Jadi Cadangan Di Klub Sekarang, Lima Kiper Ini Layak Jadi Calon Pengganti Buffon


Juventus menyelesaikan musim 2017/2018 dengan segudang cerita. Mulai dari yang menyenangkan sampai yang bikin baperan. Cerita menyenangkan tentu seputar keberhasilan Juventus memenangi Scudetto ketujuh beruntun mereka yang disebut-sebut sebagai Scudetto tersulit dari 6 Scudetto sebelumnya. Makin menyenangkan karena Si Nyonya Tua kembali meraih double winner usai menaklukkan perlawanan AC Milan di final Coppa Italia.
Jasper Cillessen lebih baik Ke Juventus daripada jadi cadangan di Barcelona - Photo taken from Daily Mail
Cerita yang bikin baper datang dari kegagalan di Liga Champions. Hasrat meniru aksi ajaib AS Roma menyingkirkan Barcelona nyaris terjadi kala Juventus memainkan leg kedua perempat final di kandang Real Madrid. Hanya “nasib apes” saja yang membuat Juventus tersingkir lewat penalti di akhir babak kedua.

Cerita baper terkini datang dari momen perpisahan dengan kiper legendaris Juventus Gianluigi Buffon. Kiper utama sekaligus kapten Juventus itu menyudahi masa bakti bersama klub yang sudah berjalan selama 17 tahun. Meski memang sudah uzur diusia 40 tahun, tetap saja kepergian Buffon dianggap sebagai sebuah kehilangan bagi Juventini. Buffon boleh jadi sudah tidak sehebat dan segesit dulu tetapi kharismanya di bawah mistar gawang masih yang terbaik di Juventus bahkan di timnas Italia.

"Ada pemain yang setiap hari menunjukkan seperti apa hidup di Juventus. Saya sedih Buffon pergi. Saya sudah bermain dengan banyak pemain juara tetapi Buffon spesial baik di lapangan maupun di luar lapangan" ungkap Medhi Benatia dilasir dari Football Italia. Juventus kini dihadapkan pada tantangan baru untuk mendapatkan pengganti sang kapten.

Wacana mempromosikan Wojciech Szczesny sebagai penerus Buffon sudah sempat memgemuka menimbang aksinya saat melapis Buffon tidak mengecewakan. Meski demikian, petinggi Juventus tampaknya tidak mau menutup pintu terlalu cepat bagi sejumlah pilihan lain. Fakta bahwa sejumlah kiper hebat tersedia di luar sana dan berpotensi untuk didatangkan adalah alasan mengapa Szczesny tidak segera mendapatkan penegasan sebagai suksesor Buffon.

Juventus mungkin akan kesulitan jika ingin mendatangkan kiper-kiper hebat seperti David De Gea, Jan Oblak, Thibaut Courtois atau Allison yang sudah sangat “nyetel” dengan klubnya plus punya harga transfer yang tidak kecil. Atas dasar itu, Allegri bisa saja mengalihkan perhatian pada beberapa kiper dengan skill bagus yang terpinggirkan di klub-klub mapan Eropa..

Mereka adalah sosok-sosok berkualitas di bawah mistar gawang yang sudah “kebelet” mengakhiri masa istirahat di bangku cadangan dan siap dipinang menjadi kiper utama Si Nyonya Tua. Berikut lima nama utama yang menurut saya berpotensi masuk radar pengganti Buffon di Juventus :

Jasper Cillessen
Namanya mencuat sebagai kiper utama Belanda di Piala Dunia 2014 yang sukses mencapai posisi 3 turnamen tersebut. Dirinya lantas mulai digadang-gadang sebagai salahsatu kiper hebat dunia. Keputusannya hengkang ke Barcelona jadi awal malapetaka karir karena di Camp Nou dirinya hanya mampu jadi pelapis Marc Ander Ter Stegen. Dengan kiper asal Jerman itu sukses tampil bagus di bawah mistar gawang, rasanya sulit melihat Cillessen menjadi pilihan utama Barca sehingga hengkang ke Juventus bisa jadi opsi yang menarik.

Claudio Bravo
Kapten timnas Cile ini sudah membuktikan diri sebagai salahsatu kiper hebat saat masih bersama Barcelona dan bersama timnas negaranya. Sayangnya Bravo gagal memukau Guardiola di musim perdana bersama Man City dan akhirnya kehilangan tempat digeser Ederson. Mendapatkan Bravo bakal jadi sesuatu yang positif bagi Juve mengingat kiper ini sudah matang sebagai penjaga gawang sekaligus sosok pemimpin di lini belakang.

Simon Mignolet
Mignolet punya pengalaman membela klub sebesar Liverpool - Photo taken from Express
Tidak ada prestasi yang hebat dari kiper Belgia ini namun posisinya sebagai kiper utama Liverpool selama beberapa waktu sebelum disingkirkan Loris Karius niscaya menjadi catatan CV yang menarik untuk menjadikannya sebagai sosok utama di bawah mistar gawang Juventus.

Sergio Romero
Kiper timnas Argentina ini mungkin “ketiban sial” berada satu tim dengan David De Gea. Prestasinya membawa tim Tango menembus partai final Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan 2016 serta memenangkan Europa League tahun lalu bersama MU bak tidak berbekas.
Orang-orang seperti lupa bahwa kiper ini dicatat Transfermarkt pernah menjuarai liga belanda bersama tim sekelas AZ Alkmaar dan untuk itu semoga petinggi Juventus cukup jeli melihat bahwa Romero punya kapabilitas menjadi penerus Buffon

Davide Ospina
Kiper timnas Kolombia ini berbagi tempat dengan Petr Cech di Arsenal. Situasinya di The Gunners akan sangat bergantung pada siapa yang jadi pilihan utama arsitek anyar Arsenal nanti. Meski demikian jika Juventus datang memberikan penawaran, rasanya Ospina tidak akan keberatan untuk menerimanya.

Lima nama diatas bisa masuk dalam radar petinggi Juventus saat mencari pengganti Buffon. Kelimanya punya potensi menjadi kiper andalan di bawah mistar gawang raksasa Italia itu. Satu hal yang pasti bahwa siapapun yang mendarat ke Juventus nantinya harus siap mendapati tekanan menggantikan sosok sehebat Gianluigi Buffon. Seperti kata Benatia kepada Sky Sport Italia "Kepergian Buffon benar-benar meninggalkan lubang besar di Juventus". Yap, pengganti Buffon nanti punya tantangan luar biasa untuk menutup lubang itu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.