Mana Golmu Aubameyang?

Dua laga di Liga Inggris melawan Everton dan Tottenham Hotspurs serta satu laga final Piala Liga Inggris melawan Man City. Inilah tiga laga yang menampilkan Pierre Emerick Aubameyang berseragam Arsenal sejak didatangkan pada bursa transfer Januari 2018 kemarin.
Aubameyang belum tajam bersama Arsenal - Photo by Daily Mirror
Seperti kita ketahui bersama, Arsenal meraih satu kemenangan dan dua kekalahan di tiga laga bersama Aubameyang tersebut. Kemenangan diraih atas Everton dan kekalahan diterima saat berhadapan dengan Spurs serta Man City.

Dua kekalahan dan hanya satu kemenangan sejatinya sudah memberikan gambaran bahwa kedatangan Aubameyang belum memberikan pengaruh siginifikan bagi performa Arsenal. Jika kita telusuri lebih jauh lagi, kontribusi mantan striker Borussia Dortmund itu memang sangat minim bahkan terhitung buruk sekali.

Satu gol berbau offside ke gawang Everton, tanpa percobaan tendangan saat melawan Spurs dan sangat sedikit menyentuh bola ketika berhadapan dengan Man City. Itulah gambaran singkat kinerja Aubameyang dalam 3 laga yang sudah dijalaninya bersama Arsenal. Sangat tidak mengesankan.

Penyerang asal Gabon itu memang mencetak gol dalam debutnya bersama Arsenal kala The Gunners melumat Everton 5-1 (3/2/2018) tetapi jika mau jujur gol itu sebenarnya berbau offside. Aubameyang tertangkap offside saat menyambut umpan dari Henrikh Mkhitaryan. Sesuatu yang saat itu tidak terlalu dipermasalahkan karena Everton memang kalah telak dari Arsenal. Mungkin lain ceritanya jika Everton kalah tipis

Potensi Aubameyang susah bikin gol mulai samar terlihat saat Arsenal kalah 0-1 dari Tottenham Hotspur dalam derby London (10/2/2018). Berada dalam tajuk laga adu ketajaman dengan Harry Kane di kubu Spurs, Aubameyang mati kutu dan sebaliknya Kane justru mencetak gol kemenangan.

Who Scored memperlihatkan bagaimana Kane sangat mengancam Arsenal sepanjang laga sementara Aubameyang tidak berkutik dihadapan punggawa Spurs. Harry Kane tercatat melepaskan 4 tendangan sepanjang laga dengan 2 mengarah tepat sasaran ke gawang. Aubameyang? Mantan striker Dortmund itu sama sekali tidak melepaskan tendangan sepanjang laga!.

Dalam laga tersebut, Kane juga tercatat memiliki akurasi umpan lebih baik sebesar 73.7%. Aubameyang? Akurasi umpannya sangat rendah, hanya 55.6% dan ini bahkan menjadi akurasi umpan terendah dari seluruh pemain non kiper Arsenal pada laga tersebut.

Faktor Kane sudah lebih lama berada di Liga Inggris mungkin mengambil peran penting atas keunggulan ini, tetapi ketika Aubameyang memasuki laga ketiga melawan Man City dan masih melempen saja maka pertanyaan besar patut ditujukan pada Aubameyang. Ada apa denganmu? Kemana golmu Aubameyang?

Penyerang yang sangat tajam bersama Borussia Dortmund itu kembali tidak bisa berbuat banyak untuk membantu Arsenal di final Piala Liga Inggris (25/2/2018). Man City menang telak 3-0 dan Aubameyang dicatat Who Scored hanya sanggup melepaskan satu tembakan saja sepanjang laga. Sangat minim kontribusi!
Aubameyang masih butuh adaptasi? - Photo by Anygator
Aubameyang juga jadi pemain starter Arsenal yang paling sedikit menyentuh bola sepanjang laga. Hanya 18 kali dirinya “berinteraksi” dengan si kulit bundar dan ini menunjukkan betapa Aubameyang gagal untuk terlibat lebih jauh dalam pertandingan krusial tersebut.

Adaptasi mungkin masih menjadi jawaban pembenaran atas kinerja minimalis Aubameyang sejauh ini. Masalahnya, mau sampai kapan fans Arsenal menunggu sang striker unjuk ketajaman seperti yang terpampang dalam curriculum vitaenya?

Arsene Wenger sendiri selalu menurunkan penuh Aubameyang dalam 3 laga yang sudah dijalaninya bersama Arsenal. Artinya, menit bermain yang diperlukan untuk adaptasinya sudah diakomodasi oleh sang manajer. Penyerang berusia 28 tahun itu harus segera unjuk gigi sebelum Wenger kembali berpaling pada Lacazette dan Danny Wellbeck untuk mengisi posisi terdepan di lini penyerangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.