Penyelamatan 0,18 Detik Di Kandang Sevilla, Bagaimana David De Gea Melakukannya?

Sudah berapa kali David De Gea membuat kita terpukau dengan kepiawaiannya mengawal gawang MU? Seperti punya banyak stock model penyelamatan, kiper timnas Spanyol itu kembali mempertontonkan aksi penyelamatan di bawah mistar gawang. Bukan sembarang penyelamatan karena jika momen yang sama terjadi pada kiper lain mungkin ceritanya akan berbeda.
De Gea saat melakukan aksi penyelamatan super - Photo by The Indian Express
David De Gea memang menjadi bintang sekaligus pembeda dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions saat MU bertamu ke markas Sevilla. Opta mencatat Sevilla melepaskan 25 percobaan sepanjang laga. Ini jumlah yang banyak untuk sebuah laga dan butuh kiper yang hebat di bawah mistar gawang mencegahnya menjadi gol.

Dan beruntunglah MU memiliki kiper yang hebat itu. David De Gea menepis delapan percobaan Sevilla yang mengarah ke gawang. Aksi itu membuat De Gea menyamai rekor Edwin Van Der Sar sebagai kiper MU dengan penyelamatan terbanyak dalam satu laga Liga Champions. De Gea juga membuat Sevilla untuk kali pertama gagal mencetak gol di laga kandang Liga Champions musim ini.

Aksi heroik De Gea dalam laga melawan Sevilla niscaya akan selalu jadi highlight karirnya terutama pada momen penyelamatan yang dilakukannya pada injury time babak pertama. Momen penyelamatan yang sangat luar biasa.

Jelang laga babak pertama berakhir, pertandingan sudah memasuki masa injury time dan Sevilla tengah membangun serangan lewat Jesus Navas. Pemain sayap Sevilla itu lantas melepaskan umpan crossing ke kotak penalti MU. Umpan yang sangat bagus dan terukur karena bola yang dikirimkan Navas seperti paham bahwa disana sudah menanti Muriel untuk mengeksekusinya.

Striker asal Kolombia itu berhasil menyelinap diantara bek MU dan mendapati bola umpan Navas begitu matang untuk dituntaskan. Seperti berjodoh, saat bola masih berada di udara, Muriel begitu bebas tanpa kawalan untuk menanduk si kulit bundar.

Di bawah gawang, David De Gea mengamati momen itu dengan tatapan penuh konsentrasi. Pria berusia 27 tahun itu seperti sadar apa yang akan terjadi beberapa detik kedepan. Sebuah ancaman dan tantangan akan mengujinya. Bak Spiderman, insting bahayanya menyala dan secara refleks dirinya langsung mempersiapkan diri.

Di depan mata De Gea, Muriel melompat dan menyambar bola dengan heading bertenaga. Posisi eksekusi Muriel dengan De Gea hanya sekitar 4,5 meter. Sangat dekat sehingga peluang ini adalah peluang emas 24 karat yang hampir dipastikan jadi gol.

Timing yang pas antara umpan dan eksekusi Muriel membuat bola melesat cepat menuju gawang MU. Daily Mail menuliskan bola tandukan Muriel melesat dengan kecepatan 91,4 km/jam dan hanya butuh 0,18 detik untuk sampai ke De Gea. Artinya kiper MU itu hanya punya waktu 0,18 detik untuk bereaksi atas ancaman itu.

Keajaiban lantas terjadi. Di tengah waktu yang sempit De Gea merespon dengan menggerakan tangan kanannya. Bola kemudian berhasil ditepis ke sisi atas dan meninggalkan lapangan. Pemain kedua tim, pelatih, wasit sampai seluruh penonton terpana melihat momen penyelamatan tersebut.

Apa yang dipertontonkan De Gea bukanlah mengenai kegagalan Muriel menuntaskan umpan matang Navas. Ini mengenai kemampuan seorang kiper melakukan penyelamatan luar biasa. De Gea memperlihatkan kemampuannya membaca situasi ketika melihat bola umpan Navas tersaji begitu bebas di depan Muriel. Dari sana De Gea menyadari apa yang harus dilakukannya.
De Gea menunjukkan kelasnya sebagai kiper hebat - Photo by Yahoo Sport UK
Tidak cukup sampai disitu, De Gea juga menunjukkan kemampuannya membaca arah bola dan mengkombinasikannya dengan refleks luar biasa. Faktor-faktor inilah yang membuat mantan kiper Atletico Madrid itu mampu melakukan aksi penyelamatan yang hebat.

Puja puji untuk De Gea kemudian bertebaran.“De Gea memang kiper yang bagus” puji Muriel dikutip dari Daily Mail melihat peluang emas itu digagalkan. “De Gea telah menunjukkan bahwa dia adalah salahsatu kiper terbaik di dunia. Hanya karena dia, MU tidak kalah” ujar Joaquin Correa, pemain Sevilla di sisi sayao seperti dikutip dari Marca.

Tidak ketinggalan, pelatih Sevilla Vincenzo Montella turut memuji kiper MU itu. “ Dia menakjubkan. De Gea bermain sangat bagus” ujar mantan pelatih Milan itu dilansir dari Football Espana. Ya, siapa juga yang tidak akan memuji penyelamatan gemilang seperti yang sudah dilakukan De Gea? 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.