Jangan Berikan Tugas Eksekusi Penalti Pada Messi Musim Ini!

Tidak ada manusia yang sempurna. Tidak ada bintang sepakbola tanpa cela. Ingat baik-baik pernyataan ini agar anda tidak sampai baperan jika pemain kesayangan anda gagal memenuhi ekspektasi anda.
Messi buruk dalam mengeksekusi penalty - Photo by indianexpress.com
Hal ini juga berlaku jika anda adalah penggemar sejati Lionel Messi. Apa yang kurang dari bintang timnas Argentina itu bagi Barcelona musim ini? Nyaris tidak ada. Messi berhasil memimpin Barcelona melaju mulus di La Liga Spanyol, Copa Del Rey dan Liga Champions sejauh ini.

Dikatakan “memimpin” karena statistik kinerja Messi di musim ini memperlihatkan peran pentingnya bagi Barcelona. Soccerway mencatat Messi saat ini berstatus top skor sementara La Liga dengan torehan 20 gol, lebih banyak 4 gol dari Luis Suarez di posisi kedua dan terpaut 12 gol dari Cristiano Ronaldo, pesaing utama Messi. Pada kinerja lainnya, Messi juga berstatus sebagai pemberi assist terbanyak sejauh ini di La Liga Spanyol. Messi sudah menyumbangkan 10 assist dalam 22 laga yang sudah dimainkan Barcelona.

Balik pada pernyataan diawal, tidak ada yang sempurna termasuk jika berbicara soal Messi musim ini. Anda perlu tahu bahwa sehebat-hebatnya Messi mencetak gol dan assist, kapten timnas Argentina itu tidak cukup bagus dalam hal mengkonversi peluang penalti menjadi gol.

Opta mencatat sudah tiga kali Messi gagal menyarangkan bola ke gawang lawan dari titik putih dalam enam kesempatan yang diperolehnya musim ini. Itu artinya peluang Messi mencetak gol dari penalti terbilang sangat rendah yaitu hanya 50%.

Catatan ini dapat menjadi pertimbangan Ernesto Valverde dalam menunjuk eksekutor penalti Barcelona selain Messi. Meski mega bintang Argentina itu adalah pemain yang “didewakan” fans Barcelona namun fakta bahwa dirinya tidak begitu bagus dalam mengeksekusi penalti musim ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Messi juga gagal penalty di timnas Argentina - Photo by livemint.com
Valverde tentu tidak mau perjalanan mulus Barcelona sejauh ini berakhir tragis pada laga-laga krusial yang melibatkan momen-momen penalti. Jangan lupakan bahwa pada momen penting bersama Argentina tepatnya di final Copa America, Messi menjadi bagian dari kegagalan Argentina melalui pertarungan adu tajam di titik putih melawan Cile. Ini sebuah fakta sejarah bahwa Messi bisa menemukan hari buruknya dalam sebuah laga di titik putih.

Dibelakang Messi, Barcelona masih memiliki deretan pemain yang punya kapabilitas untuk menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti. Sebut saja nama Andres Iniesta, Luis Suarez sampai seorang Philippe Coutinho. Jika Barcelona ingin memaksimalkan peluang-peluang dari titik putih pada tiap laga maka jangan paksakan untuk terus memberikan tugas eksekusi penalti pada Messi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.