Prediksi Tim Lolos Dari Fase Grup Liga Champions

Selasa 17 September 2019, Liga Champions sebagai kasta tertinggi kompetisi antar klub Eropa mulai bergulir lagi. Sebanyak 32 klub kembali berburu trofi bergengsi yang musim lalu dimenangkan oleh Liverpool.
Liverpool juara Liga Champions musim lalu - Photo taken from Talk Sport
Pada saat anda membaca tulisan ini, mungkin laga perdana sudah dilaksanakan di beberapa grup. Meski demikian, rasanya belum terlambat untuk membedah peta persaingan yang bakal terjadi termasuk memprediksi dua klub mana saja dari tiap grup yang akan lolos dari fase ini.

Grup A : PSG, Real Madrid, Club Brugge, Galatasaray
Mudah untuk menempatkan PSG dan Real Madrid sebagai kandidat utama dua klub yang akan lolos dari grup ini. Komposisi skuad PSG yang masih dihuni pemain sekelas Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Angel Di Maria sampai Neymar membuat tim asal Paris ini tidak akan kesulitan untuk sekedar lolos dari fase grup.

Pun demikian halnya dengan Real Madrid. Kehadiran kembali Zinedine Zidane di kursi Peracik Strategi adalah modal utama klub Spanyol itu untuk berbicara banyak di Liga Champions musim ini. Sosok yang membawa Madrid hattrick juara Liga Champions itu dibekali amunisi yang membaik usai kedatangan Eden Hazard di lini serang, sebuah kepingan puzzle pengganti kepergian Cristiano Ronaldo.

Grup B : Bayern Muenchen, Tottenham Hotspur, Olympiacos, Crvena Zvesda
Seperti halnya grup A, mudah untuk menunjuk Bayern dan Spurs yang akan melaju dari grup ini. Meski Bayern tidak sedigdaya era Juup Heynckes dan Pep Guardiola, klub raksasa Jerman itu tidak akan kesulitan untuk sekedar lolos dari grup ini. Demikian juga dengan Runner Up musim lalu, Tottenham Hotspur yang masih mengandalkan Harry Kane, Lucas Moura, Son Heung Min dan Delle Ali. Klub asal London ini bakal bersaing dengan Muenchen untuk posisi juara grup.

Grup C : Man City, Shakhtar Donetsk, Dinamo Zagreb, Atalanta
Rahem Sterling dkk tidak butuh keberuntungan untuk bisa melewati fase grup karena sejatinya kekuatan skuad Jawara Liga Inggris ini bisa menghadapi siapapun. Maka ketika Man City berada segrup dengan Shakhtar, Dinamo dan Atalanta, kita tinggal mencari siapa pendamping tim asuhan Pep Guardiola ini melaju dari fase grup.

Pilihan saya jatuh pada Atalanta. Alasannya? Mungkin ini subjektif tapi keberhasilan klub dengan kostum Copy Paste Inter Milan tersebut menerobos persaingan ke Liga Champions dari kompetisi sekaliber Serie A Italia memperlihatkan bahwa klub ini punya modal untuk bertarung di Eropa. Mungkin tidak akan sampai jadi kuda hitam tetapi sekedar lolos dari fase grup tampaknya bisa dilakoni Atalanta.

Grup D : Juventus, Atletico Madrid, Bayer Leverkusen, Lokomotiv Moskwa
Juventus adalah klub yang sangat mengidam-idamkan sukses di Liga Champions dan mereka sungguh-sungguh berusaha merealisasikannya. Keberadaan Ronaldo dan tambahan Aarom Ramsey, Adrien Rabiot sampai Matthis De Light memperlihatkan hal itu. Kebangetan bila Si Nyonya Tua gagal lolos dari fase grup.

Adapun Atletico dan Bayer Leverkusen akan saling sikut untuk menemani Juve lolos dari fase grup. Atletico adalah favorit dalam hal ini mengingat sosok Diego Simeone punya tuah selalu mampu membawa Atletico melangkah jauh di Liga Champions, apalagi untuk sekedar lolos dari fase grup.

Grup E : Liverpool, Napoli, Salzburg, Genk
Liverpool dan Napoli jadi dua kandidat utama klub yang akan lolos disini. Keduanya bahkan bisa dibilang tinggal bertarung untuk perebutan posisi Juara dan Runner Up Grup. Bukan mengecilkan arti kekuatan Salzburg dan Genk tapi kedalaman kualitas skuad Liverpool dan Napoli memperlihatkan ketimpangan yang nyata.

Liverpool masih diperkuat duo pertahanan terbaik saat ini dalam diri Kiper Alisson dan Bek Virgil Van Dijk serta trio maut penyerangan Firmino Mane dan Salah. Adapun Napoli diarsiteki pelatih berpengalaman sekelas Carlo Ancelotti yang pernah sukses menjuarai Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid. Kombinasi yang mematikan dengan grup pemain bernama Lorenzo Insigne, Dries Mertens, Lozano, Koulibaly dan Jose Callejon.

Grup F : Barcelona, Borussia Dortmund, Inter Milan, Slavia Praha
Ini adalah grup paling ketat di Liga Champions musim ini tapi siapa yang berani mengatakan Barcelona tidak akan lolos dari grup ini? Anak asuh Ernesto Valverde masih diperkuat Lionel Messi and the gank serta kedatangan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Siapa pendamping Barcelona lolos dari grup ini? Dortmund dan Inter akan saling sikut untuk itu namun pilihan saya jatuh pada Inter Milan. Faktor Antonio Conte adalah alasannya. Mantan arsitek Chelsea ini berhasil mengubah cara bermain Inter menjadi lebih baik dan untuk sekedar lolos dari fase grup tampaknya bukan hal yang sulit meski Inter akan mendapati persaingan yang ketat dengan Dortmund.

Grup G : Zenit, Benfica, Lyon, Leipzig
Grup yang paling tidak menarik untuk ditungguin begadang demi bisa nonton siaran langsungnya, itu juga kalau ada TV yang berminat menayangkannya. Disisi lain, persaingan di grup ini terbilang merata meski saya condong menjagokan Benfica dan Lyon yang akan lolos dari grup ini.

Benfica adalah raksasa Portugal selain Porto dan mereka matang pengalaman bertarung di kompetisi Eropa. Pun demikian halnya dengan Lyon, salahsatu klub raksasa dari Prancis.
Ronaldo jadi andalan Juventus untuk menjuarai Liga Champions - Photo taken from Bleacher Report
Grup H : Chelsea, Ajax, Valencia, LOSC
Mungkin tidak ada yang akan membantah jika saya menjagokan Ajax lolos dari grup ini. Klub elit Belanda ini adalah Juara di hati Penggemar Liga Champions musim lalu dan musim ini akan semakin matang. Namun jika saya menyebut Chelsea sebagai klub lain yang akan lolos ketimbang Valencia maka pertanyaan besar akan muncul, kenapa?

Well, Chelsea memang berubah signifikan musim ini. Mereka ditangani Frank Lampard, pelatih yang masih minim pengalaman dan skuad mereka terbatas karena sanksi tidak boleh beraktivitas di bursa transfer. Meski demikian, komposisi The Blues yang masih dihuni pemain sekelas Pedro, Willian, Kante, Giroud, Jorginho dan kemunculan anak muda hebat seperti Mason Mount dan Tammy Abraham lebih dari cukup untuk membawa Chelsea lolos dari grup ini.

Itulah prediksi klub yang akan lolos dari fase grup Liga Champions musim ini. Memang masih terlalu dini untuk menganalisanya tetapi ulasan ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana peta persaingan di tiap grup. Selamat menikmati Liga Champions musim ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.