Ketika Kane Bikin Gol Kemenangan Dan Aubameyang Mati Kutu Dalam Derby London

Pertemuan raja gol Liga Inggris melawan raja gol Liga Jerman. Inilah salahsatu tema Tottenham Hotspur saat menjamu Arsenal pada Sabtu (10/2/2018). Derby London itu dipandang sebagai momen adu ketajaman antara Harry Kane dan Pierre Emerick Aubameyang sebagai penyerang andalan kedua tim.
Kane merayakan gol ke gawang Arsenal - Photo by express.co.uk
Transfermarkt memperlihatkan sebelum laga pada Sabtu (10/2/2018), Aubameyang yang masih membela Borussia Dortmund sudah 4 kali bertemu dengan Tottenham Hotspur dengan rincian 2 di Liga Champions dan 2 di Liga Europa. Penyerang asal Gabon itu mencetak total 4 gol dalam 4 pertemuannya dengan gawang The Lily Whites.

Disisi lain, Hary Kane tercatat mencetak 6 gol dalam 6 pertemuan Spurs dengan Arsenal di Liga Inggris. Penyerang berusia 24 tahun itu juga sudah mencetak 21 gol dari 32 laga derby London yang dilakoninya di Liga Inggris.sebelum laga derby pada Sabtu (10/2/2018). Atas dasar itu, publik menantikan siapa diantara dua penyerang ini yang akan bersinar dalam laga tersebut.

Jawaban sudah tersaji, Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Arsenal dengan gol tunggal kemenangan dicetak oleh Harry Kane. Apakah ini jadi bukti bahwa Harry Kane lebih tokcer dalam duel adu tajam keduanya? Jawabannya adalah iya.

Who Scored mencatat Harry Kane dan Aubameyang sama-sama bermain penuh dalam laga itu. Artinya kedua pemain punya durasi yang sama diatas lapangan hijau untuk memberikan kontribusi terbaik kepada tim masing-masing. Dan kontribusi Kane terbukti jauh lebih baik daripada Aubameyang. Dikatakan “jauh lebih baik” karena statistik yang dicatat Who Scored memperlihatkan bagaimana Kane sangat mengancam Arsenal sepanjang laga sementara Aubameyang bak mati kutu dihadapan punggawa Spurs.
Aubameyang mati kutu sepanjang laga - Photo by metro.co.uk
Harry Kane tercatat melepaskan 4 tendangan sepanjang laga dengan 2 mengarah tepat sasaran ke gawang. Aubameyang? Mantan striker Dortmund itu sama sekali tidak melepaskan tendangan sepanjang laga!. Kane juga tercatat memiliki akurasi umpan lebih baik sebesar 73.7%. Aubameyang? Akurasi umpannya sangat rendah, hanya 55.6% dan ini bahkan menjadi akurasi umpan terendah dari seluruh pemain non kiper Arsenal pada laga tersebut.

Ah, itu kan karena Spurs lebih mendominasi laga ketimbang Arsenal. Siapa bilang begitu? Data Who Scored menunjukkan kedua tim bermain cukup berimbang dimana penguasaan bola Spurs dan Arsenal sama kuat 50% dengan persentase umpan sukses Spurs (83%) beda tipis dengan Arsenal (80%). Fakta ini memperlihatkan bahwa Kane memang lebih baik daripada Aubameyang, jauh lebih baik, setidaknya berdasarkan data pertemuan keduanya pada laga derby Sabtu (10/2/2018).

Faktor Kane sudah lebih lama berada di Liga Inggris mungkin mengambil peran penting atas keunggulan ini. Aubameyang bisa jadi akan lebih berbahaya ketika sudah lebih lama beradaptasi dengan atmosfer permainan di Premier League Inggris. Pada saat itu, menarik untuk dinantikan bagaimana hasil duel adu tajam keduanya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.