Satu Lagi Bukti Bahwa Ronaldo Lebih Baik Daripada Messi

Kita berada pada masa dimana dua pesepakbola terbaik dunia berada pada era yang sama. Sehebat-hebatnya persaingan Maradona dan Pele sebagai pemain terbaik sepanjang masa, perdebatan mengenai siapa yang paling hebat diantara keduanya akan mudah menemui titik pemberhentian pada kalimat “kedua pemain ini berada pada era yang berbeda, tidak bisa dibandingkan”.
Ronaldo mencetak gol ke 300 di La Liga - Photo by Free Malaysia Today
Menjadi lain ceritanya ketika kita berdebat mengenai siapa yang paling hebat antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Membandingkan dua pemain terbaik dunia ini bak perjalanan panjang tanpa tahu dimana akan berhenti. Fakta bahwa keduanya beraksi pada era yang sama menjadikan perdebatan semakin seru karena akan selalu terdapat data yang revelan untuk saling mengungguli satu sama lain.

Seperti halnya dengan data terbaru yang lahir dari kemenangan Real Madrid atas Getafe dengan skor 3-1 pada Minggu (4/3/2018) dini hari WIB. Dua gol Ronaldo pada laga yang dilangsungkan di Santiago Bernabeu itu memunculkan satu catatan rekor yang niscaya bikin sumringah fans CR7 untuk jadi senjata dihadapan fans Lionel Messi.

Gol pertama Ronaldo ke gawang Getafe pada laga tersebut dicatat Opta sebagai gol ke 300 kapten timnas Portugal itu di kompetisi La Liga Spanyol. Ronaldo memang terlambat mencapai jumlah gol tersebut jika dibandingkan Messi yang meraihnya pada Februari 2016, tetapi data jumlah laga yang lebih sedikit untuk Ronaldo mencapai 300 gol tersebut menjadi satu lagi bukti bahwa Ronaldo lebih baik daripada Messi.

Opta mencatat Lionel Messi membutuhkan 334 laga untuk mencetak gol ke 300 di La Liga Spanyol. Adapun Ronaldo hanya butuh 48 laga lebih sedikit atau 286 pertandingan untuk mencetak 300 gol. Suka atau tidak suka, sulit untuk menyangkal dari data statistik ini bahwa Ronaldo lebih efektif dan tajam di depan gawang lawan ketimbang Messi.

Sebagai catatan, Lionel Messi memulai caps nya di tim senior Barcelona pada musim 2004/2005 dengan melahap 7 pertandingan di Liga Spanyol pada musim debutnya. Setelah musim 2005/2006 saat dirinya membawa Barcelona juara La Liga dan Liga Champions, jumlah laga Messi di La Liga selalu diatas angka 25. Selepas musim 2007/2008 Messi bahkan selalu bermain lebih dari 30 laga di Liga Spanyol. Artinya Messi punya modal jumlah laga yang cukup untuk bikin gol sebanyak-banyaknya di La Liga.
Ronaldo lebih efektif daripada Messi - Photo by Bleacher Report
Catatan Messi diatas jika dibandingkan dengan rekam jejak Ronaldo di kompetisi La Liga semakin memperlihatkan bahwa dari sisi 300 gol dan jumlah partisipasi di La Liga, Ronaldo better than Messi. Soccerway mencatat Ronaldo baru datang ke Spanyol pada musim 2009/2010 atau pada saat Messi sudah menjalani 4 musim di tim senior Barcelona.

Ronaldo datang ke Real Madrid saat Messi sudah melahap 78 laga di Liga Spanyol dengan raihan 31 gol. Tertinggal 31 gol, Ronaldo lantas tancap gas dan terus mencetak gol bagi Madrid. Fakta lantas berbicara jika Messi butuh 13 musim untuk mencapai gol ke 300 maka Ronaldo hanya butuh 9 musim untuk mencapai jumlah gol 300.

Nah, data-data ini jelas menunjukkan bahwa Ronaldo memang lebih baik daripada Messi. Sekali lagi, ini jika merujuk pada data pencapaian 300 gol yang dilesakkan kedua pemain hebat ini. Fans Messi suka tidak suka harus bisa ikhlas menerima bahwa data statistik tersebut menjadi satu lagi bukti bahwa Ronaldo lebih baik daripada Messi. Ikhlas yah 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.