Man City Disingkirkan Wigan Dari Piala FA Bukanlah Sebuah Kejutan

Silahkan saja anda berpendapat bahwa Man City kalah dari Wigan dan tersingkir dari Piala FA gara-gara kalah jumlah pemain. Menjamu Man City di DW Stadium pada Selasa (20/2/2018) dini hari, Wigan mendapat keuntungan karena kartu merah yang diterima Fabian Delph pada akhir babak pertama. Tuan rumah lantas mencetak gol kemenangan pada menit ke 79.
Pemain Man City tertunduk lesu dikalahkan Wigan - Photo by Times Now
Kekalahan dan tersingkirnya Man City dari Piala FA membuat Sergio Aguero dkk harus melupakan target berburu quadruple karena kini hanya berkompetisi di Premier League, Piala Liga Inggris dan Liga Champions. Kemenangan Wigan juga memusnahkan ulasan kami sebelumnya yang memprediksikan Man City lolos ke perempat final.

Apakah kelolosan Wigan ini adalah sebuah kejutan? Melihat status Wigan sebagai tim Divisi Tiga dan betapa superiornya Man City musim ini di Premier League, hasil yang ditorehkan Wigan ini jelas sebuah kejutan. Namun label kejutan tersebut tampaknya harus segera diralat jika melihat rekam jejak Wigan saat bertemu Man City di ajang Piala FA.

Percaya tidak percaya, dalam tiga pertemuan terakhir Wigan melawan Man City di kompetisi sepakbola tertua di dunia itu, Wigan selalu menang! Well setidaknya demikian yang dicatatkan Opta. Kemenangan 1-0 Wigan pada babak kelima Piala FA 2018 merupakan kemenangan ketiga beruntun mereka atas Man City di Piala FA.

Sebelumnya, Wigan juga pernah menaklukkan Man City pada babak perempatfinal Piala FA 2014. Dalam laga yang dihelat Maret 2014 itu, The Citizen kalah dengan skor 1-2 dimana dua gol Wigan dicetak Jordi Gomez dan James Perch. Satu gol balasan Man City dilesakkan oleh Samir Nasri.

Sekitar setahun sebelumnya, Wigan meraih kemenangan paling istimewa atas Man City diajang Piala FA. Pada final Piala FA 2013 yang digelar 11 Mei 2013, Man City takluk dengan skor 0-1 berkat gol semata wayang Ben Watson yang dicetak pada masa injury time. Kemenangan atas Man City saat itu juga menjadi satu-satunya gelar juara Piala FA yang bisa dimenangkan Wigan sepanjang sejarah klub itu.
Man City tidak mampu melewati hadangan Wigan di Piala FA - Photo by Sky Sports
Catatan-catatan ini memperlihatkan Wigan sebagai hantu bagi Man City di ajang Piala FA. Tidak perduli Man City sedang ganas-ganasnya musim ini, Wigan tetap saja mampu meneruskan catatan kemenangan mereka tiap kali bersua Man City di ajang Piala FA.

Bahkan ketika laga berjalan berat sebelah sekalipun, Wigan tetap saja bisa melalui laga sebagai pemenang. ESPN FC memperlihatkan bagaimana tim asuhan Pep Guardiola bermain amat dominan meski melawat ke markas Wigan.

Penguasaan bola Man City mencapai 82 persen dan berujung pada 15 tembakan sepanjang laga namun sayangnya hanya 3 saja yang mencapai sasaran. Wigan? Gary Roberts dkk hanya mampu melesakkan 3 tembakan dan 1 yang tepat pada sasaran.

Boleh jadi Wigan terbantukan oleh kartu merah yang diterima Fabian Delph dan membuat Man City harus bermain dengan 10 orang. Tapi hey, kartu merah pun bagian dari permainan sepakbola bukan?

Pada akhirnya catatan laga menuliskan Wigan sebagai pemenangnya dan jadi klub yang melaju ke babak perempatfinal Piala FA. Kejutan? Bisa jadi. Tetapi fakta sejarah sudah menuliskan bahwa pemandangan Wigan menang atas Man City di ajang Piala FA bukanlah pemandangan yang aneh.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.