Jangan Keliru Mourinho, Ini Posisi Terbaik Untuk Memaksimalkan Paul Pogba

“Jose Mourinho tidak bisa mengeluarkan yang terbaik dalam diri Pogba”. Komentar ini dilontarkan oleh Jamie Redknapp dalam acara The Debate Sky Sports (14/2/2018) ketika membahas performa Paul Pogba yang dianggap belum maksimal sejak kembali ke MU. Mantan pemain Liverpool itu menilai masalahnya bukan pada Pogba tetapi justru terletak pada sosok Jose Mourinho.
Pogba belum maksimal ditangan Mourinho - Photo by Daily Mail
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Mourinho dianggap tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik Pogba karena menempatkan pemain timnas Prancis itu pada posisi bermain yang keliru. Dalam skema permainan 4-2-3-1 yang jamak diterapkan The Special One di MU, Pogba ditempatkan pada posisi double pivot alias gelandang tengah di depan bek dan di belakang gelandang menyerang.

Posisi tersebut membuat Paul Pogba berperan layaknya seorang gelandang bertahan. Posisi yang kemudian dinilai membuat kemampuan terbaik Pogba sebagai seorang pemain hebat tidak keluar secara maksimal. “Dia tidak mengerti apa yang harus dilakukannya sebagai gelandang tengah. Dia bermain seperti anak sekolahan yang mengejar bola di lapangan” kritik legenda Liverpool Graeme Souness seperti dilansir dari Sunday Times (12/2/2018) atas performa buruk Pogba di posisi bermainnya. Kritik yang seharusnya tidak terjadi jika Mourinho paham dimana posisi terbaik untuk Paul Pogba.

Paul Pogba yang memukau bersama Juventus usai disia-siakan MU mampu tampil hebat pada posisi gelandang tengah. Perbedaan terbesar posisi gelandang bagi Pogba di Juventus dan MU adalah pada tanggung jawab yang diemban Pogba sebagai gelandang.

Bersama Juventus, Pogba tidak dibebani tugas untuk bertahan karena dirinya didampingi gelandang Andrea Pirlo yang mengatur permainan dari belakang dan Claudio Marchisio atau pemain lain sebagai gelandang petarung di tengah. Dengan kondisi tersebut, Pogba bebas merangsek maju ke lini serang dan membantu mengkreasikan serangan. Kemampuan terbaiknya keluar dalam peran seperti ini.
Pogba bermain hebat bersama Juventus - Photo by Squawka
“Ada Andrea Pirlo dan Marchisio atau pemain lain disampingnya. Dia bisa tampil bebas dan tak begitu memikirkan pertahanan sehingga dia bisa menciptakan kekacauan untuk lawan” terang Rooney seperti dilansir dari Sky Sports (6/2/2018) saat menganalisa posisi terbaik untuk Pogba. Pendapat yang sama dikemukakan legenda Arsenal dan timnas Prancis Thierry Henry. “Di posisi (gelandang kiri) itulah Pogba bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya” ujar Thierry Henry seperti dilansir dari Sky Sports (2/2/2018).

Bersama MU yang sering memainkan formasi 4-2-3-1, Pogba diberikan tugas untuk mengkreasi serangan dari lini tengah. Masalahnya dengan hanya dua gelandang di tengah bersama Nemanja Matic membuat Pogba juga harus bertarung memenangkan bola dan membantu pertahanan. Peran inilah yang disebut-sebut membuat pemuda berusia 24 tahun tersebut tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Apakah Mourinho menyadari hal ini? Mantan manajer Chelsea itu sebaiknya mempertimbangkan untuk memberikan peran yang baru bagi Pogba dalam skema strategi MU. Jika Mourinho tetap keukeuh menerapkan formasi 4-2-3-1 maka Pogba sebaiknya dimainkan sebagai satu dari tiga gelandang serang di belakang striker

Sebaliknya jika Mourinho menerapkan formasi 4-3-3 maka Pogba bisa bermain sebagai gelandang kiri dan membentuk trio bersama Matic serta Herrera. Pada komposisi ini Pogba bisa lebih leluasa membantu penyerangan karena Matic berkonsentrasi penuh pada pertahanan dan Herrera menjadi gelandang yang aktif naik turun di lini tengah. Bagaimana Mou?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.