Juventus Patut Berterimakasih Pada Alisson Becker


Napoli terancam disalip Juventus dari posisi puncak klasemen Serie A Italia. Kombinasi kekalahan 2-4 Napoli dikandang sendiri dari AS Roma dan kemenangan 1-0 Juventus di kandang Lazio membuat kedua tim hanya terpaut satu poin. Juventus dalam hal ini sangat diuntungkan karena masih memiliki satu laga sisa.
Alisson Becker bikin frustasi Napoli - Photo by Daily Mail
Jika sampai tim asuhan Massimiliano Allegri berhasil memanfaatkan satu laga sisa itu untuk menyalip Napoli maka Marek Hamsik dkk patut merutuki kegagalan mereka menundukkan AS Roma dikandang sendiri. Napoli sejatinya sudah hanya fokus ke Liga Italia sehingga kekalahan ini, terlebih di kandang sendiri seharusnya tidak terjadi.

“Kami tidak beruntung. Saya ingin melihat lagi pertandingannya karena dari pinggir lapangan saya merasa kami mengendalikan laga sepenuhnya dan menyerang secara konstan. Kami harus mencari tahu mengapa Roma mencetak banyak gol” ujar Maurizio Sarri mengomentari kekalahan Napoli seperti dilansir dari Football Italia.

Well, juru taktik Napoli itu tidak perlu bingung mencari tahu mengapa 4 gol bisa bersarang ke gawang Pepe Reina. Sarri lebih baik memikirkan mengapa hanya 2 gol yang bisa dilesakkan dari 13 tembakan yang mengarah ke gawang Roma. Poin ini yang lebih pantas untuk disesali.

Yap, jika ada pemain AS Roma yang bikin frustasi Napoli maka pemain itu adalah kiper yang mengawal gawang Serigala Ibukota. ESPN mencatat Napoli bermain sangat dominan kala menjamu Roma dengan melepaskan 26 tembakan dimana 13 mengarah ke gawang.

Hebatnya, Alisson Becker melakukan 12 penyelamatan untuk menghindarkan tim asuhan Eusebio Di Francesco dari kebobolan lebih banyak. Alisson seperti membayar tuntas kegagalannya menjaga gawang Roma steril saat dikalahkan AC Milan pada laga sebelumnya.

Kiper berusia 25 tahun itu memulai aksinya diawal laga saat mengamankan tendangan Lorenzo Insigne. Aksi serupa diulanginya di pertengahan babak pertama kala tendangan Insigne kembali dimentahkannya. Dibabak kedua ketika Napoli mengurung AS Roma, Alisson semakin menjadi momok bagi lini serang Napoli. Tendangan voli Insigne lagi-lagi ditepis kiper asal Brazil itu.

Sosok Alisson mungkin akan selalu terbayang dalam mimpi buruk Insigne karena berkali-kali mengagalkan peluangnya untuk mencetak gol. Pada posisi tertinggal 1-3 di babak kedua, penetrasi Insigne di sisi kiri kotak penalti yang berakhir dengan tembakan kearah tiang dekat ditepis Alisson. Apes bagi Insigne, bola muntah yang disambarnya kembali diblok Alisson. Hadeeuuuhhhh
Alisson Becker berkali-kali menggagalkan serangan Napoli - Photo by Kop Talk
Edin Dzeko boleh saja mencetak 2 gol yang memastikan laga tidak berakhir imbang 2-2, tetapi aksi-aksi penyelamatan Alisson sungguh jadi highlight tersendiri dalam kemenangan Roma di kandang Napoli. Jika saja Alisson tidak bermain gemilang maka gelontoran 4 gol Edin Dzeko dkk tidak akan berarti banyak mengingat Napoli bermain sangat dominan.

Maurizio Sarri boleh saja menyesali kinerja pertahanan anak asuhnya yang begitu mudah kebobolan Roma tetapi dengan dominasi lini serang yang ditampilkan Lorenzo Insigne dkk, Napoli sejatinya bisa menutup laga dengan kemenangan atau paling buruk meraup hasil imbang. Sayangnya Roma memiliki Alisson Becker dibawah mistar gawang pada laga tersebut. Dan untuk itu Juventus harus berterimakasih padanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.