Prediksi Tim Lolos Ke Perempat Final Usai Leg Pertama 16 Besar Liga Champions Pekan Ini

Kemenangan telak Real Madrid atas tamunya PSG dan kehancuran tuan rumah Porto di tangan Liverpool menutup leg pertama babak 16 besar Liga Champions pekan ini. Leg kedua baru akan digelar pada 6 dan 7 Maret 2018 namun rasanya kita sudah bisa melihat klub mana yang berpotensi besar melenggang ke babak perempat final.
Bernardo Silva merayakan gol ke gawang Basel - Photo by mirror.co.uk
Kemenangan besar Man City dan Liverpool di kandang lawan memberikan keuntungan sangat besar bagi The Citizen dan The Reds yang akan gantian menjadi tuan rumah pada leg kedua. Tim asuhan Pep Guardiola menghajar Basel 4-0 dihadapan pendukungnya sendiri. Terlalu berani untuk mengatakan Basel akan melakukan keajaiban untuk membalikkan keadaan di markas Man City. Setengah bahkan separuh badan mungkin sudah diletakkan Man City ke babak perempat final.

Bagaimana dengan Liverpool? Kemenangan telak 5-0 di markas Porto bisa dikatakan merupakan sebuah kejutan. Meski skuad Liverpool memiliki kualitas dan kedalaman yang lebih baik tetapi fakta bahwa Porto adalah klub elit Portugal yang berstatus mantan juara Liga Champions tetap saja membuat skor 5-0 itu terasa luar biasa.

Liverpool akan memulai kick off leg kedua nanti dengan perasaan aman dan nyaman berkat keunggulan 5 gol tanpa satu pun gol balasan. Hanya keajaiban yang bisa menghadang Liverpool terus melaju ke babak selanjutnya. Dan maaf-maaf saja, Porto tampaknya bukan tipikal klub yang akan membuat keajaiban itu.

Pada laga lainnya, kemenangan dengan skor 3-1 Real Madrid atas PSG mungkin sangat disesali Neymar dkk. Pasalnya PSG bisa saja kembali ke Paris dengan bekal skor imbang 1-1 jika mereka tidak kehilangan konsentrasi yang membuat gawang Areola kebobolan 2 gol di 10 menit terakhir. Kini skor 3-1 itu membuat perjuangan PSG menjadi lebih berat. "Setelah turun minum saya rasa kami pantas menang namun kami malah kalah 1-3" sesal Marco Verratti seperti dilansir dari Soccerway (15/2/2018).

Meski akan bermain di kandang sendiri, melawan Real Madrid yang sudah unggul 3-1 jelas bukan perkara mudah jika tidak ingin dikatakan mustahil. Tim asuhan Zidane tentu akan sangat ekstra waspada untuk mencegah kebangkitan PSG dihadapan pendukungnya sendiri. Dengan motivasi khusus bahwa Liga Champions adalah satu-satunya ajang yang akan menyelamatkan muka Madrid musim ini, sulit berandai-andai PSG akan mampu membalikkan. Madrid sudah separuh jalan menuju perempat final.
Ekspresi Ronaldo usai mencetak gol ke gawang PSG - Photo by marca.com
Jika Man City, Liverpool dan Real Madrid seperti sudah menemukan jalan yang terbentang luas menuju fase perempat final maka lain cerita dengan Juventus dan Tottenham Hotspur. Hasil laga 2-2 di kandang Juventus memang terasa merugikan bagi Buffon dkk mengingat mereka sempat unggul 2-0 sebelum disamakan Spurs. Namun skor 2-2 tetaplah membuka peluang untuk Juventus bangkit ketimbang skor 1-3 yang menimpa PSG.

Jika PSG harus mencetak selisih 2 gol maka Juventus cukup menang dengan skor berapa pun. Menilik profil Juventus yang melaju ke partai final Liga Champions dalam 3 musim terakhir, bukan hal yang mengejutkan jika nantinya Higuain dkk membuat kejutan di Wembley. Masalahnya, lawan Juve nanti adalah Tottenham Hotspur, klub yang tidak mampu mereka taklukkan di kandang sendiri. Jika klub sekelas MU, Arsenal sampai Real Madrid saja takluk di kandang Spurs maka bisa apa Juventus nanti?

Berdasarkan hasil leg pertama maka bisa dianggap bahwa Man City, Liverpool dan Real Madrid sudah separuh jalan menuju fase perempat final. Tottenham Hotspur pun rasanya akan ikut menyusul selama bisa memastikan penampilan kala mengalahkan MU, Arsenal dan Real Madrid I Wembley bisa diulangi saat menjamu Juventus. Mari kita nantikan hasil leg kedua nanti.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.