Wenger Dan Arsenal Seharusnya Sudah Pisah Jalan Tahun Lalu

Di kubu Arsenal saat ini boleh jadi terdapat dua pihak yang menyesali keputusan mereka tahun lalu. Pihak pertama adalah manajemen The Gunners dan pihak kedua adalah Arsene Wenger. Perpanjangan kontrak The Professor menjadi dasar penyesalan tersebut.
Wenger sudah tidak sanggup menangani Arsenal - Photo by GiveMeSport
Manajemen Arsenal sekarang mungkin menyesali mengapa mereka menawarkan perpanjangan kontrak pada Arsene Wenger. Manager asal Prancis itu memang berhasil mengakhiri musim lalu dengan raihan trofi FA Cup namun untuk kali pertama sejak kedatangan Wenger tim itu gagal mentas di Liga Champions.

Trofi FA Cup yang diraih dengan menundukkan Chelsea, juara Liga Inggris yang sedang on fire bersama Antonio Conte dipandang sebagai sinyal kesanggupan Wenger untuk terus membawa Arsenal kompetitif di Liga Inggris. Kegagalan lolos ke Liga Champions saat itu dinilai sebagai pelajaran berharga yang meski pahit akan mendewasakan skuad Arsene Wenger.

Namun ternyata harapan jauh dari kenyataan. Arsenal musim ini bahkan hancur lebih lebur ditangan Arsene Wenger. Jika musim lalu The Gunners masih bisa menyelamatkan musim dengan raihan trofi FA Cup maka musim ini bisa dibilang tidak ada yang bisa menyelamatkan musim Arsenal.

Mesut Ozil dkk sudah tercecer di posisi 6 klasemen dan sudah tertinggal 10 poin dari Tottenham Hotspur di posisi 4, tempat terakhir untuk merebut tiket ke Liga Champions. Dengan sisa 10 pekan, hanya keajaiban yang bisa membantu Arsenal merangsek ke posisi tersebut.

Masalahnya, Arsenal ditangan Wenger saat ini sulit diharapkan mewujudkan keajaiban tersebut. Menduetkan kembali Aubameyang dan Mkhitaryan yang tokcer di Borussia Dortmund ternyata tidak banyak membantu sejauh ini. Arsenal gagal memenangkan satu trofi yang paling mungkin mereka menangkan usai takluk 0-3 di final Piala Liga Inggris dari Man City.

Tercecer di posisi 6 Liga Inggris bahkan bisa membuat Arsenal sama sekali tidak berkompetisi di Eropa musim depan jika dalam 10 laga tersisa mereka tidak segera memperbaiki diri. Tim-tim lain yang berada dibawahnya siap setiap saat untuk menyalip Mesut Ozil dkk.

Setelah tersingkir secara mengejutkan dari Nottingham Forest di FA Cup, Arsenal juga ketiban sial diundi bertemu dengan AC Milan yang tengah menanjak bersama Gennaro Gattuso di babak 16 besar Liga Europa. Pantas saja jika fans Arsenal sudah membayangkan akhir musim tanpa kebanggaan apapun dari tim kesayangan mereka nanti.

Pemandangan kursi kosong dimana-mana saat Arsenal kalah 0-3 dari Man City di Emirates Stadium pada Jumat (2/3/2018) dini hari WIB jadi saksi kegeraman fans Arsenal pada kinerja tim mereka musim ini. Pemandangan yang dulu tidak pernah terbayangkan saat manajemen Arsenal menawarkan perpanjangan kontrak kepada Arsene Wenger. Bohong kalau hari ini mereka tidak menyesal sudah membiarkan Wenger tetap berada di markas The Gunners.

Mungkin sama menyesalnya dengan seorang Arsene Wenger. Keputusannya meneruskan menangani Arsenal boleh dibilang menjadi keputusan yang keliru. Wenger mungkin berpikir bisa membangkitkan Arsenal dengan modal euforia juara FA Cup musim lalu tetapi faktanya The Gunners tidak bisa berbuat banyak musim ini.
Wenger seharusnya berhenti menangani Arsenal musim lalu - Photo by Zee News
Trofi FA Cup sejatinya bisa menjadi perpisahan yang manis untuk Wenger jika tahun lalu dirinya memutuskan untuk tidak menerima perpanjangan kontrak. Pergi dengan sebuah trofi juara meski hanya FA Cup rasanya jauh lebih baik ketimbang kini dirinya terancam dipecat.

Mungkin kata pemecatan terdengar kasar menimbang apa yang sudah diberikan pria Prancis itu pada Arsenal selama 21 tahun tetapi begitulah kehidupan. “Wenger adalah legenda, bukan hanya untuk Arsenal melainkan juga buat sepakbola Inggris. Tapi Arsenal harus melakukan perubahan. Itu mesti dilakukan” ujar mantan bek Liverpool Jamie Carragher menanggapi situasi Wenger seperti dilansir dari Mirror.

Ya. Cepat atau lambat rasanya Arsenal akan memberhentikan Wenger. Sesuatu yang seharusnya sudah mereka lakukan saat Arsenal menjuarai FA Cup musim lalu. Jika itu yang mereka putuskan maka Wenger pun bisa berlalu dari sejarah Arsenal dengan kepala tegak karena pergi dengan sumbangan gelar juara. Bukan seperti sekarang saat dirinya tampak tidak berharga dimata fans. Kasihan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.