Ketika Ter Stegen Dan Neuer Mengulangi Rivalitas Kahn Dan Lehmann

“Ada kebiasaan dimana kami memiliki penjaga gawang yang kuat di Jerman, bahkan dengan penjaga gawang nomor satu harus menepi” ungkap Oliver Kahn pada Soccerway (8/11/2017). Pernyataan mantan kapten dan kiper nomor satu Jerman itu merujuk pada kondisi Der Panser yang saat ini memiliki dua kiper hebat dalam diri Manuel Neuer dan Marc Andre Ter Stegen.
Neuer dan Ter Stegen berebut posisi kiper utama Jerman - Photo by torwart.de
Oliver Kahn seakan ingin mengingatkan kembali pada publik bahwa perebutan posisi kiper nomor satu timnas Jerman adalah sebuah pemandangan lazim. Juara Piala Dunia 2014 itu memang dikenal memiliki sejarah sebagai produsen kiper-kiper hebat di Eropa bahkan dunia.

Dari Sepp Maier, Harald Schumacher, Bodo Ilgner, Andreas Koepke, Oliver Kahn, Jens Lehmann, Rene Adler sampai Manuel Neuer, timnas Jerman tidak pernah kekurangan stok kiper berkualitas. Sesuatu yang mungkin sangat dicemburui timnas Inggris yang kerap kesulitan mendapatkan kiper berkualitas nomor wahid di bawah mistar gawang mereka.

Belum selesai masa bakti Neuer yang baru saja dinobatkan sebagai satu dari tiga kiper terbaik dunia FIFA tahun 2017 bersama Buffon dan Navas, nama-nama muda seperti Marc Andre Ter Stegen dan Kevin Trapp sudah mengintai untuk menggantikan posisi Neuer. Rivalitas memperebutkan posisi kiper timnas Jerman seakan tak lekang oleh waktu.

Ya, jika dulu publik mendapati rivalitas yang panas antara Oliver Kahn dan Jens Lehmann berebut posisi kiper nomor satu Jerman jelang Piala Dunia 2006 maka rivalitas itu berpotensi terulang pada sosok Ter Stegen dan Neuer.

Rivalitas Kahn dan Lehmann memang seru untuk diikuti. Oliver Kahn yang mendapat predikat sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2002 dan saat itu memegang ban kapten seperti tidak akan tergantikan di bawah mistar gawang. Namun jelang Piala Dunia 2006 bergulir, performa Kahn menurun dan kinerja Jens Lehmann bersama Arsenal menanjak.

Penurunan kualitas Kahn makin diperburuk dengan berita dirinya berselingkuh saat istrinya tengah hamil muda. Skandal moral itu lantas berujung pada pencopotan ban kapten timnas Jerman dari lengannya. Sejak saat itu, tanda-tanda bahwa posisinya di bawah mistar gawang Jerman rawan digantikan Lehmann sebagai rival utamanya kian menguat.

Benar saja, setelah menunggu lama akhirnya Lehmann diputuskan oleh Juergen Klinsmann menjadi kiper utama Jerman di Piala Dunia 2006. Kinerja apik kiper Arsenal itu membawa The Gunners lolos ke final Liga Champions meski kemudian dikartu merah pada laga final menjadi alasan kuat untuk menempatkannya sebagai pengganti Kahn.

Melihat kondisi hari ini, posisi Neuer seakan tidak tergantikan di bawah mistar gawang Der Panser. Namun yakinlah dengan Ter Stegen terus mencuri aksi bersama Barcelona, pikiran Joachim Loew bisa saja berubah.

Jika ada kiper yang bisa memaksa Neuer lengser dari bawah mistar gawang Der Panser yang dikuasainya sejak Piala Dunia 2010 maka kiper itu adalah Ter Stegen. Squawka membandingkan kinerja keduanya pada kompetisi yang sama di Liga Champions musim lalu. Hasilnya? Ter Stegen mencatatkan 4 clean sheet lebih banyak daripada 2 yang dibukukan Neuer dalam jumlah 9 laga yang sama.

Keberhasilan Ter Stegen membawa Jerman juara Piala Konfederasi 2017 dengan dirinya menjadi kiper nomor satu Der Panser di turnamen pemanasan Piala Dunia itu menjadi sinyal bahwa pelan tapi pasti regenerasi orang terakhir di bawah mistar gawang Jerman sedang terjadi.
Ter Stegen dan Neuer mengulang persaingan Kahn dan Lehmann - Photo by analisadaily.com
Rivalitas Kahn dan Lehmann berulang pada Neuer dan Ter Stegen. Tidak sepanas pendahulunya tetapi tidak kalah seru mengingat dua pemain ini adalah kiper utama di Bayern Muenchen dan Barcelona, dua klub raksasa Eropa. Neuer tidak boleh merasa aman karena Loew dijamin sudah menimbang-nimbang siapa yang akan dipercayakannya berdiri dibawah mistar gawang Jerman di Rusia nanti.

Jika Neuer masih tidak bisa menebak pikiran Loew maka kiper Bayern Muenchen itu sebaiknya menyimak kata-kata Kahn berikut “Pada tahun 2010 Rene Adler seharusnya jadi kiper pertama Jerman di Piala Dunia 2010 tetapi harus menepi karena cedera. Kejadian itu lantas jadi jalan munculnya Manuel Neuer dan menjalani Piala Dunia yang sensasional” kata Kahn pada Soccerway (8/11/2017).

Bagaimana Neuer? Masih ingat kan dengan cerita ini? Berhati-hatilah karena bisa jadi Rene Adler di tahun 2010 itu adalah Neuer pada 2018 dan Ter Stegen menjadi Neuer tahun 2018.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.