Terimakasih Gattuso, Inilah Milan Yang Sesungguhnya

Pada waktu Gattuso menjalani debutnya sebagai pelatih Milan melawan tim zona degradasi Benevento (3/12/2017) dan berakhir imbang 2-2, pernahkan terbayang bahwa Milan ditangan Gattuso akan menjalani 10 laga beruntun tak terkalahkan seperti sekarang ini?
Boro-boro berpikir ke arah sana, melihat Milan versi Gattuso kalah pada laga keduanya melawan Rijeka di Liga Europa (7/12/2018) saja sudah membuat fans Milan berpikir bahwa penunjukkan mantan gelandang bertahan Milan itu sebagai pengganti Vincenzo Montella adalah keputusan yang mengeluarkan Milan dari lubang buaya untuk masuk ke sarang harimau.
Bonucci dkk terus membaik bersama Gattuso - Photo by AC Milan Info
Namun melihat kondisi Milan saat ini, tepatnya ketika Leonardo Bonucci dkk menang 1-0 atas Sampdoria (18/2/2018), rasanya semua kisah pahit di awal kiprah Gattuso sebagai pelatih Milan menjadi terlupakan. Milan tengah menjalani rentetan 10 laga tak terkalahkan sejak 27 Desember 2017.

Who Scored merinci 10 laga itu dengan hasil 7 menang dan 3 hasil imbang. Inilah rangkaian laga tak terkalahkan terpanjang Milan musim ini dimana saat masih ditangani Montella mereka paling jauh hanya bisa merasakan 4 laga tanpa kalah.

Kinerja yang ditunjukkan Milan versi Gattuso ini sangat layak mendapatkan pujian. Mereka melalui 10 laga tanpa kalah di semua ajang dengan melewati sejumlah laga yang berpotensi menaklukkan Bonucci dkk. Milan menaklukkan Inter Milan di ajang Coppa Italia, menahan seri Fiorentina di kandangnya, menang 2-1 atas Lazio di Serie A lalu imbang atas tim yang sama di semifinal Coppa Italia dan terkini menundukkan Sampdoria, tim kuda hitam Liga Italia musim ini.

Apakah Milan sudah berubah jadi lebih baik? Simak komentar Leonardo Bonucci berikut ini. “Sejak Gattuso datang, kami berubah sepenuhnya. Sebuah tim sesungguhnya telah dibentuk. Kami dalam kondisi yang lebih baik berkat Gattuso” ujar kapten Milan itu dilansir dari Football Italia (19/2/2018).

Yap, Bonucci benar. Milan kini telah berubah menjadi tim yang lebih baik. Melalui 10 laga tanpa kalah jelas bukan catatan yang biasa-biasa saja, apalagi jika dilalukan oleh tim yang terlihat kepayahan seperti Milan di awal musim.

Apa yang dilakukan Gattuso hingga membuat Milan menjelma jadi tim yang tangguh seperti sekarang? “Gattuso memberikan kami sebuah mentalitas, rasa terikat dan kebugaran yang sebelumnya tidak kami miliki” lanjut Bonucci menjelaskan perubahan yang dilakukan Gattuso pada Milan.”Kami sekarang bekerja sebagai sebuah tim” tegas Bonucci.

Yap, masalah mental dan kesatuan sebagai sebuah tim memang terekspos jelas menjadi PR Montella saat terseok-seok menangani Milan. Dengan banyaknya pemain baru yang didatangkan manajemen Rossoneri diawal musim membuat Montella bak memulai dari awal lagi membentuk tim baru Milan. Dan mantan pelatih Fiorentina itu gagal.

Gattuso yang dikenal memiliki karakter keras sejak masih menjadi pemain sampai terus terbawa ketika menjadi pelatih dianggap sebagai sosok yang tepat untuk membangunkan raksasa Milan dari tidur panjangnya. Bagaimana meme seputar hari-hari berat seperti wajib militer yang akan dijalani Bonucci dkk dengan kedatangan Gattuso menggambarkan sekeras apa sosok yang jadi pemain kesayangan Carlo Ancelotti itu.
Gattuso menanamkan mental bertarung ke tim Milan - Photo by Four Four Two
Manajemen Milan kini bisa dianggap sudah melakukan langkah tepat dengan menghadirkan Gattuso di ruang ganti Milan. Secara teknis skuad Milan tidak kalah dengan Juventus dan Napoli, dua kandidat Scudetto musim ini. Milan punya calon kiper nomor satu Italia di bawah mistar gawang, bek tengah terbaik Eropa sebagai kapten mereka, barisan gelandang hebat dalam diri Biglia, Kessie dan Calhanoglu sampai pemain muda potensial seperti Cutrone dan Andre Silva di lini terdepan.

Dengan gambaran skuad seperti itu Milan ternyata jauh panggang dari api untuk berburu Scudetto. Jika bukan teknis yang jadi masalah maka faktor non teknislah yang harus dibenahi. Dan Gattuso sukses melakukannya. “Mereka (pemain Milan) hanya butuh percikan agar bergelora. Saya puas melihat para pemain melakukan yang pelatih minta” ujar Gattuso seperti dilansir dari Football Italia (19/2/2018).

Nah, bayangkan Milan dengan skuad yang secara teknis sebenarnya bisa bertarung untuk Scudetto kini telah berhasil mengatasi kendala non teknis mereka. Laju 10 laga tanpa kalah baru pertunjukan pembuka saja. Tim ini tampak sangat siap menutup musim 2017/2018 dengan manis.

“Saya akan selalu berani dan penuh determinasi. Saat ini mudah bagi saya melatih Milan. Meski demikian tugas saya adalah terus jadi mimpi buruk pemain” tegas Gattuso mengisyaratkan Milan yang bakal terus tangguh sampai akhir musim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.