Inggris, Leicester adalah tim dengan lini serang tertajam kedua. Pun demikian dengan lini pertahanan jadi yang terkuat kedua. Leicester juga masuk kedalam lima besar tim dengan jumlah shot per game terbanyak dengan catatan 13,7 shoot.

Semua catatan diatas memperlihatkan sinyal kesiapan Leicester City untuk menapak tilas kisah sukses mereka menjuarai Liga Inggris musim 2015/2016 kala ditangani Claudio Ranieri. Apalagi bersama mereka kini hadir seorang Brendan Rodgers, manager yang nyaris membawa Liverpool juara Liga Inggris musim 2013/2014.

Rodgers yang saat itu beramunisikan jagoan sekelas Luis Suarez, Steven Gerrard, Philippe Coutinho sampai Raheem Sterling hanya berjarak tiga laga untuk membawa The Reds juara Liga Inggris lagi setelah sekian tahun lamanya. Rodgers membimbing Gerrard dkk meninggalkan Man City tertinggal 5 poin dengan kompetisi hanya menyisakan 3 pekan lagi.

Sayangnya takdir berkata lain. Usai kekalahan 0-2 dari Chelsea yang diwarnai “kesialan terbesar Gerrard” saat terpeleset dan kehilangan bola, Liverpool disalip The Citizen yang akhirnya menjadi juara. Brendan Rodgers gagal menorehkan nama dalam sejarah sukses Liverpool dan akhirnya pisah jalan di musim 2015/2016.

Lepas dari Liverpool, Rodgers membangun kembali reputasinya dengan menangani klub raksasa Skotlandia Glasgow Celtic. Dasarnya manager jenius, klub itu dibawanya treble winner domestic dua musim beruntun pada musim 2016/2017 dan 2017/2018 lewat raihan trofi juara Scottish Premiership, Scottish Cup dan Scottish League Cup.

Brendan Rodgers membangkitkan kembali Leicester City - Photo : Last Word on Football

Liga Skotlandia tampaknya terlalu mudah untuk ditaklukkan Rodgers. Usai melakukan “pemanasan” bersama Glasgow Celtic, Rodgers lantas menerima tawaran untuk kembali ke Premier League Inggris pada pertengahan musim 2018/2019, kali ini menangani Leicester City. Dan kita kini bisa melihat bagaimana pria Irlandia Utara itu mengubah wajah klub yang bermarkas di King Power Stadium itu.

The Foxes, julukan Leicester City kini menjelma sebagai salahsatu klub yang berpotensi mengobrak-abrik segala prediksi yang menjagokan Liverpool, Man City sampai Tottenham Hotspurs sebagai kandidat kuat juara Liga Inggris musim ini. Munculnya nama Jamie Vardy dalam daftar pencetak gol terbanyak sejauh ini bak mengulang kisah ketajamannya sebagai striker saat membawa Leicester City membuat keajaiban bersama Claudio Ranieri.

Oleh karenanya, saya sendiri tidak akan kaget (lagi) jika Leicester City beneran mengangkat trofi juara Premier League di akhir musim nanti. Mereka punya manager sekelas Brendan Rodgers dan sejauh ini secara tim Jamie Vardy dkk menunjukkan layak untuk menjadi yang terbaik di Inggris.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.