Para Pemburu Treble Winner Musim Ini - Edisi Barcelona

Setelah sebelumnya kami mengulas perjalanan Juventus berburu treble winner musim ini, sekarang kami akan mengulas kiprah tim yang sudah terbiasa meraih 3 gelar juara dalam semusim. Tim yang kami maksud adalah Barcelona. Ya, raksasa La Liga Spanyol tersebut memang sudah tidak asing lagi dengan capaian 3 gelar dalam semusim.
Messi dan Suarez sudah pernah meraih treble winner - Photo from Yahoo Sport
Barcelona sudah pernah merasakan dua kali nikmatnya meraih status treble winner. Keberhasilan pertama diperoleh pada musim 2008/2009 bersama Pep Guardiola. Hebatnya, itu adalah musim perdana Guardiola menangani tim senior Barcelona. Serunya lagi, treble winner itu berlanjut dengan tim legendaris Guardiola menyapu seluruh gelar yang mungkin diraih dalam setahun. Pantas jika kemudian Barcelona era Pep Guardiola dianggap sebagai tim Barcelona terbaik sepanjang masa.

Keberhasilan kedua Barcelona berstatus treble winner terjadi saat mereka ditangani Luis Enrique. Tim yang memunculkan trio penyerang latin nan dahsyat dalam diri Messi Suarez dan Neymar itu menggenapi koleksi 3 gelar dalam semusim usai menundukkan Juventus di partai final Liga Champions musim 2014/2015. Hasil itu memupus upaya Juventus yang sebenarnya juga berburu treble winner.

Jika pencapaian treble winner terasa istimewa bagi klub lain karena sulitnya mencapai prestasi 3 trofi juara dalam semusim, maka di tangan Barcelona capaian tersebut seperti menjadi biasa-biasa saja. Dua kali mereka berstatus treble winner membuktikan Barcelona bisa setiap musim melakukannya jika waktu dan kondisi memungkinkan.

Seperti halnya musim ini dimana Barcelona tengah melaju mulus di musim perdana bersama Ernesto Valverde. Lionel Messi dkk bisa dikatakan sudah separuh jalan memenangi trofi juara La Liga Spanyol. Dengan sisa 9 laga lagi, Barcelona nyaman berada di puncak klasemen lewat selisih 11 poin dengan Atletico Madrid di posisi kedua. Rasanya hanya “kesialan tingkat Dewa” yang bisa bikin Barca gagal juara La Liga.

Superioritas rival Real Madrid itu di kompetisi domestik musim ini sangat terasa. Barcelona belum terkalahkan dalam 29 laga Liga Spanyol dan berpotensi mencatatkan sebuah pencapaian istimewa yaitu menjadi juara La Liga tanpa sekalipun kalah.  Wajar jika kemudian Barcelona era Valverde digadang-gadang punya potensi meraih treble winner di akhir musim.

“Saya tidak takut kalau orang-orang meminta kami memenangi treble karena memang ada sebuah peluang” ujar Valverde di ESPNFC. Juru taktik Barcelona itu benar, mereka punya peluang untuk mewujudkan treble winner musim ini.

Jika Barcelona sudah terhitung aman di La Liga maka demikian juga adanya dengan kiprah Barca di ajang Copa Del Rey. Di kompetisi tersebut Messi dkk sudah berada di fase final dan akan berhadapan dengan Sevilla. Hmmm, bukan lawan yang ringan tetapi prediksinya jelas akan dimenangkan oleh Barcelona.

Tantangan terberat bagi Barcelona mewujudkan treble winner adalah soal menaklukkan Liga Champions musim ini. Di kompetisi elit antar klub Eropa itu terdapat lawan-lawan yang berpotensi menaklukkan Messi dkk.
Barcelona berburu treble winner musim ini - Photo from Everything Barca
Sebut saja Man City yang ditukangi mantan mereka Pep Guardiola. The Citizen dimusim kedua Guardiola menjelma menjadi Barcelona versi Liga Inggris, tentu dengan versi yang lebih baik menurut fans Man City. Pertemuan Barcelona dengan Man City bakal jadi satu partai yang dinantikan di Liga Champions musim ini.

Sama halnya dengan menantikan kemungkinan El Clasico tersaji di Eropa musim ini. Yap, Real Madrid boleh saja kalah bersaing dengan Barca di kompetisi domestik tetapi El Real adalah raja di Liga Champions dalam dua musim terakhir. Bukan hal yang mudah untuk menaklukkan Madrid di ajang yang seperti sudah menjadi taman bermain mereka ini.

Bukan hanya dari Man City dan Real Madrid saja, klub lain seperti Bayern Munich dan Liverpool yang punya sejarah bagus di Liga Champions juga punya peluang memupus impian treble winner Barcelona. Sederhananya, Barcelona mungkin bisa santai di dalam negeri untuk mengamankan dua trofi tetapi butuh ekstra kerja keras untuk menaklukkan Eropa musim ini. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.