Mengapa PSG Tidak Boleh Meremehkan Real Madrid?

Real Madrid tengah terpuruk musim ini. Tim asuhan Zinedine Zidane tersingkir dari ajang Copa Del Rey dari klub sekelas Leganes dan hampir bisa dipastikan sangat sulit untuk mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol. Meski demikian, tidak ada alasan untuk meremehkan Cristiano Ronaldo dkk di ajang Liga Champions.
Real Madrid punya performa bagus di Liga Champions - Photo by bestfootballers.com
Real Madrid adalah tim yang terbilang dominan di ajang ini. El Real tiga kali mengangkat trofi juara dalam 5 musim terakhir termasuk dua gelar beruntun dalam dua musim terakhir Liga Champions. Real Madrid bak memiliki “bakat khusus” untuk beraksi di kompetisi elit antar klub Eropa tersebut.

Perhatikan saja bagaimana mereka terpuruk di kompetisi domestic Copa Del Rey dan La Liga Spanyol namun tetap tampil bagus di Liga Champions. Seakan-akan tim Madrid menjadi berbeda ketika tampil memperebutkan trofi Si Kuping Besar. Perbedaan yang sangat wajib diwaspadai PSG, lawan Madrid pada babak 16 besar Liga Champions.

Klub raksasa dari kota Paris itu akan melawat ke markas sang juara bertahan dengan tanda tanya besar, seperti apa penampilan Madrid di babak 16 besar Liga Champions? Meski gagal menjadi pemuncak klasemen di fase grup, penampilan Real Madrid di ajang Liga Champions musim ini tidak bisa dikatakan buruk meski harus disadari penampilan tersebut terjadi pada tahun 2017, tahun dimana Madrid seperti sangat paham bagaimana bermain sepakbola yang baik dan benar.

Who Scored memperlihatkan Madrid sebagai tim paling agresif dengan melesakkan 20.7 shoot per laga dan memiliki akurasi umpan terbaik sebesar 89.6%. Catatan ini mengalahkan tim yang lebih mapan di kompetisi domestic seperti Barcelona, Man City dan Juventus. Bagaimana Madrid di Liga Champions pada tahun 2018?

Well, saran kami pada PSG adalah lupakan potensi Madrid bermain buruk di Liga Champions karena tahun telah berganti. Faktanya, kemampuan hebat Madrid di ajang ini tidak memandang waktu. Laman resmi Real Madrid (13/2/2018) memaparkan sebuah data yang niscaya bikin punggawa PSG ekstra waspada saat bertamu ke markas El Real dan sebaliknya membuat Sergio Ramos dkk memiliki kepercayaan diri ekstra untuk meladeni tim bertabur bintang dari Ligue 1 Prancis itu.

Laman resmi Real Madrid menuliskan catatan Madrid tidak pernah kalah dari 17 laga kandang terakhir mereka di Liga Champions. Yap, 17 laga. Sebuah rentang jumlah laga tak terkalahkan yang sangat panjang. Kali terakhir Madrid takluk di kandang dalam sebuah laga Liga Champions adalah saat kalah 3-4 dari Schalke pada babak 16 besar Liga Champions musim 2014/2015. Sejak saat itu Madrid melakoni laga kandang dengan hasil 14 menang, 3 seri dan tak pernah kalah.

Hebatnya lagi, Madrid mencetak 47 gol dan hanya kebobolan 11 gol dalam rentang waktu tersebut meski berhadapan dengan lawan-lawan tangguh seperti Man City, Borussia Dortmund, Bayern Munich, Tottenham Hotspur sampai PSG sendiri. Fakta ini sebaiknya menjadi perhatian PSG karena hasil imbang atau kalah pada leg pertama yang digelar di Santiago Bernabeu akan menyulitkan PSG pada leg kedua nanti.
Ronaldo menemukan ketajamannya lagi - Photo by sport360.com
Apalagi tim tuan rumah tampak sudah kembali pada “mode terbaik” mereka usai menang telak 5-2 atas Real Sociedad. Kemenangan yang menegaskan satu hal bahwa bintang utama mereka, Cristiano Ronaldo sudah bangkit kembali untuk bersama-sama menunjukkan pada dunia siapa Real Madrid yang sebenarnya.

Ronaldo mencetak hattrick pada kemenangan atas Sociedad itu dan menjadi hattrick perdana Ronaldo musim ini. Hattrick yang sempurna karena dilakukan dengan menggunakan kaki kanan, kaki kiri dan sundulan.Jangan lupakan pula bahwa kapten timnas Portugal itu adalah top skor sementara Liga Champions musim ini dengan 9 gol. ”Kami sudah menunjukkan bahwa kami adalah tim yang solid dengan pengalaman yang banyak” ujar Ronaldo seperti dilansir dari Marca (13/2/2018).

Benar, Madrid adalah tim yang solid dan berpengalaman. Menjuarai Liga Champions dua musim beruntun dan tetap tampil bagus di ajang ini meski terpuruk di kompetisi domestik adalah bukti sahih pernyataan tersebut. Dengan tambahan catatan ketangguhan Madrid yang tidak terkalahkan dalam 17 laga kandang terakhir di Liga Champions, pantas kiranya PSG berhati-hati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.