Man City Bisa Memilih Jadi Juara Liga Inggris Dalam Derby Manchester

Ada satu hal yang bisa ditarik kesimpulan dari akhir pekan di Liga Inggris kemarin. Laga antara juara bertahan Chelsea melawan calon kuat juara baru yang dimenangkan Man City menunjukkan satu hal bahwa Liga Inggris tinggal menunggu ketuk palu saja untuk menasbihkan sang juara musim ini. “Kami butuh empat kemenangan untuk menjadi juara” ujar Pep Guardiola kepada BBC Sport
Man City butuh 4 kemenangan lagi untuk juara - Photo by Talk Sport
Benar. Terlepas dari hasil laga ke 29 MU yang berhadapan dengan Crystal Palace, tim asuhan Pep Guardiola sudah terlalu jauh untuk dikejar lawan-lawannya. Sergio Aguero dkk memuncaki klasemen sementara dengan raihan poin 78 atau berselisih 18 poin dengan Liverpool di posisi kedua. Kalaupun MU bisa memenangi laga pekan ke 29 melawan Crystal Palace, tim asuhan Jose Mourinho masih tertinggal 16 poin. Ini jika MU menang yah karena tulisan ini kami buat saat MU belum melakoni laga penutup pekan ke 29 tersebut.

Dengan selisih poin sebanyak 16 angka, MU mesti berharap keajaiban (atau nasib sial untuk Man City) berupa kekalahan sebanyak 5 kali dan sekali hasil imbang dalam 9 pekan tersisa. Jelas sebuah harapan yang terlampau muluk-muluk jika melihat bagaimana tim seperti Arsenal dan Chelsea yang diharapkan bisa menghambat laju The Citizen takluk tanpa perlawanan berarti.

Man City kini hanya butuh 4 kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara. Dalam 9 laga tersisa, Sergio Aguero dkk akan melawan Stoke, Brighton, Everton, MU, Tottenham Hotspur, Swansea, West Ham, Huddersfield dan Southampton. Merujuk pada lawan-lawan tersebut, rasanya hanya Spurs dan MU saja yang masih bisa diharapkan menahan laju Man City menuju tangga juara.

Serunya, jika tim asuhan Pep Guardiola bisa melalui tiga laga sebelum derby Manchester dengan kemenangan, prosesi juara bisa saja terjadi ketika Man City melakoni duel melawan MU. Stoke, Brighton dan Everton yang menghadang sebelum Man City bertemu jadwal derby Manchester kemungkinan besar tidak kuasa mencegah Sergio Aguero dkk meraup 3 poin penuh.

“Sekarang nasib kami ada di tangan kami sendiri” ujar Guardiola masih kepada BBC Sport. Pelatih asal Spanyol itu paham bahwa mereka memang sangat berada di atas angin. Bahkan saking sudah teramat diatas angin (duileee bahasanya), Man City bisa saja mengupayakan pesta juara yang sempurna berupa kemenangan dalam laga derby di kandang sendiri melawan rival mereka MU.
Pep Guardiola semakin mendekati gelar juara Liga Inggris pertamanya - Photo by The Irish Times
Dengan hanya butuh 4 kemenangan lagi untuk menjadi juara Premier League Inggris, kemenangan keempat yang dibutuhkan Man City bisa terjadi saat derby Manchester. Kemungkinan tersebut sangat mungkin terealisasi mengingat laga tersebut akan dihelat di kandang Man City. Jika dikandang MU saja Man City bisa meraih kemenangan pada pertemuan pertama, maka sulit berharap MU bisa menahan The Citizen di kandangnya.

MU sendiri setelah melawan Crystal Palace akan melakoni laga berhadapan dengan Liverpool, West Ham dan Swansea. Jika segalanya berjalan mulus, dimana MU bisa mengalahkan West Ham, Swansea dan terutama Liverpool, maka laga derby MU melawat ke markas Man City nanti benar-benar menjadi laga yang sangat menarik untuk disaksikan.

Man City akan melakoni laga yang dijadwalkan pada 7 April 2018 itu untuk memastikan momen juara yang akan selalu dikenang berupa kemenangan atas MU di laga derby. Sebaliknya MU tentu akan berusaha sebisa mungkin agar pesta juara itu tertunda dan jangan sampai terjadi di depan mata kepala mereka. Seru!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.