Tajam Bersama Liverpool, AS Roma Jual Mohamed Salah Terlalu Murah?

Apakah AS Roma sudah menjual Mohamed Salah terlalu murah? Jika melihat kinerja pemain Mesir itu bersama skuad asuhan Jurgen Klopp musim ini, pernyataan bahwa AS Roma menjual Mohamed Salah terlalu murah adalah benar sekali. Bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane, Mohamed Salah membentuk trio mematikan di lini depan Liverpool.
Salah merayakan gol dengan sujud syukur - Photo by Alarabiya
Mohamed Salah sendiri sudah mencetak 22 gol bagi Liverpool di Liga Inggris musim ini. Performa luar biasanya sampai membuat fans The Reds lupa untuk meratapi kepergian Philippe Coutinho ke Barcelona. Dengan performa luar biasa di musim perdana bersama Liverpool, nilai transfer Salah sebenarnya terhitung yang paling rendah dibandingkan beberapa pemain baru di lini serang yang didatangkan klub-klub elit Liga Inggris.

Lihat saja saat Chelsea harus mengucurkan dana sebesar 66 juta euro untuk mendatangkan Alvaro Morata ke Stamford Bridge atau bagaimana Alexandre Lacazette menguras kas Arsenal sampai 53 juta euro agar bisa datang ke Inggris. MU bahkan mengeluarkan dana lebih besar lagi senilai 84.7 juta euro untuk mengamankan tanda tangan Romelu Lukaku ke Old Trafford. Nilai transfer besar seperti yang dicatatkan Transfermarkt itu jauh melebihi nilai kedatangan Mohamed Salah yang hanya sebesar 42 juta euro.

Prinsip ada harga ada rupa tampaknya tidak berlaku bagi Mohamed Salah. Meski nilai transfernya adalah yang paling minim namun kontribusinya sangat maksimal melebihi kinerja penyerang-penyerang anyar nan mahal milik Chelsea, Arsenal dan MU. Mohamed Salah sudah mempersembahkan 22 gol bagi Liverpool di Liga Inggris, jauh meninggalkan kontribusi gol Morata (10), Lacazette (9) dan Lukaku (12).

Performa luar biasa Salah merupakan sebuah berkah bagi Liverpool karena menjaga tim asuhan Jurgen Klopp konsisten berada di 4 besar klasemen Liga Inggris. Who Scored mencatat sumbangsih 22 gol Salah sejauh ini bermakna 36% dari seluruh gol Liverpool di Liga Inggris datang dari mantan pemain AS Roma itu.
Salah saat membela AS Roma - Photo Sportmole
Sebuah kinerja yang mengagumkan jika mengingat pada musim terakhirnya di AS Roma, Salah hanya mencetak 15 gol di Serie A Italia bahkan cuma menyumbangkan total 19 gol di seluruh ajang. Peningkatan kinerja Salah terjadi signifikan karena total gol Salah di Liga Inggris saja sudah melewati total seluruh golnya untuk AS Roma di seluruh ajang musim lalu.

 “Saya masih berpikir bahwa (harga Salah) bisa lebih baik lagi” ujar Direktur Olahraga AS Roma Monchi dilansir dari Sky Sport Italia (15/2/2018). Ada rasa sesal yang terselip dari pernyataan tersebut. Jika tahu bahwa Salah bisa sehebat ini mungkin AS Roma tidak akan begitu saja melepas mantan pemain Chelsea itu kembali ke Liga Inggris. Nilai transfer yang lebih besar layak disematkan untul Mohamed Salah karena terbukti sang pemain kini menjadi elemen penting Liverpool musim ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.