Wenger, Guardiola Dan Piala Liga Inggris Sebagai Penuntas Rasa Penasaran

Andaikan langit diatas Wembley pada Minggu (25/2/2018) bisa menuliskan perasaannya maka satu kata yang mungkin tertuliskan di langit adalah kata “penasaran”. Duel final Piala Liga Inggris yang mentas di Wembley akan mempertemukan Arsenal dan Man City. Nah, sosok peracik strategi dibelakang kedua klub adalah dua manusia yang tengah dilanda rasa penasaran.
Wenger dan Guardiola beradu taktik di Wembley - Photo by Bleacher Report
Pep Guardiola dibalik layar performa gemilang Man City musim ini membawa segudang rasa penasaran akan gelar juara di tanah Inggris. Menyandang status sebagai salahsatu manager papan atas di Eropa bahkan dunia, muka Guardiola tercoreng hasil tanpa gelar di musim perdananya bersama The Citizen musim lalu.

Sejak memulai debut melatih tim senior bersama Barcelona, gelimangan gelar juara adalah suatu pemandangan akrab di akhir musim Pep Guardiola bersama sebuah klub. Itu yang terjadi saat dirinya mengangkat trofi juara bersama Barcelona dan begitu pula saat dirinya hijrah ke Bundesliga menangani raksasa Bayern Muenchen.

Pemandangan itu yang hilang dari Pep Guardiola musim lalu. Datang ke tanah Inggris yang disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk menguji sahih tidaknya Guardiola menyandang predikat manager hebat, murid Johan Cruyff itu terbukti gagal menaklukkan Inggris di kesempatan pertama.

Empat kesempatan memenangkan gelar di Premier League, Piala Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions semuanya gagal. Pantas kiranya jika Pep Guardiola menyimpan rasa penasaran yang besar untuk mengangkat trofi juara perdananya di Inggris.

Dengan Man City disingkirkan Wigan dari Piala FA, Guardiola niscaya makin penasaran dengan momen juara perdana di negeri Ratu Elizabeth itu. Bahkan kalau pun gelar perdana itu berupa trofi Piala Liga Inggris, Guardiola akan habis-habisan untuk memenangkannya. Pria Catalan itu sudah berniat untuk “pecah telur” di Wembley pada Minggu (25/2/2018).

Serunya, rasa penasaran Guardiola akan bertarung melawan motivasi penasaran milik Arsene Wenger di kubu Arsenal. Bedanya, Penasaran versi Wenger menyisipkan catatan yang bisa bikin dag dig dug fans Man City terkait pengalaman arsitek Arsenal itu melakoni laga final di Wembley.

Soccerway mencatat Wenger sudah 9 kali melakoni partai final di Wembley bersama Arsenal. Rekor Wenger sangat luar biasa dengan menorehkan 8 kemenangan dan hanya satu kali kalah. The Gunners dibawa Wenger menjuarai 4 Piala FA, 4 Community Shield di Wembley namun menelan satu kekalahan di final Piala Liga Inggris.
Arsenal v Man City di final Piala Liga Inggris - Photo by SMH
Nah, catatan kekalahan di final Piala Liga Inggris inilah yang menumbuhkan rasa penasaran tersendiri bagi Wenger. Memenangkan 8 laga final di Wembley namun gagal di Piala Liga Inggris seperti nasib sedang mengejek Wenger dan berkata “Silahkan kamu menjuarai apa saja di Wembley tetapi tidak untuk Piala Liga Inggris”.

Wenger tentu ingin mengakhiri kata “tidak” itu pada final kesepuluhnya di Wembley. Meski dipandang sebagai underdog pada laga puncak melawan Man City nanti, Arsenal sesungguhnya sudah berpengalaman membalikkan prediksi saat melakoni final.

Perhatikan bagaimana Arsenal musim lalu menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Chelsea, juara baru Liga Inggris yang sedang on fire bersama Antonio Conte. Arsenal saat itu berstatus tidak diunggulkan namun berhasil memutarbalikkan prediksi. Apalagi Arsenal sendiri punya catatan sejarah pernah menaklukkan Man City di Wembley pada laga Community Shield 2014 dengan skor telak 3-0. Tanda-tanda Wenger yang akan menuntaskan rasa penasaran alih-alih Guardiola?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.