Inggris Berada Di Jalur Mudah Menuju Final Piala Dunia?

Kekalahan tidak selalu bermakna buruk. Pernyataan ini mungkin sangat diamini fans timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Kekalahan The Three Lions dari Belgia pada laga ketiga fase grup membuat mereka gagal lolos sebagai juara grup. Dunia ternyata belum berakhir karena kelolosan sebagai runner up grup justru menempatkan Inggris pada jalur yang relatif lebih mudah menuju partai puncak Piala Dunia 2018.
Inggris lolos ke perempat final usai menundukkan Kolombia - Photo taken from Indianexpress
Kombinasi hasil-hasil di grup lain membuat Inggris berada dengan tim seperti Spanyol, Kroasia, Rusia, Denmark, Swedia, Swiss dan Kolombia pada jalur menuju partai puncak. Pada jalur ini rasanya hanya Spanyol dan Kroasia yang berpotensi menyulitkan Inggris.

Bandingkan dengan jalur yang diperoleh Belgia. Romelu Lukaku dkk berada di jalur yang sama dengan Prancis, Argentina, Uruguay, Portugal, Brazil, Meksiko dan Jepang. Bisa dibilang ini jalur yang lebih berat berkat keberadaan sejumlah tim dengan sejarah kuat di Piala Dunia ataupun tim dengan skuad sangat mumpuni.

Inggris patut bersyukur karena terhindar berada di satu jalur yang sama dengan Brazil, Argetina dan Portugal. Bukan apa-apa, tiga tim tersebutlah yang menyingkirkan Inggris di Piala Dunia 1998 (kalah lawan Argentina), Piala Dunia 2002 (kalah lawan Brazil) dan Piala Dunia 2006 (kalah lawan Portugal).

Hasil babak 16 besar lantas tidak berbohong. Inggris berhasil lolos ke perempat final usai menundukkan Kolombia. Komposisi tim yang lolos ke fase perempat final juga semakin menguatkan kesan bahwa Inggris berada di jalur mulus menuju partai final. 

Tim asuhan Gareth Southgate akan melawan Swedia di fase perempat final dan jika lolos akan menemui pemenang laga Kroasia dengan tuan rumah Rusia. Yap, kejutan Rusia saat menyingkirkan Spanyol bak menjadi berkah bagi Inggris.

Tanpa mengesampingkan kekuatan Rusia dan Swedia, praktis dijalur Harry Kane dkk hanya Kroasia lah yang benar-benar patut diwaspadai. Kroasia adalah tim yang membantai Argentina 3-0 di fase grup dan dinilai sebagai salahsatu tim dengan lini tengah terbaik saat ini di Eropa. 

Kroasia 2018 bahkan dinilai lebih baik daripada Kroasia 1998, tim terbaik mereka sejauh ini di Piala Dunia yang datang sebagai debutan dan pulang sebagai juara 3 di Piala Dunia Prancis. Melihat jalur lain, Inggris patut bersyukur karena Argentina dan Portugal sudah tersingkir. 

Ancaman memang masih bisa datang dari Brazil dan salahsatu dari Prancis atau Uruguay namun Inggris baru akan bersua dengan mereka di partai final jika Harry Kane terus melaju sampai partai puncak. Setidaknya Inggris hanya perlu memastikan bahwa mereka baru benar-benar mendapati lawan terkuat di partai final.
Inggris punya peluang lolos ke final Piala Dunia 2018 - Photo taken from Money Control
Yah, Inggris perlu memanaskan mesin dulu dari laga ke laga sebelum mendapatkan lawan yang benar-benar kuat di partai final, itu juga dengan catatan Harry Kane dkk bisa lolos dari hadangan Swedia dan pemenang Kroasia melawan Rusia. 

Jika demikian adanya, Inggris di Piala Dunia 2018 seperti menapaktilas perjalanan sukses Portugal saat menjuarai Piala Eropa 2016.  Tim asuhan Fernando Santos (hanya) mendapati Kroasia, Polandia dan Wales di fase gugur sebelum bertemu dengan tim kuat sekaligus tuan rumah Prancis di partai final. Bak menghabiskan seluruh tenaga yang tersisa, Portugal kemudian memenangi final lewat kemenangan di masa perpanjangan waktu.

Inggris sedang berada di jalur yang tepat untuk menuju partai final. Disamping keberadaan dijalur yang “enak”, Inggris juga baru saja melepaskan diri dari kutukan adu penalti usai menang di adu tos-tosan melawan Kolombia. Soccerway mencatat ini merupakan keberhasilan perdana Inggris melewati momen adu penalti usai gagal di Piala Dunia 1990 (lawan Jerman Barat), Piala Dunia 1998 (lawan Argentina) dan Piala Dunia 2006 (lawan Portugal). 

Saat ini bisa dikatakan salahsatu momen terbaik Inggris untuk kembali menjadi juara Piala Dunia dan Inggris harus benar-benar memanfaatkannya dengan baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.