Salah Memang Hebat Tapi Belum Lebih Baik Daripada Messi Dan Ronaldo

Bukan Eden Hazard, bukan Sergio Aguero, Harry Kane atau Paulo Dybala pemain yang mampu bersaing dengan dua pemain terbaik dunia saat ini. Adalah Mohamed Salah yang musim ini muncul kepermukaan untuk menyaingi hegemoni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.
Mohamed Salah bermain luar biasa musim ini - Photo from Talk Sport
Mohamed Salah yang merupakan mantan pemain Chelsea dan AS Roma itu bersaing ketat dengan dua pemain yang seakan tidak tersentuh kehebatannya oleh pesepakbola lain saat ini dimuka bumi. Penyerang anyar Liverpool tersebut membuat catatan gol dan assist yang luar biasa di kompetisi domestik serta Eropa.

Kinerja hebat pemain timnas Mesir itu lantas dibanding-bandingkan dengan performa Messi dan Ronaldo. Yah hari ini siapa lagi pemain yang dijadikan patokan jika seorang pesepakbola ingin dikatakan hebat selain dua pemain itu. Pertanyaannya, benarkah Salah lebih baik daripada Messi dan Ronaldo atau setidaknya benar-benar mendekati kehebatan dua pemain fenomenal tersebut?

Who Scored memperlihatkan jumlah gol yang sudah dilesakkan Mohamed Salah di Liga Inggris musim ini sebanyak 28 gol. Catatan ini lebih baik daripada jumlah 25 gol Messi dan 22 gol Ronaldo di La Liga Spanyol. Salah lebih baik? Tidak juga.

Penyerang anyar Liverpool itu melesakkan 28 gol dalam 30 laga yang sudah dimainkannya sedangkan Messi membuat 25 gol dalam 28 laga alias 2 laga lebih sedikit. Pun demikian dengan Ronaldo yang melesakkan 22 gol dalam 23 penampilan alias 7 laga lebih sedikit.

Dari catatan ini kita bisa melihat bahwa efektivitas mencetak gol masih menjadi milik Messi dan Ronaldo. Keduanya bisa saja mencetak gol lebih banyak daripada Salah ketika argo penampilannya di liga domestik sudah mencapai jumlah 30 laga . Rasanya bukan hal yang sulit bagi Messi mengejar ketinggalan 2 gol hanya dalam 2 laga atau Ronaldo menghilangkan selisih 8 gol dalam 7 laga.

Meski demikian, kinerja Mohamed Salah di Liga Champions masih bisa diacungi jempol JIKA dibandingkan dengan perfoma Messi. Salah dicatat Who Scored memiliki catatan statistik yang sama dengan Messi alias sama-sama mencetak 6 gol.

Cerita menjadi berubah jika Salah disandingkan dengan Ronaldo. Kapten timnas Portugal itu sudah melesakkan 12 gol dalam 8 laga alias dua kali lipat lebih banyak dari gol Salah di Liga Champions musim ini.

Catatan-catatan diatas bagi kami memperlihatkan bahwa Mohamed Salah boleh jadi menampilkan performa luar biasa namun sejatinya belum lebih baik daripada Messi dan Ronaldo. Jika acuannya pada jumlah gol yang sudah dihasilkan, Salah “hanya beruntung” sudah memainkan jumlah laga yang lebih banyak.

Meski demikian kami tidak menyangkal bahwa Salah memang menjadi fenomena musim ini. Pemain yang tadinya tidak begitu terekspos untuk bersaing dengan Messi dan Ronaldo kini mencuat sebagai nama baru pesaing dua pemain terbaik dunia itu.

Kini yang bisa dilakukan Salah untuk membuktikan bahwa dirinya adalah One of The Best Football Player In The World adalah mempersembahkan trofi juara kepada klubnya. Inilah yang dilakukan Messi pada Barcelona dan Ronaldo pada Real Madrid. Yap, apa juga gunanya talenta hebat jika tidak memberikan kesuksesan bagi klub.
Liverpool menunggu trofi juara dari Salah - Photo from Metro
Hal lain yang harus dilakukan Salah adalah memperlihatkan konsistensi permainan alias tidak menjadi One Hit Wonder, hebat musim ini tetapi melempem di musim berikutnya. “Messi sudah melakukan (kinerja hebat) selama bertahun-tahun. Jika (Salah) tetap melakukan (kinerja hebat) maka dia akan berada di jajaran (pemain terbaik dunia). Dia harus terus melakukannya” ujar Andy Robertson, rekan setim Mohamed Salah di Liverpool dilansir dari Sportskeeda

Benar. Konsistensi adalah hal yang ditunggu dari Mohamed Salah. Ronaldo dan Messi sudah menunjukkan bagaimana konsistensi mereka terus menjaga performa di puncak berbuah hegemoni pemain terbaik dunia sejak tahun 2008. Jika Salah bisa mengulangi yang dilakukannya musim ini dan bahkan lebih baik lagi di tahun-tahu berikutnya, maka hegemoni Ronaldo dan Messi boleh jadi sudah menemukan sosok pendobraknya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.