Tiga Alasan Mengapa Alan Shearer (Masih) Lebih Jago Daripada Harry Kane

Momen dua kesempatan penalti pada laga Tottenham Hostpur melawan Liverpool menjadi bagian dari cerita pencatatan rekor 100 gol Harry Kane di Liga Inggris. Penyerang andalan timnas Inggris itu dua kali melakukan eksekusi penalti dimana hanya satu yang berhasil melewati Loris Karius. Satu eksekusi yang sukses itulah yang menjadi gol ke 100 Harry Kane di Premier League Inggris.
Harry Kane selalu dibandingkan dengan Alan Shearer - Photo by chroniclelive.co.uk

“Saya gugup sebelum penalti kedua. Itu merupakan momen besar dengan tekanan tinggi, tapi saya sudah terbiasa melakukan hal ini” ujar Kane dilansir dari BBC (5/2/2018). Penyerang yang baru berusia 24 tahun itu kini semakin jauh mencatatkan diri sebagai top skor Spurs di Liga Inggris meninggalkan catatan 97 gol Teddy Sheringham.

Mampu membuktikan diri lebih baik daripada penyerang legendaris Spurs itu, Kane belum bisa bertepuk dada jika dihadapkan pada catatan penyerang legendaris lainnya. Adalah sosok Alan Shearer sebagai penyerang legendaris Inggris yang memiliki catatan lebih baik daripada Harry Kane. Berikut tiga catatan tersebut seperti dirangkum Opta :

Jumlah Gol Berbanding Jumlah Laga
Harry Kane membutuhkan 141 laga untuk membukukan 100 gol di Liga Inggris. Seorang Alan Shearer sebaliknya hanya memerlukan 124 laga atau 17 laga lebih sedikit untuk membuat jumlah gol yang sama.

Jumlah Hattrick Dalam 100 Gol
Jika ditelusuri lebih jauh lagi, dalam 100 gol yang sudah dibuat Harry Kane di Liga Inggris, penyerang yang diorbitkan Pochettino ke skuad utama Spurs itu mewarnainya dengan 8 torehan hattrick. Bertemu dengan catatan Alan Shearer, lagi-lagi Harry Kane kalah karena penyerang mantan penyerang Newcastle United itu mencetak 11 hattrick.
Kane masih harus membuktikan diri lagi - Photo by talksport.com
Jumlah Gol Dalam Satu Musim Liga Inggris
Meski sudah berhasil menjadi top skor Liga Inggris, Harry Kane belum bisa membuat jumlah gol yang lebih banyak daripada Alan Shearer dalam semusim. Jika Shearer pernah membuat 34 dan 31 gol bersama Blackburn Rovers di musim 1994/1995 dan 1995/1996 maka Harry Kane baru bisa mencetak 25 dan 29 gol pada musim 2015/2016 dan 2016/2017. Dengan Kane saat ini sudah mencetak 22 gol sementara Liga Inggris masih menyisakan lebih dari 10 laga maka peluangnya melewati catatan Shearer masih terbuka.

Pada akhirnya, selain catatan gol dalam semusim di Liga Inggris, peluang terbaik bagi Harry Kane untuk menandingi Alan Shearer adalah pada pencapaian bersama timnas Inggris. Meski sangat tajam sebagai penyerang, prestasi terbaik Alan Shearer bersama The Three Lions hanyalah sampai semifinal Piala Eropa 1996.

Jika Kane bisa berbuat lebih baik bersama tim asuhan Gareth Southgate di Piala Dunia Rusia tahun ini maka saat itu baru kita bisa mengatakan Kane lebih hebat daripada Shearer.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.