Mampukah Barcelona Menjadi Juara La Liga Spanyol Tanpa Terkalahkan?

Barcelona sudah semakin mendekati gelar juara La Liga Spanyol musim 2017/2018. Lionel Messi dkk tampak nyaman bertengger di posisi puncak klasemen sampai pekan ke 28 Liga Spanyol. Barca berselisih 8 poin dengan Atletico Madrid di posisi kedua dan dengan Liga Spanyol hanya menyisakan 10 laga lagi, satu tangan Barcelona sudah berada di trofi juara.
Barcelona belum kalah sekalipun di La Liga musim ini - Photo from Daily Mail
Perbedaan selisih 8 poin membuat Atletico Madrid kini mengharapkan keajaiban berupa setidaknya dua kekalahan dan satu hasil seri menimpa Barcelona di sisa 10 laga. Sesuatu yang mungkin hanya terjadi di mimpi terindah fans Antonie Griezmann dkk dan terlintas dalam mimpi terburuk fans Barcelona. Fans Real Madrid dalam hal ini hanya bisa gigit jari melihat tidur nyenyak dan pulas dua klub tersebut.
Tidak hanya terlalu jauh untuk dikejar Atletico, Barcelona juga sedang menapaki jalan untuk menjadi juara dengan sebuah catatan istimewa yaitu memenangi gelar juara La Liga Spanyol tanpa sekalipun merasakan kekalahan. Terdengar bombastis? Tidak juga, karena jalan Barcelona mencapai hal itu terbuka lebar. Messi dkk saat ini belum tersentuh kekalahan di La Liga dan sepertinya masih akan terus seperti itu.

Sisa 10 laga yang akan dilakoni tim asuhan Ernesto Valverde masuk dalam kategori laga yang berpeluang dimenangkan Barcelona. Bahkan walaupun Messi dkk masih akan bertemu dengan tim sekelas Sevilla, Valencia, Villarreal dan Real Madrid, peluang menjadi juara tanpa kalah sama sekali masih terbuka.

Di luar Sevilla, Valencia, Villarreal dan Real Madrid, Barcelona hanya akan bertarung melawan Athletic Bilbao, Leganes, Celta Vigo, Deportivo La Coruna, Levante dan Real Sociedad. Keenam klub ini diatas kertas bisa ditaklukkan Barcelona. Bukan hanya karena level yang berbeda tetapi data fakta terbaru musim ini menunjukkan hal tersebut.

Who Scored mencatat dalam pertemuan pertama dengan keenam klub tersebut musim ini, Barcelona meraih hasil nyaris sempurna. Rinciannya Messi dkk mengalahkan Athletic Bilbao 2-0, Leganes 3-0, Deportivo La Coruna 4-0, Levante 3-0, Real Sociedad 4-2 dan imbang 2-2 dengan Celta Vigo.
Hanya Celta Vigo yang mampu menahan 2-2 Barcelona di Camp Nou. Meski pertemuan kedua nanti akan berlangsung di markas Celta Vigo, kadar favoritisme Barca tidak lantas berkurang karena Celta Vigo yang saat ini berada di posisi 10 sedang tidak stabil. Klub tersebut hanya meraih 2 kemenangan dalam 6 laga terakhir dan menderita 3 kekalahan serta 1 seri. Hasil terbaik bagi Celta Vigo nanti mungkin sebatas menahan seri kembali Messi dkk.

Bukan perkara yang berat-berat amat untuk Barca meraih kemenangan atau setidaknya menjaga diri tidak kalah melawan enam klub diatas. Hal serupa juga berlaku saat Barca meladeni pertemuan kedua dengan tim yang lebih alot seperti Sevilla, Valencia, Villarreal dan Real Madrid.
Coutinho bisa langsung merasakan gelar juara perdana bersama Barca - Photo from Daily Star
Pada pertemuan pertama musim ini Barcelona mengalahkan Sevilla 2-1, Villarreal 2-0, Real Madrid 3-0 dan seri 1-1 dengan Valencia. Hasil imbang melawan Valencia terjadi di kandang tim Kelelawar tersebut pada sebuah laga kontroversial yang seharusnya dimenangkan Barcelona. Dengan Barcelona ganti menjamu Valencia di pertemuan kedua maka peluang Barcelona meraup poin penuh semakin besar.
Kondisi yang sama juga bakal terjadi pada laga El Clasico melawan Real Madrid. Barcelona beruntung karena laga akan digelar di Camp Nou markas mereka. Jika musim ini dikandang sendiri saja Madrid dihajar 3-0 maka bisa apa tim asuhan Zidane di kandang Barca?

Semua catatan diatas memperlihatkan bahwa sisa-sisa lawan Barcelona diatas kertas bisa ditaklukkan Messi dkk. Hasil terburuk bisa saja terjadi tetapi rasanya hanya sebatas imbang. Dengan demikian Barcelona sangat berpeluang mengukir catatan istimewa musim ini yaitu meraih gelar juara La Liga Spanyol tanpa sekalipun menderita kekalahan. Bisa Barca?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.