Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Memang Pantas Dirayakan


Kabar gembira datang bagi persepakbolaan Indonesia. FIFA secara resmi mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021. Indonesia terpilih diantara dua kandidat lain yaitu Brazil dan Peru. Kabar bahagia itu diumumkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino di Shanghai China, Kamis (24/10/2019).

Indonesia tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 - Photo : Bola Net

Berita kedatangan event sekelas Piala Dunia meski di level U20 ke Indonesia pada tahun 2021 kemudian ramai menjadi perbincangan di lini media massa dan media sosial. Semuanya kompak menyambut positif penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah.

Rasanya tidak berlebihan jika euforia kebahagiaan menyelimuti pencinta sepakbola tanah air. Piala Dunia U20 bukan sekedar turnamen dua tahunan level usia muda yang membawa embel-embel “World Cup”. Piala Dunia U20 adalah ajangnya calon bintang sepakbola dunia dan Indonesia sangat beruntung dipilih menjadi “lokasi perilisan” mereka.

Sejumlah bintang sepakbola dunia pernah mentas di turnamen Piala Dunia U20. Sebut saja nama terkenal seperti Diego Maradona, Zvonimir Boban, Marcelo Zalayeta, Pablo Aimar, Javier Saviola sampai mereka yang tetap mendunia sampai hari ini seperti Lionel Messi, Sergio Aguero dan Paul Pogba.

Melihat deretan nama tenar diatas yang menjadi alumnus Piala Dunia U20, wajar saja jika pengumuman Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021 disambut gegap gempita. Publik sepakbola nasional punya kesempatan langka untuk menyaksikan langsung aksi bintang-bintang muda sepakbola dunia atau yang berpotensi mendunia selepas ajang tersebut.

Sebagai gambaran, pada perhelatan Piala Dunia U20 tahun ini di Polandia, sejumlah nama yang beredar disana kini terbilang eksis di sepakbola Eropa. Sebut saja nama Erling Haland. Pencetak gol terbanyak Piala Dunia U20 tahun 2019 dari Norwegia ini sedang jadi buah bibir dan pantauan klub elit Eropa. Ketajamannya di Piala Dunia U20 ternyata bukan sebuah kebetulan. Di Liga Champions musim ini Haland sudah mencetak 6 gol bersama Red Bull Salzburg.

Erling Haaland, top skor Piala Dunia U20 tahun 2019 - Photo : Team Talk

Piala Dunia U20 juga menjadi kesempatan unjuk diri bagi pemain-pemain muda untuk dilirik klub-klub Eropa. Atas dasar ini, bertambah lagi alasan mengapa kita patut bergembira Indonesia menjadi tuan rumah. Indonesia otomatis menjadi peserta turnamen bergengsi tersebut, pemain-pemain muda Indonesia berkesempatan dipantau langsung pemandu dan pencari bakat dari klub-klub Eropa. Momen yang bisa menjadi jalan pesepakbola Indonesia mentas ke Eropa.

Tidak hanya itu, penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia juga dapat menjadi portfolio terbaru bagi bangsa ini dalam menggelar event-event olahraga berkelas dunia. Selepas kesuksesan sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia memang patut percaya diri untuk menjajal peluang penyelenggaraan event lain seperti Olympiade, Piala Asia sampai Piala Dunia. Dan Piala Dunia level U20 ini adalah sebuah test case yang sangat bagus.

Dengan sejumlah catatan diatas, wajar jika kita melihat Piala Dunia U20 sebagai ajang yang istimewa. Oleh karena itulah, persiapan teknis dan non teknis harus dipersiapkan dengan istimewa juga. Karena kita tentu berharap hasil yang istimewa sebagai tuan rumah penyelenggara dan sebagai peserta Piala Dunia U20.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.