Milan Membaik Namun Bagi Gattuso Tidak Layak Dipuji, Kenapa?


“Kinerja Gattuso kini membuahkan hasil”. Ini adalah pujian dari seorang legenda Milan, mantan rekan setim Gattuso, Paolo Maldini. Pujian itu diucapkan Maldini pada La Gazetta dello Sport (24/1/2018) seiring terus membaiknya penampilan AC Milan ditangan Gennaro Gattuso.
Gattuso merasa Milan belum sesuai harapannya - Photo by goal.com
Bonucci dkk kini tengah berada dalam rentetan 7 laga tanpa kalah setelah dalam 6 laga awal bersama Gattuso mereka hanya meraih hasil 2 kemenangan, 1 imbang dan 3 kali kalah. Seperti dicatatkan Who Scored, dalam 7 laga terkini Milan meraih 4 kemenangan dan 3 hasil seri. Performa yang membaik itu menempatkan Milan di posisi 8 klasemen sementara. AC Milan hanya berjarak 10 poin dengan Inter Milan di posisi 4, batas terakhir untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Nah dengan kondisi seperti ini sangat wajar jika pujian meluncur dari mantan kapten Milan Paolo Maldini. Pujian yang justru dianggap “salah kamar” oleh Gattuso. “Saya marah ketika mendengar pujian untuk kami. Lihatlah klasemen” ujar Gattuso kepada Milan TV (6/2/2018).

Tentu Gattuso tidak sedang berkonfrontasi dengan Paolo Maldini. Gelandang bertahan Milan era Carlo Ancelotti itu sedang ingin mendudukkan cara pandang yang tepat pada kondisi Milan saat ini. Berada di posisi 8 klasemen dengan catatan 7 laga tanpa kalah setelah sebelumnya merana di laga-laga awal bersama Gattuso memang membuat Milan terlihat jauh lebih baik.

Jauh lebih baik namun sejatinya tidak benar-benar menunjukkan Milan yang sesungguhnya. Setidaknya demikian yang diyakini Gattuso. “Untuk seragam yang kami kenakan dan kualitas skuad Milan, kami bisa berbuat lebih” terang Gattuso.

Apa yang jadi pemikiran Gattuso ini sangat benar adanya. Tim sekelas Milan memang tidak semestinya berada di posisi 8 klasemen. Apalagi seperti kata Gattuso, dengan skuad yang mereka miliki seharusnya Leonardo Bonucci dkk saat ini sedang bertarung berebut Scudetto dan bukannya berada dalam zona “harap-harap cemas” masuk ke 4 besar klasemen demi tiket Liga Champions musim depan.
Jumlah gol penyerang Milan belum sesuai harapan - Photo by acmilan.com
Statistik pun mengamini apa yang dikatakan Gattuso. Soccerway memperlihatkan meski berada di posisi 8 klasemen, Milan adalah tim dengan kemampuan mencetak gol paling buruk di 10 besar klasemen. Patrick Cutrone dkk baru mencetak 30 gol dalam 23 laga.

Di sisi pertahanan, meski dikomandoi salah satu bek papan atas Eropa dalam diri Leonardo Bonucci, pertahanan Milan adalah satu dari 3 tim yang paling banyak kebobolan di 10 besar klasemen bersama Udinese dan Sampdoria. Milan sudah kebobolan 30 gol dalam 23 laga.

Catatan ini yang membuat Gattuso meminta orang-orang memperhatikan klasemen dengan seksama ketimbang mengumbar pujian untuk kinerja Milan saat ini. Bagi Gattuso, Milan memang sedang menjalani 7 laga tak terkalahkan tapi sejatinya Milan dimata Gattuso belum menunjukkan diri sebagai klub raksasa Italia. Sorry Maldini, cek lagi klasemen dengan baik yah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.