Skor 1-1 Yang Mengadu Masa Lalu Chelsea Dan Barcelona. Siapa Pantas Optimis?

Siapa sesungguhnya yang diuntungkan dari hasil imbang 1-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champion antara Chelsea melawan Barcelona? Sekilas jika melihat status Barca sebagai tamu maka hasil imbang dengan mencuri satu gol tandang adalah sebuah keberhasilan bagi Messi dkk. Namun disisi lain, fakta bahwa Chelsea masih belum bisa dikalahkan Barcelona dalam pertemuan di Liga Champions juga berarti keberhasilan bagi Chelsea dan kegagalan bagi Barcelona.
Messi dan Willian sama-sama mencetak gol di leg pertama - Photo by News Watch Nigeria
Apapun itu, skor 1-1 menurut kami membuat leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, kandang Barcelona pada 15 Maret nanti akan berjalan ketat. Kemenangan dengan skor berapapun akan meloloskan tim asuhan Antonio Conte sebaliknya Barcelona cukup bermain imbang tanpa gol saja.

Skor 1-1 pada leg pertama juga membuat kedua tim akan saling mengandalkan sejarah masa lalu sebagai modal non teknis menghadapi leg kedua nanti. Chelsea dan Barcelona memang punya catatan cukup bagus terkait dengan hasil seri 1-1 yang diperoleh pada leg pertama sebuah laga Liga Champions.

Soccerway mencatat Barcelona pernah berada dalam situasi mendapatkan skor 1-1 pada leg pertama di kandang lawan. Tidak tanggung-tanggung, klub Catalan itu mendapati situasi tersebut sampai 13 kali. Hebatnya, dalam 13 situasi itu Barcelona berhasil meloloskan diri sampai 11 kali.

Kali terakhir Barca gagal dari situasi skor 1-1 di leg pertama adalah pada Liga Champions musim 2002/2003 atau nyaris 15 tahun yang lalu. Kala itu Barcelona bermain imbang 1-1 di kandang Juventus dan menelan kekalahan 1-2 saat ganti menjamu Si Nyonya Tua  di Camp Nou. Menilik catatan tersebut, Barcelona pantas untuk merasa optimis melakoni leg kedua menjamu Chelsea nanti.
Hazard dan Pique akan bertemu lagi pada 15 Maret - Photo by Sports Mole
Masalahnya, bukan hanya Barcelona yang optimis bisa lolos dari fase gugur usai meraih hasil seri 1-1 di leg pertama. Chelsea pun punya alasan untuk merasakan optimis. Masih dari Soccerway, Chelsea dicatat pernah berada dalam situasi tertahan seri 1-1 pada leg pertama Liga Champions di kandang sendiri sebanyak 5 kali. Serunya, dari 5 situasi tersebut, Chelsea berhasil lolos tiga kali.

Atas dasar ini wajar jika Chelsea pun merasakan optimis untuk datang bertandang ke markas Barcelona nanti. Apalagi Eden Hazard dkk cukup menang dengan skor berapapun atau imbang diatas skor 1-1. Meski tidak mudah tetapi ini jelas bukan syarat yang kelewat berat. Ah jadi ingat bagaimana PSG mesti menang dengan selisih 2 gol saat menjamu Real Madrid nanti.

Nah, siapa yang akan berhasil melewati skor 1-1 di leg pertama dengan mulus nanti? Chelsea atau Barcelona? Laga leg kedua akan berlangsung pada 15 Maret yang berarti nyaris sebulan lagi sebelum kedua tim bertarung kembali. Dalam rentang waktu tersebut boleh jadi terjadi beberapa hal yang akan mempengaruhi kekuatan tim di leg kedua nanti. Pastikan anda tidak kelewatan menyaksikannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.