Bukan Conte, Manager Terbaik Italia Saat Ini Adalah Carlo Ancelotti

Musim lalu Antonio Conte menjadi orang Italia keempat setelah Claudio Ranieri, Roberto Mancini dan Carlo Ancelotti yang berhasil menaklukkan Liga Inggris. Manager-manager asal Italia tampaknya memiliki tuah tersendiri untuk menaklukkan Liga-Liga utama Eropa. Diluar nama-nama tersebut terdapat nama Giovanni Trapattoni yang memenangkan Bundesliga serta Fabio Capello yang menjuarai La Liga Spanyol.
Ancelotti salahsatu pelatih tersukses Italia di Eropa - Photo by Goal
Bandingkan dengan prestasi manager asal Jerman dan Spanyol sebagai negara pemilik Bundesliga dan La Liga, kompetisi domestik utama Eropa selain Liga Inggris dan Serie A Italia. Manager juara asal Jerman seperti Juergen Klopp dan Felix Magath yang memenangkan Bundesliga bersama Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen tidak dapat mempersembahkan gelar saat menukangi klub Inggris (setidaknya sejauh ini Klopp terhitung masih nihil gelar untuk The Reds).

Pun demikian dengan manager asal Spanyol sekelas Pep Guardiola yang dipaksa menunggu sampai musim kedua untuk mulai meraih trofi juara lewat ajang sekelas Piala Liga Inggris. Setidaknya Guardiola mungkin tidak akan bernasib sama seperti manager juara La Liga asal Spanyol seperti Rafael Benitez yang “hanya” mempersembahkan trofi juara turnamen selama menangani Chelsea dan Liverpool.

Balik pada sosok Antonio Conte. Keberhasilan mantan pelatih Juventus itu menjuarai Liga Inggris bersama Chelsea di musim perdana menegaskan kehebatan manager asal Italia untuk menaklukkan kompetisi seketat Liga Inggris. Apakah hal tersebut lantas menjadi Conte sebagai manager terbaik Italia saat ini? Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan.

Sebelum Chelsea menjuarai Liga Inggris musim ini, dibelahan Eropa lainnya terdapat manager asal Italia lain yang mengharumkan nama negara juara Piala Dunia 2006 itu. Kesuksesan Carlo Ancelotti mengantarkan Neuer dkk merengkuh trofi juara Bundesliga musim lalu mengukuhkan pria asal Italia tersebut sebagai salahsatu manajer tersukses di Eropa bahkan dunia dalam rentang waktu satu dekade ini.

Keberhasilan Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga Jerman di musim perdana Ancelotti cukup mengobati luka mereka yang tersingkir menyakitkan dari ajang Liga Champions musim lalu setelah ditundukkan Real Madrid pada fase perempat final. Muenchen juga dicatat Soccerway sebagai tim yang secara fenomenal merajai Liga Jerman selama 5 musim beruntun yang artinya sejak 2013 tidak ada tim yang mampu menahan Arjen Robben dkk menjadi tim terkuat di Jerman.

Meski kemudian dipecat musim ini, torehan gelar juara Bundesliga Bayern Muenchen musim lalu berarti banyak bagi Carlo Ancelotti. Don Carlo adalah satu dari beberapa manager saja yang mampu memenangkan trofi juara liga domestik di liga utama Eropa seperti Liga Italia, Liga Inggris, Liga Spanyol dan Liga Jerman.

Mantan manager AC Milan itu memang belum pernah memenangkan trofi La Liga Spanyol saat menukangi Real Madrid, namun Don Carlo memenangkan titel juara Liga Inggris bersama Chelsea dan Liga Jerman bersama Bayern Muenchen. Hebatnya lagi, titel-titel itu diraih dalam rentang satu dekade terakhir disaat banyak bermunculan manager-manager baru yang potensial seperti Antonio Conte, Diego Simeone, Laurent Blanc, Juergen Klopp dan The Special One Jose Mourinho.

Di luar Liga Inggris dan Liga Jerman, Don Carlo dicatat Transfermarkt pernah memenangkan titel Scudetto Liga Italia bersama AC Milan dan Ligue 1 Prancis saat menangani PSG. Tambahkan lagi 3 gelar Liga Champions yang dimenangkannya dua kali bersama Milan dan terakhir kali bersama Real Madrid.
Ancelotti bersama Conte - Photo by Marca
Deretan gelar tersebut semakin mengukuhkan Ancelotti sebagai salahsatu manager terbaik di Eropa bahkan dunia saat ini. Rasanya dalam satu dekade ini, jika acuannya adalah koleksi gelar liga domestik di liga utama Eropa dan trofi Liga Champions maka hanya Jose Mourinho dan Pep Guardiola yang bisa disejajarkan dengan Don Carlo. Bukan Antonio Conte.

Jadi, meski Conte secara gemilang mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Inggris musim lalu ditengah kepungan manager-manager papan atas seperti Arsene Wenger, Juergen Klopp, Pep Guardiola dan Jose Mourinho, mantan pelatih timnas Italia itu masih harus menunjukkan konsistensinya bersama The Blues.

Serie A dan Liga Inggris kini sudah masuk CV prestasi Conte, namun jelas belum sebanding dengan raihan prestasi Ancelotti di empat liga utama Eropa sekelas Serie A Italia, Liga Inggris, Ligue1 Prancis dan Bundesliga Jerman. Siapa manager asal Italia terbaik saat ini? Carlo Ancelotti orangnya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.