And Oscar Goes To Danny Welbeck

Mungkin Milanisti yang juga seorang Hacker saat ini akan sangat tergoda untuk membajak akun media sosial Danny Welbeck sebagai bentuk kegeraman pada striker Arsenal itu. Welbeck memang menjadi aktor utama kemenangan 3-1 The Gunners pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa yang kemudian berujung dengan tersingkirnya Milan.
Danny Welbeck saat "terjatuh" di kotak penalti Milan - Photo from Daily Express
Mantan striker MU itu mencetak dua gol Arsenal namun bukan karena keberhasilan mencetak dua gol itu yang membuat Welbeck “dimusuhi” fans Milan melainkan karena aksi divingnya yang memicu penalti untuk gol pertama Arsenal. Gol tersebut pada akhirnya menjadi sangat krusial.

Milan datang ke markas Arsenal dalam posisi tertinggal 0-2 di leg pertama dan butuh gol cepat untuk menggelorakan kepercayaan diri bahwa mereka bisa membalikkan keadaan. Meski tidak terealisasi dengan cepat, Milan kemudian berhasil mendapatkan gol yang mereka butuhkan itu lewat Hakan Calhanoglu pada menit ke 35.

Gol dari tendangan jarak jauh Calhanoglu tersebut menghidupkan asa Milan untuk bangkit. Laga masih belum setengah babak dan mereka hanya butuh satu gol lagi untuk menyamakan agregat. Milan berada pada jalur yang benar sampai kemudian bencana penalti yang diawali diving Danny Welbeck itu terjadi.

Empat menit usai gol Hakan alias saat Milan sedang sangat bersemangat mengejar agregat, pergerakan Ricardo Rodriguez saat membayangi Danny Welbeck dalam kotak penalti Milan dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Wasit Jonas Erickson menghadiahkan penalti untuk Arsenal.

Keputusan yang lantas diprotes keras karena dari sudut pandang manapun tidak terlihat sentuhan fisik yang keras untuk menjegal Welbeck. Striker Arsenal itu hanya mendapatkan sentuhan ringan dilengannya namun terjatuh seperti mendapatkan dorongan keras.

Keputusan wasit sudah dibuat. Penalti dihadiahkan kepada Arsenal dan Welbeck menuntaskan sendiri “kerja kerasnya” melakukan diving dengan mengeksekusi penalti tersebut menjadi gol. Kedudukan menjadi sama 1-1 dan Milan dipaksa merangkak ulang lagi untuk mengejar 2 gol.

Apakah Danny Welbeck melakukan diving? Kami tidak akan ragu mengatakan “Ya, Danny Welbeck melakukan diving”. Sentuhan Rodriguez kepada Welbeck teramat sangat minim dan tidak seharusnya membuatnya terjatuh. Itu sungguh diving yang nyata di depan mata dan mungkin akan disesali wasit sebagai keputusan yang keliru karena mengganjarnya dengan penalti.

“Ricardo Rodriguez bahkan tidak menyentuh dia tapi bagi wasit itu adalah penalti. Aku pun dilanggar pada leg pertama” keluh Hakan Calhanoglu pada Milan TV mengomentari keputusan wasit. Hakan juga membandingkan momen ketika dirinya mendapatkan bentrokan fisik yang lebih keras dengan Davide Ospina di leg pertama namun memilih untuk tidak terjatuh. Kata komentator laga ketika itu “Salah sendiri kamu terlalu jujur dan polos”

Jika anda masih berpikir bahwa penilaian apakah Welbeck melakukan diving atau tidak masih bisa diperdebatkan maka simak komentar Alan Shearer yang tidak punya kepentingan apa-apa untuk menilai Arsenal atau Milan. “Untuk semua yang bertanya, ya, itu adalah diving yang mencolok dari Welbeck. Wasit telah ditipu” ujar legenda Newcastle United itu pada akun twitternya.
Welbeck merayakan gol Arsenal - Photo from Chat Sports
Bagaimana komentar dari pihak Arsenal sendiri? Keragu-raguan Arsene Wenger dalam memastikan jawabannya sendiri sudah menunjukkan bahwa memang anak asuhnya melakukan diving. “Sejujurnya saya tidak tahu. Mungkin kami sedikit beruntung. Saya tidak ingin menuduh Welbeck melakukan diving. Saya akan menontonnya lagi” ujar Wenger pada BT Sport yang terkesan malu mengakuinya.

Apapun itu, diving sudah menjadi bagian dari permainan sepakbola. Suka tidak suka. Welbeck mungkin melakukan diving pada gol pertama Arsenal tetapi tidak akan berarti jika wasit mengabaikannya. Salahkan wasitnya bukan Welbeck. Penyerang Arsenal itu hanya menjalankan “instingnya” mencuri peluang lewat aksi pura-pura jatuh.

Aksi yang sukses besar. Arsenal dapat hadiah penalti berujung gol penyeimbang yang mencegah kebangkitan Milan. Rossoneri mungkin saja meneruskan gol pertama mereka dengan gol kedua yang akan membuat Arsenal dalam kesulitan.

Makin sempurna bagi Arsenal dan Welbeck karena diakhir laga The Gunners sukses menyingkirkan tim asuhan Gennaro Gattuso. And Oscar goes to Welbeck, sindir Milanisti atas keberhasilan aktingnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.