Kalahkan Mitra Kukar, Persija Ciptakan Semifinal Rasa Era Perserikatan

Pada tulisan sebelumnya kami sudah pernah menyinggung bahwa pembagian pot undian perempat final Piala Presiden 2018 berpotensi menciptakan final antara tim perserikatan melawan tim non perserikatan. Keberadaan Persebaya, PSMS dan Persija “mengeroyok” Mitra Kukar pada pot yang sama membuka jalan semifinal antara dua tim perserikatan. Syaratnya sederhana saja yaitu Persija mengalahkan Mitra Kukar karena pada laga lainnya sudah dipastikan salahsatu antara tim perserikatan Persebaya atau PSMS yang akan berada di semifinal.
Marko Simic mencetak 2 gol ke gawang Mitra Kukar - Photo by harianjogja.com

Syarat yang sederhana itu akhirnya terpenuhi usai Persija mengalahkan Mitra Kukar dengan skor telak 3-1. Bertanding di Stadion Manahan Solo, Minggu (4/2/2018), Persija berhasil mendikte tim asal Kalimantan itu dan mendominasi laga.

Dominasi itu berujung positif lewat gol pertama Persija di menit ke 20. Adalah kombinasi Novri Setiawan dan Marko Simic yang berperan pada gol tersebut. Simic melesakkan tendangan kaki kiri meneruskan umpan sundulan dari Novri. Persija 1, Mitra Kukar 0.

Upaya Mitra Kukar menyamakan kedudukan usai gol tersebut belum membuahkan hasil. Alih-alih mencetak gol penyeimbang, Bayu Pradana dkk semakin tertinggal lewat gol kedua Marko Simic di masa injury time babak pertama. Persija 2, Mitra Kukar masih 0.

Macan Kemayoran tampaknya belajar dari dua laga perempat final sebelumnya dimana terjadi momen comeback menyamakan kedudukan di laga PSMS vs Persebaya dan Bali United vs Madura United. Tak ingin bernasib sama, Persija tancap gas lagi di babak kedua dan tidak membiarkan Mitra Kukar mendapatkan celah untuk bangkit.

Pilihan tersebut berbuah manis. Mitra Kukar tertahan sangat lama untuk bisa mendapatkan gol yang memperkecil skor. Adalah Ortega yang mencetak gol ke gawang Persija yang dikawal Andritany pada menit ke 72. Persija 2, Mitra 1.

Dengan Mitra Kukar baru mencetak gol pertama di menit ke 72 maka hanya tersisa sekitar 18 menit waktu bagi Bayu Pradana dkk untuk menyamakan kedudukan. Ini bukan pekerjaan mudah karena tenaga pemain Mitra Kukar sudah terkuras dan disaat bersamaan harus mengejar ketertinggalan dengan bayang-bayang waktu normal pertandingan sudah akan berakhir.

Kondisi tersebut mengakibatkan upaya Mitra Kukar untuk melakukan comeback seperti Persebaya dan Bali United di laga perempat final sebelumnya gagal. Bukannya mencetak gol, gawang Mitra Kukar yang dikawal Yoo Jae-Hoon kembali kebobolan, kali ini lewat Bambang Pamungkas di menit ke 87. Persija 3, Mitra Kukar 1. Skor bertahan sampai akhir laga.
Bambang Pamungkas mencetak gol ketiga Persija - Photo by bola.com
Kemenangan telak 3-1 Persija atas Mitra Kukar terbilang mengejutkan mengingat tim asal Kalimantan itu sebenarnya memiliki pertahanan yang tangguh. Soccerway memperlihatkan gawang Yoo Jae-Hoon belum pernah kebobolan sepanjang gelaran Piala Presiden 2018 dimana pertahanan Mitra Kukar selalu mencatatkan clean sheet dalam 3 laga fase grup.

Kemenangan Persija Jakarta juga membuat tim Macan Kemayoran akan bersua dengan tim Ayam Kinantan, julukan PSMS Medan di partai semifinal dalam format home dan away pada 10 dan 13 Februari 2018. Dengan demikian, perkiraan kami bahwa partai final Piala Presiden akan berisikan laga tim perserikatan melawan tim non perserikatan menjadi kenyataan.

Persija atau PSMS sebagai tim perserikatan dipastikan hadir di final melawan kontestan dari pot undian satunya yang berisi tim-tim non perserikatan. Ini bakal seru dengan final yang membuka kenangan saat sepakbola Indonesia masih mengenai istilah tim perserikatan dan non perserikatan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.