Man City Memang Unggul Segalanya Dari Arsenal

Arsenal gagal mengamankan satu trofi yang mungkin akan menyelamatkan perjalanan mereka musim ini. Berlaga di final Piala Liga Inggris, The Gunners takluk dengan skor telak 0-3 dari Man City. Tiga gol yang dilesakkan Sergio Aguero, Vincent Company dan David Silva tidak satu pun berhasil dibalas oleh Arsenal.
Man City juara Piala Liga Inggris 2018 - Photo by BBC
Kekalahan ini membuat Arsene Wenger masih meneruskan penasarannya karena belum pernah sekalipun memenangi trofi Piala Liga Inggris dalam tiga kesempatan final. Disisi lain, kemenangan Man City berujung pada trofi perdana Pep Guardiola bagi The Citizen.

Man City memang sejak awal diunggulkan bakal mengalahkan Arsenal namun rasanya tidak ada yang menduga bahwa kemenangan tim asuhan Guardiola diraih dengan skor telak 3-0. Bagaimana pun Arsenal dibawah asuhan Wenger punya rekor bagus memenangkan 8 dari 9 laga final di Wembley. Sayangnya rekam jejak itu tidak berarti banyak dihadapan Man City versi Guardiola.

Arsenal bisa dibilang bukan hanya kalah telak dari Sergio Aguero dkk tetapi memang kalah segalanya. Who Scored memperlihatkan sejumlah aspek statistik laga yang berpihak pada Man City. Sebuah gambaran betapa laga berjalan begitu nyaman bagi Man City dan terasa menyiksa bagi Mesut Ozil dkk.

Dari catatan penguasaan bola yang direkam Who Scored, Man City yang turun dengan formasi 4-2-3-1 memenangi 56.6 persen meninggalkan penguasaan bola Arsenal yang menerapkan skema 3-4-2-1 hanya 43.4 persen. Keunggulan Man City tersebut juga sejalan dengan akurasi umpan David Silva dkk sepanjang laga yang mencapai angka 83%, lagi-lagi mengalahkan akurasi umpan punggawa Arsenal yang hanya sebesar 75%.
Company merayakan gol ke gawang Arsenal - Photo by BBC
Pada aspek statistik yang lain, Arsenal kembali kalah. Tim asuhan Arsene Wenger kalah agresif dengan hanya melesakkan 5 shoot sepanjang laga alias tidak sampai setengah dari 12 shoot yang dilesakkan skuad Man City. Kalah agresivitas juga tercermin dari jumlah sepak pojok yang dimenangkan Man City. The Citizen mendapatkan 7 sepak pojok dalam laga final tersebut sementara Arsenal hanya 2 saja.

Catatan-catatan ini menunjukkan betapa Man City memang unggul segalanya dari Arsenal. “Kami sangat gembira dan selamat untuk elemen Man City juga fans kami” ujar Pep Guardiola dilansir dari Sky Sports menyuarakan kebahagiaannya atas trofi perdana di tanah Inggris.

Kebahagiaan yang pantas untuk diekspresikan karena trofi perdana yang dipersembahkan Guardiola untuk Man City hadir lewat sebuah laga yang dimenangkan dengan sangat dominan. Kemenangan telak dari sebuah tim dan arsiteknya yang sejatinya berpengalaman melakoni laga final di Wembley. Good Job Man City!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.