Usai Leg Pertama 16 Besar Liga Champions, 4 Tim Berpeluang Besar Lolos dan 4 Laga Lain Masih Ketat

Seluruh laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions baru saja selesai digelar. Sejumlah tim meraih kemenangan dan beberapa laga lainnya menyisakan hasil imbang. Dari hasil laga leg pertama, kita dapat membuat prediksi tim mana yang akan lolos ke perempatfinal meski harus diakui beberapa laga menyimpan teka teki besar karena hasil leg pertama yang tidak begitu mencolok.
Ronaldo dan Neymar masih akan bertemu di leg kedua - Photo by Daily Express
Tim-tim yang meraih kemenangan besar seperti Man City, Liverpool, Bayern Muenchen dan Real Madrid bisa dibilang memiliki modal sangat bagus untuk melakoni leg kedua nanti. Rasanya hanya keajaiban yang bisa menahan tim-tim ini melewati fase gugur babak 16 besar.

Kemenangan telak Man City dan Liverpool bukan hanya sekedar kemenangan besar saja namun menjadi sangat berarti karena tim asuhan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp melakukannya di kandang lawan. Man City menang 4-0 di markas Basel sedangan Liverpool mungkin tidak pernah menduga akan menang telak 5-0 di kandang klub raksasa Portugal, Porto.

Adapun Bayern Muenchen dan Real Madrid meraih kemenangan besar di kandang mereka. Bayern menundukkan Besiktas 5-0 dan El Real mengajarkan kepada PSG caranya menjadi tim raksasa di Eropa dengan kemenangan 3-1. Besiktas dan PSG punya modal yang tersisa untuk membalikkan keadaan yaitu bermain di depan pendukung sendiri pada leg kedua.

Meski demikian, rasanya sulit mendapati pemandangan Besiktas menang telak melawan Bayern Muenchen walaupun laga tersebut dilangsungkan di Vodafone Stadium kandang mereka. Soccerway mencatat kali terakhir Besiktas menang dengan skor 5-0 di kandang sendiri adalah saat melumat Karabukspor 5-0 di Liga Turki (17/2/2018). Ah jangan berandai-andai itu bakal terjadi kepada klub sekelas Bayern Muenchen

Bagaimana dengan PSG? Kalau untuk yang satu ini mungkin kita tidak akan terkejut jika PSG bisa membalikkan keadaan. Tim asuhan Unai Emery pernah melakukan sesuatu yang tidak pernah terlintas dalam pikiran orang-orang yaitu membantai Barcelona 4-0 di kandang PSG pada fase gugur Liga Champions musim lalu.

Masalahnya, Real Madrid tentu tidak akan melupakan catatan itu dan akan super ekstra waspada agar tidak mengalami hal yang sama seperti Barcelona musim lalu. Jika sudah demikian adanya, PSG dipastikan akan menemui jalan terjal untuk memenuhi target menang dengan selisih 2 gol.

Atas dasar tersebut, maka leg kedua nanti akan menjadi “peresmian” kelolosan Man City, Liverpool, Real Madrid dan Bayern Muenchen ke babak perempatfinal. Selamat tinggal juga untuk Basel, Porto, Besiktas dan PSG. Kira-kira Neymar menyesal ga sih meninggalkan Barcelona?

Pada 4 laga lain, hasil leg pertama membuat semua kemungkinan masih terbuka. Juventus bermain imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur, Chelsea ditahan seri 1-1 Barcelona, MU imbang 0-0 dengan Sevilla dan AS Roma hanya kalah 1-2 dari Shakhtar. Dengan hasil leg pertama seperti ini, semua tim masih sangat berpeluang untuk lolos.

Juventus memang gagal mengalahkan Spurs meski sempat unggul 2 gol tetapi fakta bahwa mereka hanya perlu menang dengan berapa gol pun membuat misi mereka pada leg kedua nanti tidak berat-berat amat. Pun demikian dengan Chelsea dan Sevilla. Mereka hanya perlu menang, 1-0 pun tidak jadi masalah.
Chelsea dan Barcelona seri 1-1 di leg pertama - Photo by GiveMeSport
Kemenangan 1-0 juga jadi syarat minimal bagi AS Roma meloloskan diri dari hadangan Shakhtar. Kekalahan 1-2 di kandang klub Ukraina itu memang menyesakkan tetapi setidaknya Roma hanya butuh menang 1-0 di leg kedua yang akan digelar di kandang sendiri nanti.

Di sisi lain, Spurs, Barcelona dan MU mesti berhati-hati meski sudah berhasil menjaga diri tidak kalah di kandang lawan. Skor imbang sesungguhnya skor yang “menipu”. Satu gol dari tim lawan bisa langsung membuyarkan hasil imbang di leg pertama. Khusus untuk MU, hasil imbang 0-0 pada leg pertama bahkan membuat satu gol Sevilla di Old Trafford nanti akan jadi beban teramat besar karena 1 gol Sevilla berarti harus dibalas dengan 2 gol MU.

Kami menilai 4 laga leg kedua yang mementaskan Barcelona vs Chelsea, Spurs vs Juventus, Roma vs Shakhtar dan MU vs Sevilla adalah laga-laga yang masih sulit diprediksi tim mana yang akan lolos. Inilah yang membuat laga leg kedua nanti akan jadi tontonan seru dan menegangkan. Rugi jika anda sampai melewatkannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.